Cara Mudah Edit File SWF Flash dengan Aplikasi Gratisan JPEXS-FFDec

flash decompiler 

Dalam pembelajaran Fisika, konsep fisis khususnya yang bersifat abstrak, akan mudah dipahami siswa bila disampaiakan secara audio visual dengan animasi. Sayangnya tidak semua guru Fisika memiliki kemampuan membuat media pembelajaran berbasis animasi ini. Namun di internet animasi pembelajaran fisika sangat banyak, kita tinggal mencari dan menggunakannya. Kemudian kita dapat membagikan ke siswa atau mengunakannya dalam proses pembelajaran guna mendukung penjelasan dalam memahami materi yang bersifat abstrak.
Kita tahu pula kemampuan berbahasa asing siswa bahkan guru sendiri kadang juga kurang memadai. Untuk itulah kita berupaya menerjemahkan teks-teks pada animasi pembelajaran tersebut dengan mengandalkan sarana yang ada. Mengubahnya teks berbahasa asing pada animasi ke Bahasa Indonesia sebenarnya tidak terlalu sulit namun tetap butuh ketelatenan. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi mengedit (decompile) file animasi yang berformat swf itu. Beberapa perangkat lunak (software) ada yang dapat memfasilitasi untuk tujuan itu, yang sering disebut swf-flash decompiler. Namun kebanyakan aplikasi seperti itu bukanlah aplikasi yang gratis. Ada sih yang ilegal tetapi sepertinya kurang patut dilakukan pendidik seperti kita kecuali terpaksa . Kalaupun terpaksa mesti menggunakan versi trial atau demo yang terbatas fungsionalitasnya. Perlulah dicari alternatif untuk itu.
Dan setelah berburu akhirnya ketemu juga software swf decompiler yang gratis namun powerful karena dapat melakukan edit actionscripts secara langsung . Selama ini kalau ingin mengubah file flash (swf) biasanya menggunakan software berbayar (seperti Sothink SWF Decompiler atau Trillix Decompiler dan sejenisnya yang tidak gratis).  Pada aplikasi Sothink SWF Decompiler yang  untuk versi demo atau trial (bahkan yang bajakan) dari kedua aplikasi tersebut tidak dapat melakukan edit actionscripts secara langsung, kecuali kita mau membelinya dengan harga yang tidak murah

Berikut ini tampilan awal aplikasi JPEXS Free Flash Decompiler yang merupakan salah satu software alternatif dari Sothink SWF Decompiler yang berbayar itu. Aplikasi ini menurut informasi pada situs resminya dapat berjalan di berbagai OS seperti Windows, Linux dan Mac OS.


Beda JPEXS Free Flash Decompiler ini dengan Sothink SWF Decompiler adalah ia dapat langsung melakukan editing actionscripts. Ini penting karena bagi orang awam dalam pembuatan animasi, karena aplikasi ini memudahkan bagi kita yang hanya ingin mengubah teks yang berbahasa asing ke Bahasa Indonesia. Untuk edit lainnya tentu perlu penguasaan mendetail dalam pembuatan sebuah animasi dengan cara membongkar file swf menjadi file fla terlebih dahulu.
Jika animasi yang berbahasa asing itu dapat kita terjemahkan dan kita gunakan di kelas sebagai sarana belajar tentu akan sangat membantu siswa.

Bagaimana cara menggunakan JPEXS Free Flash Decompiler? Tidak  terlalu sulit menurut saya yang juga awam dalam pembuatan animasi media pembelajaran ini. Unduh (download) aplikasinya dari pranala ini. Kemudian install, dan kita langsung bisa menggunakannya tanpa rasa khawatir itu software bajakan.

Sedikit cara menggunakannya:
Setelah berhasil diinstall, kita dapat mengaksesnya melalui Search Start Menu Windows dengan mengetikkan JPEXS seperti gambar berikut:

jpexs 0 

Atau dapat juga diakses melalui Start Menu konvensional seperti berikut:

jpexs 01 

Jika sudah terbuka kita dapat langsung membuka file animasi dengan ekstensi *.swf pada folder di komputer kita.



Jika folder texts atau scripts sudah diklik kita akan dapat menjumpai tampilan seperti berikut.



Yang perlu diperhatikan adalah kita tahu letak teks yang hendak kita terjemahkan itu. Biasanya ada dalam folder texts atau scripts. Untuk mengedit teks tersebut Klik Tombol Edit dan jika selesai Klik Tombol Save. Setelah semua beres (selesai) Klik tombol Save yang ada tepat di bawah menu File itu.



Jika kurang paham akan fungsi menu dan tool yang ada kita dapat memanfaatkan menu help. Untuk mengetahui fitur-fitur dalam aplikasi JPEXS FFDec ini silahkan baca di sini.

Untuk software serupa dengan JPEXS FFDec yang tentu saja Gratis dapat di baca lebih lanjut di blog Bruce-lab.blogspot.com.

Catatan : beberapa bagian static texts tidak dapat diedit secara benar, sepertinya ini suatu bug yang harus kembali dibenahi. Jika mendapati hal ini kita bisa kombinasikan aplikasi lain. Misalnya dengan Trillix Decompiler versi demo di mana kita diijinkan untuk mengedit static texts meskipun tidak dapat mengedit actions scripts. Untuk actionscripts dengan JPEXS FFDec ini bisa berfungsi dengan baik.

Demikian sekilas informasi semoga kita bisa memanfaatkan yang ada dan memacu diri untuk bisa menciptakan sendiri kelak.

Selamat mencoba :

Sumber :
https://urip.wordpress.com/2013/11/17/cara-mudah-mengedit-file-swf-animasi-dengan-aplikasi-gratisan/

Komentar