Welcome to My Physic Web Blog. This Blog contains the evidences of my teaching learning activities. Some parts of The Blog are taken from various resources and some are constructed by me and the science team at my shcool. All materials are free to download for professional reason only. If you have any comment and suggestion, please feels free to email me at: neny.jos@gmail.com

Senin, Oktober 01, 2012

Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Lectora



lectora
Dalam era digital saat ini perkembangan Teknologi Informasi sangat menakjubkan terlebih di bidang e-learning. Sudah menjadi kebutuhan untuk belajar secara mandiri dan secara cepat pemutakhiran pengetahuan serta mengelola pengetahuan.
American Society for Training and Development (ASTD) menerangkan bahwa “e-learning covers a wide set of applications and processes, such as Web-based learning, computer-based learning, virtual classrooms, and digital collaboration. It includes the delivery content via internet, intranet/extranet (LAN/WAN), audio and videotape, satellite broadcast, interactive TV, and CD-ROM”. Artinya bahwa e-learning meliputi aplikasi standar yang luas dan proses, seperti pembelajaran berbasis web, pembelajaran berbasis komputer, ruang kelas virtual, dan kolaborasi digital. Hal ini termasuk pengiriman konten melalui internet, intranet / extranet (LAN / WAN), audio dan video, siaran satelit, TV interaktif, dan CD-ROM.

Konsep pembelajaran pada dasarnya mengacu pada kemampuan untuk memahami , melakukan, berinteraktif dan melakukan refleksi terhadap materi pembelajaran. Untuk itu Teknologi Informasi sangat berperan dalam pengembangan tersebut. Begitu luasnya ruang lingkup e-learning hingga banyak e-learning tool tersedia dan definisi yang sesuai dengan kebutuhan setiap organisasi dan pemerintah sangat terkait dengan visi dan misi organisasi tersebut.

Lectora adalah tool (alat) pengembangan belajar elektronik (e-learning), juga dikenal sebagai perangkat lunak authoring, dikembangkan oleh Perusahaan Trivantis. Lectora digunakan untuk membuat kursus pelatihan online, penilaian, dan presentasi. Hal ini juga digunakan untuk konversi dari presentasi Microsoft PowerPoint ke dalam konten elearning. Konten yang dikembangkan dengan perangkat lunak authoring Lectora dapat dipublikasikan untuk berbagai output seperti HTML, Single File executable, dan CD-ROM. Konten Lectora sesuai dengan standar industri elearning, seperti SCORM dan AICC. Materi yang dibuat di Lectora juga dapat memenuhi standar Kepatuhan 508. Selain itu, Lectora kompatibel dengan sistem berbasis standar manajemen pembelajaran (LMS) di pasar. Lectora juga memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan susunan file multi-media untuk membuat konten yang lebih menarik. Bagi yang ingin lebih maju daripada powerpoint dalam pembelajaran, ada baiknya mencoba menggunakan software Lectora.
Lectora merupakan E-Learning Software yang lengkap, handal dan cocok digunakan untuk membuat media pembelajaran interaktif. Lectora dapat digunakan secara mudah oleh guru sehingga guru dapat mengkreasikan media pembelajaran sesuai dengan bidang studi yang diampu. Saya sungguh sangat merekomendasikan software ini untuk guru.
Para guru mungkin sudah mengenal dengan yang namanya PowerPoint dan Adobe Flash. Kedua software tersebut menurut saya juga bagus untuk membuat media pembelajaran. Tetapi diciptakannya PowerPoint sebenarnya untuk presentasi, bukan untuk membuat media pembelajaran. Meskipun dengan segala macam cara PowerPoint dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran yang menarik. Sedangkan Adobe Flash merupakan software dari Adobe yang dibuat untuk keperluan untuk membuat animasi, dan bukan semata untuk membuat media pembelajaran. Dengan Adobe Flash, kita dapat membuat media pembelajaran secara bebas, dengan berbagai macam desain yang diinginkan tanpa batasan-batasan tertentu.

Untuk Lectora, dari awal software ini diciptakan memang untuk kebutuhan e-learning. Lectora dapat digunakan untuk kebutuhan pembelajaran baik secara online maupun offline yang dapat dibuat dengan cepat dan mudah. Lectora dapat digunakan untuk menggabungkan flash, merekam video, menggabungkan gambar, dan screen capture.
Dengan sekali install Lectora (sekitar 800 Mb) kita juga dapat menginstall software-software berikut.
1. Flypaper
Flypaper digunakan untuk menggabungkan gambar, video, flash, animasi transisi, game  memory dll. Software ini dapat mengasilkan file dalam bentuk swf sehingga dapat dengan mudah diintegrasikan dengan Lectora secara mudah.
2. Camtasia
Anda mungkin sudah cukup familiar dengan software ini. Camtasia digunakan untuk merekam langkah-langkah yang kita lakukan di layar monitor. Software ini juga dapat digunakan untuk mengedit video dan dapat dipublish menjadi standar format-format video.
3. Snagit
Snagit dapat digunakan untuk mengcapture layar monitor kita. Ini merupakan teknologi print screen. Biasanya kalau kita mengcapture image harus dimasukkan terlebih dahulu ke Paint. Nah, Snagit  ini merupakan software pengganti Paint jika Anda sudah menginstallnya. Lebih jauh lagi, Snagit dapat digunakan untuk menggabungkan beberapa gambar menjadi satu dan dapat dipublish dalam berbagai bentuk file gambar.
Jika Anda memiliki kesulitan dalam mendesain media pembelajaran, maka Lectora menyediakan template yang sudah ada, dan kita tinggal memasukkan materi pembelajaran. Kecuali itu di dalam Library Lectora sudah terdapat banyak gambar, animasi, karakter animasi yang dapat kita gunakan secara langsung.

Bagi Anda yang sulit memasukkan rumus-rumus Matematika, Fisika, Kimia dll, di dalam Lectora sudah terdapat Equation Editor yang dapat kita gunakan secara langsung. Equation Editor memudahkan guru-guru eksak untuk memasukkan rumus-rumus dan juga membaut evaluasi. 

Dengan Lectora kita juga dapat membuat evaluasi lebih mudah dan menarik (dibandingkan Flash dan PowerPoint). Jenis-jenis evaluasi yang dapat kita buat diantaranya:
1. Pilihan Ganda
2. Benar/Salah
3. Menjodohkan
4. Uraian Singkat
5. Drag and Drop
6. Hot Spot
7. Essay
8. Fill in Blank

Software ini dapat dipublish dalam bentuk SCORM(standar LMS),CD, Exe, HTML dll. Sungguh software ini menurut saya lengkap dan bisa banyak bermanfaat untuk guru untuk membuat Media Pembelajaran.
Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda. 

Selamat mencoba..

Sumber : Catatanku dan Istiyanto

3 komentar :

  1. ass..
    saya mau tanya, aplikasi lectora ini penggunaannya apa terhubung dengan internet atau tidak/

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak, kecuali saudara ingin meng online kan hasilnya

      Hapus
  2. tips yang sangat menarik
    jadi menambah referensi dan wawasan utk mengembangkan media pembelajaran yang lebih variatif

    PSC Indonesia - Jasa Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Flash
    Telp. 0815 797 4549
    BB. 7585807C
    www.pscindonesia.com

    BalasHapus