Welcome to My Physic Web Blog. This Blog contains the evidences of my teaching learning activities. Some parts of The Blog are taken from various resources and some are constructed by me and the science team at my shcool. All materials are free to download for professional reason only. If you have any comment and suggestion, please feels free to email me at: neny.jos@gmail.com

Senin, Oktober 01, 2012

Keunggulan Lectora sebagai salah satu software authoring tools

Lectora adalah perangkat lunak Authoring Tool untuk pengembangan konten e-learning yang dikembangkan oleh Trivantis Corporation. Lectora sangat mudah digunakan dalam mengembangankan konten Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI). Keunggulan lectora inspire untuk mengembangkan MPI antara lain :
  • Lectora digunakan untuk membuat website, konten e-learning interaktif, dan presentasi.
  • Konten yang dikembangkan dengan perangkat lunak Lectora dapat dipublikasikan ke berbagai output seperti HTML, single file executable, CD-ROM, maupun standar e-learning seperti SCORM dan AICC.
  • Lectora kompatibel dengan berbagai sistem manajemen pembelajaran (LMS)
  • Lactora sangat mudah digunakan User Friendly
  • Memiliki banyak sekali fitur yang dapat digunakan untuk pengembangan media sesuai dengan kebutuhan
  • Memiliki banyak template
  • Didukung fasilitas applikasi pendukung lain: Snagit, Camtasia, flypaper.
  • Dapat membuat kuis dengan mudah

Lectora Inspire memiliki antarmuka yang familiar dengan kita yang telah mengenal maupun menguasai Microsoft Office. Antarmuka Lectora Inspire terbagi dalam 3 hal utama, yakni Menu dan Toolbar, Title Explorer, dan Work Area. Menu-menu yang ada di dalam Lectora, hampir sama dengan menu-menu yang berada dalam program-program Microsoft Office. Menu-menu itu antara lain File, Edit, Add, Layout, Tools, Mode, Publish, View, dan Help.

Title Explorer merupakan pohon direktori yang menampilkan semua objek, chapter, section, dan page yang terdapat dalam work area Lectora. Work Area sendiri merupakan area kerja Lectora, dimana didalamnya kita dapat melakukan editing media pembelajaran.

Yang patut dicatat dan diperhatikan, semua objek, level, chapter, section dan page dalam work area ini memiliki level-level tertentu, yang digambarkan dalam pohon direktori title explorer. Level tertinggi berada langsung di bawah judul/title dari konten media pembelajaran kita, menyusul kemudian di bawahnya level chapter/bab, level section/sub bab, dan yang terbawah adalah level page. Berikut tampilan antarmuka lectora.
lectora


Sumber : Sugiparyanto dan Media Guru

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar