Welcome to My Physic Web Blog. This Blog contains the evidences of my teaching learning activities. Some parts of The Blog are taken from various resources and some are constructed by me and the science team at my shcool. All materials are free to download for professional reason only. If you have any comment and suggestion, please feels free to email me at: neny.jos@gmail.com

Selasa, Oktober 02, 2012

Flowchart dan Storyboard Untuk Merancang Multimedia Pembelajaran Interaktif

Multimedia pembelajaran pada saat ini merupakan suatu kebutuhan bagi setiap guru maupun pendidikan yang akan melaksanakan pembelajaran di era digital saat ini. Hampir setiap sekolah mempunyai fasilitas ICT di tiap kelas yang harus dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Untuk merancang multimedia pembelajaran interaktif diperlukan 2 dasar utama yang harus di pahami untuk memudahkan dalam pembuatan multimedia yaitu Flowchart dasar dan Storyboard dasar berikut salah satu contoh rancangan multimedia berupa flowchart dasar dan storyboard:
1. Contoh Flowchart multimedia
flowchart sederhana
Dalam flowchart ini direncanakan menu utama terdiri dari kompetensi, materi, latihan, evaluasi, pustaka, author. yang dapat dikembangkan dalam submenu-submenu sesuai dengan keinginan dari pengembang.
2. contoh storyboard.
a. cover
storyboard cover
b. Kompetensi
Storyboard kompetensi
c. Materi
Storyboard materi
d. Latihan
Storyboard latihan & Evaluasi
e. Pustaka
Storyboard Pustaka
f. Author
storyboard author

Selamat mencoba

Sumber : Sigit Suryono
read more “ Flowchart dan Storyboard Untuk Merancang Multimedia Pembelajaran Interaktif ”

Senin, Oktober 01, 2012

Cara mudah membuat kuis berbasis Flash Dinamis ke dalam project Lectora

Pengertian kuis secara singkat menurut saya adalah merupakan rangkaian beberapa soal sederhana yang dikemas ke dalam konten yang menarik untuk dikerjakan. Dalam tutorial kali ini saya mencoba untuk memberikan cara untuk membuat kuis di Lectora, kuis tersebut berbasis Flash Dinamis. Apa itu Flash Dinamis?
Yang dimaksud Flash Dinamis adalah konten kuis berupa flash format SWF yang dapat dilakukan pengaturan secara dinamis, tentunya tanpa menggunakan program tambahan seperti Adobe Flash, hal ini pula yang menjadikan orang awan sekalipun dapat dengan mudah membuat konten Flash tanpa Pemrograman!

Berikut cara membuat kuis Flash Dinamis.

1. Klik Tools dan pilih Media Library Organizer.

2. Pada Media Library Organizer akan ditampilkan konten yang terdapat pada Lectora. Trivantis sebagai developer Lectora telah mengemas konten berupa karakter, flash, gambar, audio ke dalam suatu library. Di dalam Media library inilah Lectora juga mensortir konten-konten tersebut menjadi beberapa bagian di bedakan berdasarkan kategori dan jenis, misalnya gambar memiliki jenis gambar people, animal, logo dan lainnya.
Oke, saya lanjutkan pada Media Library Organizer ini pilihlah kategori Flash lalu pilih Golf.swf. Saya memilih Golf.swf sebagai contoh tutorial kali ini. Lalu klik Insert.




3. Akan tampil window yang berisi form untuk memasukkan soal atau pertanyaannya. Disamping terlihat preview dari kuis tersebut.
Jika sudah memasukkan soal atau pertanyaan, lalu lanjutkan dengan langkah berikutnya yaitu membuat jawaban. Klik Next.

4. Isikan jawaban untuk soal yang telah dibuat, pastikan untuk membuat kunci dan sesuaikan dengan choice yang tepat.

5. Untuk membuat kunci jawaban pada langkah sebelumnya, Lectora memberikan 4 opsi jawaban yaitu choice 1 untuk 1, choice 2 untuk 2, choice 3 untuk 3, choice 4 untuk 4. Jika pada jawaban yang benar adalah choice 1 maka untuk jawaban kunci atau jawaban yang benar adalah 1.

6. Setelah selesai membuat opsi jawaban, maka klik finish. Contoh hasil akhir akan didapatkan seperti pada gambar, berikut contoh kuis sederhana yang saya buat.

7. Trivantis juga telah menanamkan AI pada kuis Flash untuk merespon jawaban benar dan jawaban salah. Jadi pengguna akan tahu jawaban benar atau jawaban salah dengan melihat feedback yang tampil sesaat setelah menjawab. Berikut contoh feedback untuk jawaban benar dan feedback jawaban salah.

8. Selain feedback tersebut, Lectora juga telah membuat feedback untuk jawaban benar disertai score.

Kuis yang saya buat dalam tutorial tersebut menggunakan Golf.swf. Anda dapat berkreasi sendiri membuat kuis-kuis dengan menggunakan Flash yang lain yang disediakan Lectora silakan dilihat pada Media Library Organizer. Untuk Lectora versi X.5 telah menambahkan sebanyak 14 game, misalnya : Basketball.swf ; Bowling.swf; Crazycans.swf; Dunkingbooth.swf; Golf.swf; Hangman.swf; Horserace.swf; JugsawPuzzle.swf; MatchingPairGame.swf; MillionDollarGame.swf; Mountainclimb.swf; SlotMachine.swf; Soccer.swf; Walktheplank.swf.

Selamat mencoba...

Sumber : Fans Web Id
read more “ Cara mudah membuat kuis berbasis Flash Dinamis ke dalam project Lectora ”

Membuat Tulisan Berada di Sekitar Image pada Page Lectora


Tampilan naskah atau teks dalam sebuah media pembelajaran berbasis Lectora Authoring Tools sangat kaya dan indah. Salah satunya membuat tampilan teks yang berada di sekitar image seperti display surat kabar. Nah, supaya tidak berkepanjangan kita lakukan step by step sebagai berikut :
Buka antarmuka Lectora Authoring Tools
Buat page baru (klik Add–Page)
Add–Object–Text Block
Double click pada text block, terus ditulisi
Tambahkan image di luar text block dari file kita atau mengambil dari wabcam atau import dari Media Librarry
Klik kanan text block yang telah berisi tulisan, pilih propertis
Pada Tab General beri chek box di pilihan Wrap text around overlapping objects
Klik ok
And step, atur image sesuai selera.
Selamat mencoba...

Sumber : SMP3Semanu
read more “ Membuat Tulisan Berada di Sekitar Image pada Page Lectora ”

Cara mudah menambahkan, menyisipkan atau menempelkan gambar (image) ke dalam project Lectora

Dalam pembuatan konten Lectora perlu disisipkan gambar atau image. Gambar yang dapat dimasukkan ke dalam konten adalah gambar yang berformat BMP, GIF, JPEG, PNG, TIFF, WMF, EMF. Untuk melihat format gambar silakan cek pada referensi Ensiklopedia Bebas Wikipedia.org  http://en.wikipedia.org/wiki/Image_format .
Ada dua cara untuk memasukkan gambar ke dalam konten yaitu cara add image dan cara drag-drop. Saya menyebut istilah tersebut agar memudahkan dalam mengingat saja.

Cara 1. Add Image.

1. Klik icon add image dari menu bar.

2. Akan tampil window image properties, klik import.

3. Pilih gambar yang akan dimasukkan ke dalam konten, tips dari saya: sebaiknya Anda telah menyiapkan Bank Gambar terlebih dahulu. Saya mencontohkan mengambil gambar bawaan dari Windows 7 yaitu Koala.jpeg

4. Jika gambar telah dipilih, maka akan tampil lagi window image properties. Anda bisa melakukan pengaturan pada tab Position and Size. Jika sudah selesai klik OK.

5. Hasilnya gambar Koala.jpg akan langsung tampil pada Workspace Lectora.

Cara 2. Drag-drop.

Untuk cara kedua bagi saya merupakan cara yang paling mudah, karena tidak perlu membuka window image properties yang cukup memakan banyak waktu.
Caranya sebagai berikut:
Cukup Anda split window Lectora dengan window Windows Explorer. Pada window Windows Explorer pastikan telah berada pada folder gambar. Pilih gambar yang akan dimasukkan ke dalam konten Lectora. Lalu cukup klik-tahan-lepas, maksud saya klik gambar tersebut lalu drag ke dalam window Lectora seperti layaknya proses copy-paste data.

Cara drag-drop cukup mudah kan?
Hasilnya akan sama dengan cara pertama.


Semoga bermanfaat...

Sumber : Fans Web Id

read more “ Cara mudah menambahkan, menyisipkan atau menempelkan gambar (image) ke dalam project Lectora ”

Cara Membuat Title Lectora dengan Wizard Lectora

Wizard! Salah satu cara cepat, singkat dan tepat bagaimana cara membuat Title di dalam Lectora. Anda tidak perlu membutuhkan waktu lama untuk membuat Title. Waktu yang diperlukan pun cukup singkat hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 menit. Berikut saya sampaikan langkah-langkah cara membuat Title dengan Wizard. Semua langkah-langkah disampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti dan disertai dengan gambar untuk memudahkan Anda dalam mempelajari Lectora. Jika Anda masih kurang jelas, dipersilakan untuk memberikan pertanyaan pada Comment. Terimakasih.
1. Langkah pertama yang dilakukan adalah klik File > New Title atau tekan tombol cepat kombinasi Ctrl + N seperti pada gambar 1.
 
Gambar 1. New Title
 2. Lectora akan menampilkan menu pilihan title. Ada 3 pilihan yang disediakan yaitu Title Wizard, Template, dan Blank Title. Klik Title Wizard seperti pada gambar 2.
Gambar 2. Pilihan Title
 3. Langkah selanjutnya yaitu pilih tipe dan desain yang telah disediakan oleh Lectora (gambar 3). Navigasi di bagian kiri menerangkan tipe dan desain, tampilan preview pada bagian tengah dan keterangan tentang tipe dan desain yang dipilih akan dijelaskan di bagian kanan. Setelah memilih tipe dan desain yang diinginkan, klik tombol Start Wizard.
 
Gambar 3. Navigasi Title Wizard
4. Langkah selanjutnya yaitu pengaturan nama dan lokasi penyimpanan (gambar 4). Silakan tentukan nama dan lokasi penyimpanan title. Klik Next untuk melanjutkan.
 
Gambar 4. Pengaturan nama dan lokasi penyimpanan
5. Langkah selanjutnya yaitu pengaturan ukuran page (gambar 5). Tahap ini Anda diberikan pilihan untuk memilih ukuran page, fixed page size untuk ukuran tetap, taller page with scrollbar untuk ukuran fleksibel dengan menyertakan scrollbar. Klik Next untuk melanjutkan.
 
Gambar 5. Pengaturan ukuran page
6. Langkah selanjutnya yaitu pengaturan Chapter dan page, silakan isi jumlah Chapter (gambar 6). Klik Next untuk melanjutkan.
 
Gambar 6. Pengaturan struktur title dan jumlah Chapter
 7. Langkah selanjutnya yaitu pengaturan nama Chapter dan jumlah page, silakan isi nama Chapter dan isi jumlah Page (gambar 7). Klik Finish untuk melanjutkan.
 
Gambar 7. Pengaturan nama Chapter dan jumlah Page
 8. Lectora akan menampilkan hasil akhir dari proses pembuatan Title dengan Wizard (gambar 8).
 
Gambar 8. Hasil akhir Title dengan Wizard
// Selamat mencoba semoga berhasil, tutorial saya ini ada manfaatnya.//

Sumber : Fans Web Id
read more “ Cara Membuat Title Lectora dengan Wizard Lectora ”

Tips dan Trik Membuat Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora



Lectora Inspire adalah salah satu software authoring tools yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis ICT.  Dalam Lectora Inspire terdapat beberapa program pendukung antara lain flypaper, snagit, dan camtasia yang sangat berguna untuk mendukung komplesitas dan flexibilitas media yang kita buat.

Untuk memudahkan membuat media pembelajaran berbasis lectora hal-hal yang perlu di siapkan adalah:
1. Rancangan pembelajaran yang akan di Ujudkan dalam bentuk media
2. Membuat GBIPM yaitu garis besar isi program media yang mirip dengan silabus dalam proses pembelajaran
3. Membuat story board
4. Membuat jabaran materi
5. Membuat bank data yang terdiri dari gambar, artikel/ tulisan, animasi, video dan lain sebagainya yang akan digunakan dalam mengembangkan media pembelajaran.
6. Menyiapkan soal dan jawabannya untuk memudahkan dalam membuat evaluasi pembelajaran.

Setelah semua persiapan selesai kemudian tinggal membuat media pembelajaran menggunakan lectora inspire.
Ada 3 pilihan untuk  membuat media pembelajaran interaktif menggunakan lectora inspire yaitu menggunakan fasilitas wizard, fasilitas template dan desain. Fasilitas wizard ditujukan untuk pengguna lectora inspire pemula, kemudia untuk template diperuntukkan bagi pengembang yang sudah agak mahir sedangkan untuk desain ditunjukkan bagi pengembang yang sudah pandai/ mahir menggunakan software lectora.

Lectora adalah perangkat lunak Authoring Tool untuk pengembangan konten e-learning yang dikembangkan oleh Trivantis Corporation. Lectora sangat mudah digunakan dalam mengembangankan konten Multimedia Pembelajaran Interaktif. Salah satu keunggulan lectora Inspire untuk mengembangkan media pembelajaran adalah dengan lectora user dapat menyiapkan template untuk pembuatan MPI dalam waktu 1 menit. Trik untuk menyiapkan media tersebut adalah sbb:
1. Konsep tentang MPI harus matang dimana dalam media pembelajaran interaktif memiliki unsur-unsur antara lain: Kompetensi, materi, latihan, pustaka, profil/author, dan evaluasi
2. Setelah paham dengan konsep diatas anda akan mampu menyiapkan MPI dengan cepat dan semua link sudah dapat terhubung satu dengan yang lain.

Semoga Bermanfaat..
Sumber : Media Guru
read more “ Tips dan Trik Membuat Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora ”

Keunggulan Lectora sebagai salah satu software authoring tools

Lectora adalah perangkat lunak Authoring Tool untuk pengembangan konten e-learning yang dikembangkan oleh Trivantis Corporation. Lectora sangat mudah digunakan dalam mengembangankan konten Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI). Keunggulan lectora inspire untuk mengembangkan MPI antara lain :
  • Lectora digunakan untuk membuat website, konten e-learning interaktif, dan presentasi.
  • Konten yang dikembangkan dengan perangkat lunak Lectora dapat dipublikasikan ke berbagai output seperti HTML, single file executable, CD-ROM, maupun standar e-learning seperti SCORM dan AICC.
  • Lectora kompatibel dengan berbagai sistem manajemen pembelajaran (LMS)
  • Lactora sangat mudah digunakan User Friendly
  • Memiliki banyak sekali fitur yang dapat digunakan untuk pengembangan media sesuai dengan kebutuhan
  • Memiliki banyak template
  • Didukung fasilitas applikasi pendukung lain: Snagit, Camtasia, flypaper.
  • Dapat membuat kuis dengan mudah

Lectora Inspire memiliki antarmuka yang familiar dengan kita yang telah mengenal maupun menguasai Microsoft Office. Antarmuka Lectora Inspire terbagi dalam 3 hal utama, yakni Menu dan Toolbar, Title Explorer, dan Work Area. Menu-menu yang ada di dalam Lectora, hampir sama dengan menu-menu yang berada dalam program-program Microsoft Office. Menu-menu itu antara lain File, Edit, Add, Layout, Tools, Mode, Publish, View, dan Help.

Title Explorer merupakan pohon direktori yang menampilkan semua objek, chapter, section, dan page yang terdapat dalam work area Lectora. Work Area sendiri merupakan area kerja Lectora, dimana didalamnya kita dapat melakukan editing media pembelajaran.

Yang patut dicatat dan diperhatikan, semua objek, level, chapter, section dan page dalam work area ini memiliki level-level tertentu, yang digambarkan dalam pohon direktori title explorer. Level tertinggi berada langsung di bawah judul/title dari konten media pembelajaran kita, menyusul kemudian di bawahnya level chapter/bab, level section/sub bab, dan yang terbawah adalah level page. Berikut tampilan antarmuka lectora.
lectora


Sumber : Sugiparyanto dan Media Guru
read more “ Keunggulan Lectora sebagai salah satu software authoring tools ”

Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Lectora



lectora
Dalam era digital saat ini perkembangan Teknologi Informasi sangat menakjubkan terlebih di bidang e-learning. Sudah menjadi kebutuhan untuk belajar secara mandiri dan secara cepat pemutakhiran pengetahuan serta mengelola pengetahuan.
American Society for Training and Development (ASTD) menerangkan bahwa “e-learning covers a wide set of applications and processes, such as Web-based learning, computer-based learning, virtual classrooms, and digital collaboration. It includes the delivery content via internet, intranet/extranet (LAN/WAN), audio and videotape, satellite broadcast, interactive TV, and CD-ROM”. Artinya bahwa e-learning meliputi aplikasi standar yang luas dan proses, seperti pembelajaran berbasis web, pembelajaran berbasis komputer, ruang kelas virtual, dan kolaborasi digital. Hal ini termasuk pengiriman konten melalui internet, intranet / extranet (LAN / WAN), audio dan video, siaran satelit, TV interaktif, dan CD-ROM.

Konsep pembelajaran pada dasarnya mengacu pada kemampuan untuk memahami , melakukan, berinteraktif dan melakukan refleksi terhadap materi pembelajaran. Untuk itu Teknologi Informasi sangat berperan dalam pengembangan tersebut. Begitu luasnya ruang lingkup e-learning hingga banyak e-learning tool tersedia dan definisi yang sesuai dengan kebutuhan setiap organisasi dan pemerintah sangat terkait dengan visi dan misi organisasi tersebut.

Lectora adalah tool (alat) pengembangan belajar elektronik (e-learning), juga dikenal sebagai perangkat lunak authoring, dikembangkan oleh Perusahaan Trivantis. Lectora digunakan untuk membuat kursus pelatihan online, penilaian, dan presentasi. Hal ini juga digunakan untuk konversi dari presentasi Microsoft PowerPoint ke dalam konten elearning. Konten yang dikembangkan dengan perangkat lunak authoring Lectora dapat dipublikasikan untuk berbagai output seperti HTML, Single File executable, dan CD-ROM. Konten Lectora sesuai dengan standar industri elearning, seperti SCORM dan AICC. Materi yang dibuat di Lectora juga dapat memenuhi standar Kepatuhan 508. Selain itu, Lectora kompatibel dengan sistem berbasis standar manajemen pembelajaran (LMS) di pasar. Lectora juga memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan susunan file multi-media untuk membuat konten yang lebih menarik. Bagi yang ingin lebih maju daripada powerpoint dalam pembelajaran, ada baiknya mencoba menggunakan software Lectora.
Lectora merupakan E-Learning Software yang lengkap, handal dan cocok digunakan untuk membuat media pembelajaran interaktif. Lectora dapat digunakan secara mudah oleh guru sehingga guru dapat mengkreasikan media pembelajaran sesuai dengan bidang studi yang diampu. Saya sungguh sangat merekomendasikan software ini untuk guru.
Para guru mungkin sudah mengenal dengan yang namanya PowerPoint dan Adobe Flash. Kedua software tersebut menurut saya juga bagus untuk membuat media pembelajaran. Tetapi diciptakannya PowerPoint sebenarnya untuk presentasi, bukan untuk membuat media pembelajaran. Meskipun dengan segala macam cara PowerPoint dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran yang menarik. Sedangkan Adobe Flash merupakan software dari Adobe yang dibuat untuk keperluan untuk membuat animasi, dan bukan semata untuk membuat media pembelajaran. Dengan Adobe Flash, kita dapat membuat media pembelajaran secara bebas, dengan berbagai macam desain yang diinginkan tanpa batasan-batasan tertentu.

Untuk Lectora, dari awal software ini diciptakan memang untuk kebutuhan e-learning. Lectora dapat digunakan untuk kebutuhan pembelajaran baik secara online maupun offline yang dapat dibuat dengan cepat dan mudah. Lectora dapat digunakan untuk menggabungkan flash, merekam video, menggabungkan gambar, dan screen capture.
Dengan sekali install Lectora (sekitar 800 Mb) kita juga dapat menginstall software-software berikut.
1. Flypaper
Flypaper digunakan untuk menggabungkan gambar, video, flash, animasi transisi, game  memory dll. Software ini dapat mengasilkan file dalam bentuk swf sehingga dapat dengan mudah diintegrasikan dengan Lectora secara mudah.
2. Camtasia
Anda mungkin sudah cukup familiar dengan software ini. Camtasia digunakan untuk merekam langkah-langkah yang kita lakukan di layar monitor. Software ini juga dapat digunakan untuk mengedit video dan dapat dipublish menjadi standar format-format video.
3. Snagit
Snagit dapat digunakan untuk mengcapture layar monitor kita. Ini merupakan teknologi print screen. Biasanya kalau kita mengcapture image harus dimasukkan terlebih dahulu ke Paint. Nah, Snagit  ini merupakan software pengganti Paint jika Anda sudah menginstallnya. Lebih jauh lagi, Snagit dapat digunakan untuk menggabungkan beberapa gambar menjadi satu dan dapat dipublish dalam berbagai bentuk file gambar.
Jika Anda memiliki kesulitan dalam mendesain media pembelajaran, maka Lectora menyediakan template yang sudah ada, dan kita tinggal memasukkan materi pembelajaran. Kecuali itu di dalam Library Lectora sudah terdapat banyak gambar, animasi, karakter animasi yang dapat kita gunakan secara langsung.

Bagi Anda yang sulit memasukkan rumus-rumus Matematika, Fisika, Kimia dll, di dalam Lectora sudah terdapat Equation Editor yang dapat kita gunakan secara langsung. Equation Editor memudahkan guru-guru eksak untuk memasukkan rumus-rumus dan juga membaut evaluasi. 

Dengan Lectora kita juga dapat membuat evaluasi lebih mudah dan menarik (dibandingkan Flash dan PowerPoint). Jenis-jenis evaluasi yang dapat kita buat diantaranya:
1. Pilihan Ganda
2. Benar/Salah
3. Menjodohkan
4. Uraian Singkat
5. Drag and Drop
6. Hot Spot
7. Essay
8. Fill in Blank

Software ini dapat dipublish dalam bentuk SCORM(standar LMS),CD, Exe, HTML dll. Sungguh software ini menurut saya lengkap dan bisa banyak bermanfaat untuk guru untuk membuat Media Pembelajaran.
Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda. 

Selamat mencoba..

Sumber : Catatanku dan Istiyanto
read more “ Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Lectora ”