Menambahkan Audio Controls pada Articulate Storyline 3

Articulate Storyline tidak memiliki opsi default untuk menambahkan kontrol audio (untuk play, pause, kontrol volume, dll.) ke slide tertentu. Satu-satunya cara untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan kode HTML. Melalui cara ini, kita dapat menambahkan play, pause, mengontrol volume dan juga kontrol progress bar untuk file audio. (contoh seperti gambar berikut ini !)


Dalam posting ini, saya ingin membagikan langkah-langkah untuk menambahkan kontrol untuk audio. Berikut langkah-langkah untuk menambahkan audio controls pada Articulate Storyline 3, simak dengan baik ya....😀

Membuat File "index.html"
Buatlha file index.html dengan teks editor misalnya notepad++ dengan code script "Audio Controls" seperti gambar berikut ini !


(download code script tersebut dari link disini
Gantilah nama audio yang akan dibuatkan audio controls dengan mengganti "sample.mp3" dengan nama audio anda. Dan dalam code script tersebut, file audionay akan otomatis play (autolpay) 

Membuat Folder Audio Controls
Buat sebuah folder Audio Controls dan copas file index.html dari code script audio control yang sudah dibuat seperti diatas dan file audio yang akan dibuatkan audio controls nya. Misalkan folder tersebut disimpan di drive D atau drive yang lainnya sesuai dengan kebutuhan.
Contoh : 
(Folder berada di drive D: - Folder Belajar Articulate Storyline - Folder Audio Control - Folder Audio)

Menambahkan Web Object
  • Pilih slide yang akan ditambahkan audio controls
  • Klik insert dan pilih Web Object, browse folder Audio dan klik Ok seperti gambar berikut ini !


  • Pastikan Display in slide dan load web object automatically dalam kondisi aktif seperti gambar tersebut diatas!
  • Letakan web object pada posisi sesuai selera anda dalam slide yang dipilih, seperti gambar gambar berikut ini !

Publish Slide Audio Controls
Pubilsh slide audio controls dalam format WEB (html5, html5/flash, flash/html5) atau dalam format CD ( *exe ). Saya rekomendasikan mempublishnya dalam format CD (*exe), baik dijalankan melalui file exe, story.html atau story_html5.html pada browser IE, Chrome ataupun FireFox maka audio control running well. Tetapi audio controls tidak support bila dijalankan via flash (format web html5/flash atau flash/html5)


Bagaiman, mudahkan ?😉

Selamat mencoba...

Sumber :









Komentar