Welcome to My Physic Web Blog. This Blog contains the evidences of my teaching learning activities. Some parts of The Blog are taken from various resources and some are constructed by me and the science team at my shcool. All materials are free to download for professional reason only. If you have any comment and suggestion, please feels free to email me at: neny.jos@gmail.com

Senin, Oktober 01, 2012

Tips dan Trik Membuat Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora



Lectora Inspire adalah salah satu software authoring tools yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis ICT.  Dalam Lectora Inspire terdapat beberapa program pendukung antara lain flypaper, snagit, dan camtasia yang sangat berguna untuk mendukung komplesitas dan flexibilitas media yang kita buat.

Untuk memudahkan membuat media pembelajaran berbasis lectora hal-hal yang perlu di siapkan adalah:
1. Rancangan pembelajaran yang akan di Ujudkan dalam bentuk media
2. Membuat GBIPM yaitu garis besar isi program media yang mirip dengan silabus dalam proses pembelajaran
3. Membuat story board
4. Membuat jabaran materi
5. Membuat bank data yang terdiri dari gambar, artikel/ tulisan, animasi, video dan lain sebagainya yang akan digunakan dalam mengembangkan media pembelajaran.
6. Menyiapkan soal dan jawabannya untuk memudahkan dalam membuat evaluasi pembelajaran.

Setelah semua persiapan selesai kemudian tinggal membuat media pembelajaran menggunakan lectora inspire.
Ada 3 pilihan untuk  membuat media pembelajaran interaktif menggunakan lectora inspire yaitu menggunakan fasilitas wizard, fasilitas template dan desain. Fasilitas wizard ditujukan untuk pengguna lectora inspire pemula, kemudia untuk template diperuntukkan bagi pengembang yang sudah agak mahir sedangkan untuk desain ditunjukkan bagi pengembang yang sudah pandai/ mahir menggunakan software lectora.

Lectora adalah perangkat lunak Authoring Tool untuk pengembangan konten e-learning yang dikembangkan oleh Trivantis Corporation. Lectora sangat mudah digunakan dalam mengembangankan konten Multimedia Pembelajaran Interaktif. Salah satu keunggulan lectora Inspire untuk mengembangkan media pembelajaran adalah dengan lectora user dapat menyiapkan template untuk pembuatan MPI dalam waktu 1 menit. Trik untuk menyiapkan media tersebut adalah sbb:
1. Konsep tentang MPI harus matang dimana dalam media pembelajaran interaktif memiliki unsur-unsur antara lain: Kompetensi, materi, latihan, pustaka, profil/author, dan evaluasi
2. Setelah paham dengan konsep diatas anda akan mampu menyiapkan MPI dengan cepat dan semua link sudah dapat terhubung satu dengan yang lain.

Semoga Bermanfaat..
Sumber : Media Guru

5 komentar :

  1. menarik sekali software ini ,,bagaimana cara mendapatkan software ini? apakah harus dibeli atau mungkin bisa didownload? thanks 4 the reply :)

    BalasHapus
  2. Softwarenya berbayar, tapi googling di internet ada kok

    BalasHapus
  3. nice post :)
    btw kalo mau pakai lectora portabel yang ringan dan tanpa instalasi ke komputer silakan kunjungi http://surakartahadiningrat.com

    BalasHapus
  4. Thanks kunjungannya ya untuk Joesolo.... langsung meluncunr nih!

    BalasHapus
  5. maaf bu mau tanya, terkait referesi buku ttg lectora inspire berbahasa indonesia apakah ada?

    BalasHapus