Welcome to My Physic Web Blog. This Blog contains the evidences of my teaching learning activities. Some parts of The Blog are taken from various resources and some are constructed by me and the science team at my shcool. All materials are free to download for professional reason only. If you have any comment and suggestion, please feels free to email me at: neny.jos@gmail.com

Senin, Oktober 01, 2012

Cara mudah membuat kuis berbasis Flash Dinamis ke dalam project Lectora

Pengertian kuis secara singkat menurut saya adalah merupakan rangkaian beberapa soal sederhana yang dikemas ke dalam konten yang menarik untuk dikerjakan. Dalam tutorial kali ini saya mencoba untuk memberikan cara untuk membuat kuis di Lectora, kuis tersebut berbasis Flash Dinamis. Apa itu Flash Dinamis?
Yang dimaksud Flash Dinamis adalah konten kuis berupa flash format SWF yang dapat dilakukan pengaturan secara dinamis, tentunya tanpa menggunakan program tambahan seperti Adobe Flash, hal ini pula yang menjadikan orang awan sekalipun dapat dengan mudah membuat konten Flash tanpa Pemrograman!

Berikut cara membuat kuis Flash Dinamis.

1. Klik Tools dan pilih Media Library Organizer.

2. Pada Media Library Organizer akan ditampilkan konten yang terdapat pada Lectora. Trivantis sebagai developer Lectora telah mengemas konten berupa karakter, flash, gambar, audio ke dalam suatu library. Di dalam Media library inilah Lectora juga mensortir konten-konten tersebut menjadi beberapa bagian di bedakan berdasarkan kategori dan jenis, misalnya gambar memiliki jenis gambar people, animal, logo dan lainnya.
Oke, saya lanjutkan pada Media Library Organizer ini pilihlah kategori Flash lalu pilih Golf.swf. Saya memilih Golf.swf sebagai contoh tutorial kali ini. Lalu klik Insert.




3. Akan tampil window yang berisi form untuk memasukkan soal atau pertanyaannya. Disamping terlihat preview dari kuis tersebut.
Jika sudah memasukkan soal atau pertanyaan, lalu lanjutkan dengan langkah berikutnya yaitu membuat jawaban. Klik Next.

4. Isikan jawaban untuk soal yang telah dibuat, pastikan untuk membuat kunci dan sesuaikan dengan choice yang tepat.

5. Untuk membuat kunci jawaban pada langkah sebelumnya, Lectora memberikan 4 opsi jawaban yaitu choice 1 untuk 1, choice 2 untuk 2, choice 3 untuk 3, choice 4 untuk 4. Jika pada jawaban yang benar adalah choice 1 maka untuk jawaban kunci atau jawaban yang benar adalah 1.

6. Setelah selesai membuat opsi jawaban, maka klik finish. Contoh hasil akhir akan didapatkan seperti pada gambar, berikut contoh kuis sederhana yang saya buat.

7. Trivantis juga telah menanamkan AI pada kuis Flash untuk merespon jawaban benar dan jawaban salah. Jadi pengguna akan tahu jawaban benar atau jawaban salah dengan melihat feedback yang tampil sesaat setelah menjawab. Berikut contoh feedback untuk jawaban benar dan feedback jawaban salah.

8. Selain feedback tersebut, Lectora juga telah membuat feedback untuk jawaban benar disertai score.

Kuis yang saya buat dalam tutorial tersebut menggunakan Golf.swf. Anda dapat berkreasi sendiri membuat kuis-kuis dengan menggunakan Flash yang lain yang disediakan Lectora silakan dilihat pada Media Library Organizer. Untuk Lectora versi X.5 telah menambahkan sebanyak 14 game, misalnya : Basketball.swf ; Bowling.swf; Crazycans.swf; Dunkingbooth.swf; Golf.swf; Hangman.swf; Horserace.swf; JugsawPuzzle.swf; MatchingPairGame.swf; MillionDollarGame.swf; Mountainclimb.swf; SlotMachine.swf; Soccer.swf; Walktheplank.swf.

Selamat mencoba...

Sumber : Fans Web Id

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar