Welcome to My Physic Web Blog. This Blog contains the evidences of my teaching learning activities. Some parts of The Blog are taken from various resources and some are constructed by me and the science team at my shcool. All materials are free to download for professional reason only. If you have any comment and suggestion, please feels free to email me at: neny.jos@gmail.com

Selasa, Mei 24, 2016

QR-Code dalam Pembelajaran

QR Code atau Quick Response Code adalah tools yang berfungsi seperti Barcode yang biasa digunakan untuk menyimpan sebuah code ataupun identitas seseorang.


Dalam pembelajaran kita bisa menggunakan QR-Code untuk mentrasfer media pembelajaran atau lembar soal atau lembar kerja siswa tanpa perlu koneksi internet. Cukup dengan cara siswa menscan gambar barcode yang sudah kita buat dengan QR-Code Generator dengan menggunakan QR-Scanner di Smartphone atau Gadget anda.
Mungkin beberapa orang terutama pengguna BlackBerry Mesengger atau Line mungkin tidak asing lagi dengan kode-kode seperti itu.
Cara untuk membuatnya sangatlha mudah yaitu dengan mengkonversi beberapa kode menggunakan software kecil yang bernama QR-Code Generator. Dengan QR-Code Generator ini anda dapat membuat kode atau gambar barcode dari :
  • Text Biasa
  • URL
  • SMS
  • E-Mail
  • Phone
  • Contact
  • Wi-Fi
  • Geo Tag
  • BBM
Cara Menggunakan:
  • Pilih code apa yang ingin sobat jadikan QR dengan memilih salah satu tab yang ada.
  • Tuliskan konten yang ada didalamnya.
  • Lalu klik "Generate QR Code"
  • Bila belum sesuai, sobat bisa juga mengatur kualitas dan jarak marginnya.
  • Lalu simpan dengan menekan tombol Save as BMP atau PNG
Untuk menggunakan QR-Code silahkan download dengan klik disini


Berikut screenshootnya :

Selain itu software ini 100% Offline dan tentunya Gratis!
Untuk membaca QR-Code yang sudah kita buat, maka smart phone atau gadget kita perlu sobat install QR Code Reader yang bisa didwonload di playstore untuk smartphone android, atau silahkan klik disini
Selamat mencoba yaa...

Sumber : Yusuf Dekstop



Tidak ada komentar :

Poskan Komentar