Welcome to My Physic Web Blog. This Blog contains the evidences of my teaching learning activities. Some parts of The Blog are taken from various resources and some are constructed by me and the science team at my shcool. All materials are free to download for professional reason only. If you have any comment and suggestion, please feels free to email me at: neny.jos@gmail.com

Senin, Oktober 01, 2012

Cara Membuat Title Lectora dengan Wizard Lectora

Wizard! Salah satu cara cepat, singkat dan tepat bagaimana cara membuat Title di dalam Lectora. Anda tidak perlu membutuhkan waktu lama untuk membuat Title. Waktu yang diperlukan pun cukup singkat hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 menit. Berikut saya sampaikan langkah-langkah cara membuat Title dengan Wizard. Semua langkah-langkah disampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti dan disertai dengan gambar untuk memudahkan Anda dalam mempelajari Lectora. Jika Anda masih kurang jelas, dipersilakan untuk memberikan pertanyaan pada Comment. Terimakasih.
1. Langkah pertama yang dilakukan adalah klik File > New Title atau tekan tombol cepat kombinasi Ctrl + N seperti pada gambar 1.
 
Gambar 1. New Title
 2. Lectora akan menampilkan menu pilihan title. Ada 3 pilihan yang disediakan yaitu Title Wizard, Template, dan Blank Title. Klik Title Wizard seperti pada gambar 2.
Gambar 2. Pilihan Title
 3. Langkah selanjutnya yaitu pilih tipe dan desain yang telah disediakan oleh Lectora (gambar 3). Navigasi di bagian kiri menerangkan tipe dan desain, tampilan preview pada bagian tengah dan keterangan tentang tipe dan desain yang dipilih akan dijelaskan di bagian kanan. Setelah memilih tipe dan desain yang diinginkan, klik tombol Start Wizard.
 
Gambar 3. Navigasi Title Wizard
4. Langkah selanjutnya yaitu pengaturan nama dan lokasi penyimpanan (gambar 4). Silakan tentukan nama dan lokasi penyimpanan title. Klik Next untuk melanjutkan.
 
Gambar 4. Pengaturan nama dan lokasi penyimpanan
5. Langkah selanjutnya yaitu pengaturan ukuran page (gambar 5). Tahap ini Anda diberikan pilihan untuk memilih ukuran page, fixed page size untuk ukuran tetap, taller page with scrollbar untuk ukuran fleksibel dengan menyertakan scrollbar. Klik Next untuk melanjutkan.
 
Gambar 5. Pengaturan ukuran page
6. Langkah selanjutnya yaitu pengaturan Chapter dan page, silakan isi jumlah Chapter (gambar 6). Klik Next untuk melanjutkan.
 
Gambar 6. Pengaturan struktur title dan jumlah Chapter
 7. Langkah selanjutnya yaitu pengaturan nama Chapter dan jumlah page, silakan isi nama Chapter dan isi jumlah Page (gambar 7). Klik Finish untuk melanjutkan.
 
Gambar 7. Pengaturan nama Chapter dan jumlah Page
 8. Lectora akan menampilkan hasil akhir dari proses pembuatan Title dengan Wizard (gambar 8).
 
Gambar 8. Hasil akhir Title dengan Wizard
// Selamat mencoba semoga berhasil, tutorial saya ini ada manfaatnya.//

Sumber : Fans Web Id

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar