Welcome to My Physic Web Blog. This Blog contains the evidences of my teaching learning activities. Some parts of The Blog are taken from various resources and some are constructed by me and the science team at my shcool. All materials are free to download for professional reason only. If you have any comment and suggestion, please feels free to email me at: neny.jos@gmail.com

Sabtu, Mei 28, 2016

Cara Mudah Membuat Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android dari Microsoft Powerpoint

Dalam menerapkan pembelajaran berbasis mobile, kesulitan utama yang penulis rasakan adalah apabila ingin membuat atau melengkapi konten pembelajaran berbasis mobile tentunya dibutuhkan skill khusus untuk membuat aplikasi berbasis android (apk), yang tentunya bagi kebanyakan guru yang berlatar belakang non IT seperti penulis, hal ini sangat menyulitkan karena tidak menguasai bahasa pemrograman.

Namun dengan pesatnya perkembangan pembelajaran berbasis IT, kesulitan tersebut dapat diatasi dengan mudah yaitu dengan membuat aplikasi berbasis android (apk) dari microsoft powerpoint. Bagaimana caranya??? simak dengan baik penjelasan berikut ni !!

Dalam pembuatan aplikasi pembelajaran berbasis Android ini ada beberapa program yang kita butuhkan untuk membuatnya diantanya adalah sebagai berikut:
a) Microsoft Power Point (penulis menggunakan microsoft power point 2013)
b) Converter Power Point ke HTML5 dengan Ispring Suite 8.0
c) Intel XDK


Dengan software-software di atas sudah bisa membuat aplikasi pembelajaran berbasis Android tanpa perlu menguasai bahasa pemerograman. 
Cara Membuat Aplikasi Android dari Microsoft Power Point 
Langkah- langkah pembuatannya adalah sebagai berikut :
  1. Membuat Folder Penyimpanan
Sebelum memulai membuka aplikasi microsoft powerpoint, langkah pertama adalah menyiapkan sebuah folder untuk menampung hasil simpan proyek kita. Kita akan membuat folder di Drive C:\. Langkah-langkahnya adalah:
1. Masuklah ke Window Explorer dan pilih Drive C:\.
2. Buatlah sebuah folder dengan cara Klik Kanan > New > New Folder.
3. Berikan nama folder dengan nama Androidku.
4. Folder telah berhasil dibuat.
Catatan: Nama folder hanya boleh 1 kata.
  1. Membuat Aplikasi dari Power Point
Pada tahap ini, kita akan mengatur Page Setup file microsoft powerpoint yang akan kita buat menjadi aplikasi android (apk). Dengan anggapan Bapak/Ibu guru sudah memiliki file media pembelajaran dari microsoft powerpoint.
a. Pilih bagian Design dan Pilih Slide Size
b.  Pilih slide size: On-Screen Show (16:9) dengan Orientasi pilih Portrait seperti pada gambar
c. Sehingga tampilan microsoft powerpoint kita menjadi sebagai berikut :
  1. Merubah File Microsoft PowerPoint menjadi HTML5
Proses selanjutnya adalah mengubah file microsoft powerpoint menjadi bentuk html5. Proses ini membutuhkan software tambahan, kita dapat menggunakan software Slide Go, iSpring, atau software lainnya. Kali ini penulis menggunakan software iSpring Suite 8.0 untuk merubah file powerpoint ke html5. 
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
a. Sebelumnya kita harus sudah menginstal terlebih dahulu software iSpring Suite.
b. Pada tab menu Power Point setelah View akan muncul menu iSpring Suite.
c. Selanjutnya pilih Pubilsh dan atur seperti gambar berikut ini !
d. Aktifkan Extended audio dan video compability pada menu Advanced seperti gambar berikut ini !
e. Selanjutnya klik Publish dan tunggu hingga selesai maka pada folder androidku di drive C: akan terdapat satu folder hasil pubilsh dari microsoft powerpoint ke html5 seperti gambar berikut ini


  1. Membuat Aplikasi Android dari Intel XDK
Intel XDK adalah sebuah program yang digunakan untuk membuat aplikasi Android, windows phone, iphone dan banyak yang lain dan menggunakan bahasa HTML5 untuk membuat aplikasi tersebut. HTML5 itu sendiri adalah revisi kelima dari bahasa HTML. Pada HTML5 diperkenalkan beberapa atribut dan elemen baru yang mendukung pengembangan website modern seperti penambahan atribut dan elemen untuk mendukung elemen video, canvas, dan masih banyak lagi. HTML5 secara utuh merupakan penggabungan teknologi antara HTML5, CSS3, dan JavaScript.
Langkah-langkah pembuatan aplikasi dengan Intel XDK.
1. Pastikan koneksi internet Anda sudah hidup untuk menggunakan software Intel XDK.
2. Buka program Intel XDK di Start > Intel XDK.
Cara Membuat Aplikasi Android dari Microsoft Power Point
3. Untuk pertama kali, Anda diharuskan login/register ke aplikasi Intel XDK.
4. Pilih Sing Up jika anda belum memiliki akun pada Intel XDK.
5. Isikan biodata anda yang nanti dipakai sebagai login dan Submit.
Cara Membuat Aplikasi Android dari Microsoft Power Point
 6. Setelah submit, akan ada informasi jika akun berhasil dibuat.
7. Klik icon Personal Login. Masukkan username dan password (email dan password) yang tadi didaftarkan. Klik Submit.
Cara Membuat Aplikasi Android dari Microsoft Power Point
 8. Jika berhasil login, icon person yang ada di pojok kanan atas akan menampilkan username (email) anda dan project-project yang sudah anda buat. Anda bisa mengedit. mendowload dan menghapus project tersebut.
 
9. Anda telah berhasil login ke Intel XDK
10. Klik Tombol “Start a New Project”.
 11. Klik Template kemudian pilih Standar HTML5 dengan unchek "use app designer" kemudian klik "continue"
 
12. Masukkan lokasi pembuatan aplikasi di “C:\Androidku” dan beri nama project.
 
13. Klik Tombol Create untuk memulai aplikasi. Tunggu proses create hingga akan muncul kotak dialog kalau aplikasi berhasil dibuat. Kemudian Klik "No Thanks"
 14. Anda akan melihat tampilan awal kode Intel XDK. Anda tidak perlu khawatir karena kita kita tidak akan berurusan dengan kode-kode ini. (biarkan saja).
15. Buka file hasil Publish PPT iSpring Suilt HTML5 yang telah kita buat sebelumnya. Lokasi file ada di folder “C:\Androidku\{Nama Folder HTML5}”.
 
16. Copy Semua file hasil converter iSpring Suilt HTML5 ke dalam lokasi pembuatan aplikasi Intel XDK. Lokasi folder bisa ditemukan di “C:\Androidku\{Nama Project Intel XDK}\www.”

              
Sehingga pada “C:\Androidku\{Nama Project Intel XDK}\www.” berisi file :
              (Replace file named index.html) 
17. Klik Menu “PROJECTS”. Pada “BUILD SETTINGS” gantilah nama aplikasinya sesuai yang anda inginkan. Bagian ini adalah nama aplikasi yang akan muncul ketika aplikasi ini diinstal di Smartphone.
Pada Developer Certificate klik "Create New Developer Certificate"kemudian lengkapi sesuai dengan nama aplikasi yang anda inginkan, untuk Key Passphrase terdiri dari minimal 6 karakter, dan key ini akan digunakan untuk Build aplikasi jadi jangan sampai lupa.

 
18. Jika sudah, klik menu LAUNCH ICONS AND SPLASH SCREENS. Di menu ini anda akan memasukan icon aplikasinya. Anda dapat membuat iconnya menggunakan program Photoshop atau program yang lain dengan format gambar PNG. Icon yang anda masukan harus berukuran LDPI (36 x 36px), MDPI (48 x 48px), HDPI (72 x 72px), XHDPI (96 x 96px).Tapi jika tidak menghendaki icons biarkan kosong saja.
     
19. Jika sudah, klik menu EMULATE yang ada di bagian atas untuk melakukan preview ke aplikasi mobile. Pada bagian ini anda dapat mencoba aplikasi yang anda buat secara virtual.
 
20. Anda bisa memilih jenis layout Smartphone yang dijadikan preview.
21. Sebelum aplikasi dipublish ada baiknya kita melakukan test aplikasi pada smartphone         dengan cara klik menu TEST kemudian klik PUSH FILES dan tunggu proses uploading project sampai selesai.

untuk mencoba aplikasi pada smartphone anda, terlebih dahulu download dan install "Intel App Preview" dari Play Store pada smartphone anda. Kemudian smartphone dihubungkan dengan PC dengan kabel data dan jalankan "Intel App Preview" 

Login dengan Akun Intel XDK kemudian klik tombol "PLAY" untuk mencoba aplikasi pada     smartphone anda. Selain itu anda juga dapat mencoba aplikasi dengan cara Scan QR Code kemudian klik tombol "PLAY"

22. Jika aplikasi dirasa sudah berjalan dengan baik di emulator Smartphone, Klik menu BUILD untuk mengubahnya ke bentuk mobile (apk Android).

23. Anda bisa lihat bahwa Intel XDK menyediakan converter untuk mengubah ke banyak platform aplikasi. Pada kali ini, kita akan mengubahnya ke Android, jadi klik Build di logo Android. Jika pada build android masih terkunci (gambar gembok) maka klik gambar kunci dan ketiklha key passphrase yang sudah anda buat pada developer certificate kemudian klik Unlock.
 Tunggu hingga proses unlock selesai sampai muncul notifikasi certificate unlock kemudian klik "Okay"
Maka gembok pada logo android akan terbuka dan aplikasi siap untuk dibuild, kemudian aktifkan logo andorid dengan klik gambar centang dan klik "Start Builds" 
Proses upload file ke server Intel XDK sedang berlangsung. Pastikan koneksi internet Anda stabil. 24. Jika upload sudah selesai, akan ada tampilan seperti di bawah ini. Klik gambar Tanda panah  untuk mendownload aplikasi ke komputer anda.



Catatan:
Selain anda dapat mendownload langsung anda juga akan di kirimi email yang berisi link download aplikasi yang anda buat.
25. Selanjutnya pilih folder untuk penyimpanan dan klik save.

Tunggu proses download hingga selesai.

Selesai aplikasi Android siap anda instal di Smartphone Android anda.

Berikut ini contoh Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android yang penulis buat :
http://bit.ly/1WaifBI

 Selamat mencoba...

Sumber : Berbagi Tips Tutorial


17 komentar :

  1. Komplit plit ...mksh ilmunya bu neny

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Sama2 Bu Leny..smg bermanfaat yaaa

    BalasHapus
  5. Sama2 Bu Leny..smg bermanfaat yaaa

    BalasHapus
  6. Kereen...
    Ijin copy materi ya Bu. Mau coba dipelajari, semoga berhasil.

    BalasHapus
  7. mam kenapa ya, link video waktu di jalankan di power point bisa jalan tp waktu di ubah ke HTML kok gak bisa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Videonya bertype file apa mbak Vira??

      Hapus
    2. Videonya bertype file apa mbak Vira??

      Hapus
  8. Mam, File videoku yang di ubah ke HTML kok gak bisa muncul, padahal waktu di powerpoin bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya bisa mbak. Coba ikuti tutorial diatas yaa

      Hapus
  9. Hasil akhirnya gimana sih bu, masih nyambung ke pc apa nggak? apa android bisa berdiri sendiri setelah konfigurasi selesai?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jd file apk mbak, jd berdiri sendiri dan dpt running well di android

      Hapus