Welcome to My Physic Web Blog. This Blog contains the evidences of my teaching learning activities. Some parts of The Blog are taken from various resources and some are constructed by me and the science team at my shcool. All materials are free to download for professional reason only. If you have any comment and suggestion, please feels free to email me at: neny.jos@gmail.com

Rabu, Mei 25, 2016

Mobizen, Aplikasi Android untuk Smartphone Mirroring dalam Pembelajaran Berbasis Mobile #1


Untuk kebutuhan pembelajaran adakalanya kita sebagai guru membutuhkan menampilkan layar smartphone kita ke PC atau laptop, khususnya bila pembelajaran kita berbasis mobile (mobile learning). Untuk itu kita membutuhkan aplikasi yang dapat berfungsi mirror dari smartphone ke PC atau laptop. Untuk melakukan hal tersebut, anda dapat menggunakan app yang bernama Mobizen. App ini tersedia secara gratis dan bisa anda dapatkan pada Google Play Store. Dan karena perangkat Android tersebut akan dikontrol oleh Windows, maka anda juga harus menginstall aplikasi pengontrolnya yang bisa di-download secara gratis di situs resmi Mobizen.

Mobizen dapat terhubung dengan kabel data USB maupun Wireless. Selain fasilitas remote, Mobizen juga menyediakan banyak fitur-fitur lainnya yang luar biasa, seperti misalnya fitur backup untuk data-data pada perangkat Anda; kemudahan transfer file dari Windows ke perangkat Android maupun sebaliknya; on-screen drawing; perekaman layar; dan lain sebagainya. Apalagi jika anda seorang developer untuk platform Android dan ada kebutuhan untuk mem-presentasikan ataupun mendemokan app yang anda buat pada PC / Laptop, maka Mobizen ini juga jelas akan sangat membantu anda.

FITUR MOBIZEN
Smartphone mirroring
Dukungan terhadapap Real time mirroring pada PC. Dengan Mobizen, anda menggunakan semua aplikasi android dengan fungsionalitas penuh pada PC. Dengan fitur ini anda dapat menggunakan Kik Messenger, WhatsApp pada PC. anda akan mendapati betapa mudahnya untuk menggunakan Instagram pada PC dengan Mobizen
Screen Recording
Anda dapat dengan mudah mengambil screen shot dan merekam layar ponsel tanpa rooting. Ini adalah cara termudah untuk merekam dan berbagi gameplay mobile.

Mobile Presentation

Mobizen bekerja sebagai alat presentasi yang efektif memungkinkan anda untuk mirorring layar ponsel ke layar besar yang mana dapat meningkatkan efektivitas presentasi.

Smartphone Notification
Mudah menerima semua pemberitahuan smartphone pada PC secara diam-diam dan memilih mana saja yang ingin anda tanggapi dengan mengklik mouse.
Video Streaming
Mobizen memungkinkan anda untuk melakukan streaming musik dan video ke PC anda dengan mudah.
Drag and drop File Transfer
Anda hanya perlu melakukan Drag dan Drop ketika ingin mentransfer foto dan file media lainnya ke PC dari ponsel. Anda juga dapat memindahkan isi dari PC ke perangkat mobile dengan fungsi ini.

Nah, kali ini kita akan memanfaatkan salah satu fitur Mobizen yaitu Smartphone mirroring dengan menggunakan kabel data USB bagaimana caranya?? simak dengan baik penjelasan berikut ini yaa...

SETTING MOBIZEN ANDROID
Langkah pertama "smartphone mirroring atau cara menampilkan android di PC/laptop" adalah silahkan aktifkan dahulu opsi pengembang (developer mode) dan debugging usb (usb debugging) pada bagian setelan (setting) karena mobizen membutuhkan kedua akses ini
Jika sudah silahkan aktifkan sambungan internet anda kemudian buka aplikasi mobizen pada android menggunakan smartphone android tentunya. Jangan khawatir sambungan internet hanya diperlukan untuk registrasi dan masuk akun karena mobizen pada android dan mobizen pada pc harus masuk pada akun yang sama.

Jika mobizen android sukses terbuka, anda akan masuk pada halaman welcome, silahkan pilih start.
Anda akan diminta untuk memilih login melalui google (gmail), malalui facebook, atau membuat akun baru pada mobizen dengan mengklik pada email yang tertera pada choose an email for your account (terdapat pilihan akun email sesuai dengan terdaftar pada smartphone anda), silahkan pilih yang termudah menurut anda yang mana akun yang anda gunakan login pada mobizen android juga digunakan login pada mobizen pc.
Misalnya anda memilih membuat akun baru pada mobizen, maka klik email anda diatas dan buatlha password untuk akun mobizen anda kemudian klik next.
 

Setelah sukses login, anda akan mendapat sedikit tutorial, silahkan geser kekiri hingga pada bagian start today kemudian pilih start mobizen
Sukses masuk pada dashboard mobizen yang berisi mobile name, email, hingga record screen.
Sekarang silahkan setting dahulu supaya koneksi yang digunakan adalah kabel usb, caranya silahkan klik titik berjajar tiga kebawah pada bagian kanan atas dashboard mobizen android kemudian pilih connection method settings
Pada usb connection silahkan geser kekanan hingga berwarna biru artinya on, sementara wifi connection dan 3g/lte connection geser kekiri hingga bewarna abu-abu artinya off. Selamat setting mobizen android telah sukses sakarang saatnya setting mobizen pada pc atau laptop.
Kemudian hubungkan Smartphone dengan kabel data USB ke PC atau Laptop, anda akan diminta persetujuan usb debug pada smartphone yang anda hubungkan menggunakan kabel usb, silahkan centang always allow from this computer kemudian pilih ok.

MENJALANKAN MOBIZEN PADA PC ATAU LAPTOP
Langkah selanjutnya adalah silahkan aktifkan sambungan internet pada pc atau laptop kemudian buka aplikasi mobizen pada pc atau laptop. Sama seperti mobizen pada android, pada awalnya anda akan mendapat sedikit tutorial, silahkan baca jika ingin lebih mengerti jika tidak lewati saja. Anda akan diminta diminta login, silahkan pilih cara login sama dengan saat anda login pada mobizen android misalnya jika mobizen android login menggunakan akun google email (gmail) maka mobizen pada pc atau laptop juga login menggunakan gmail dengan akun sama.


Jika sukses login, mobizen pada pc atau laptop akan melakukan serangkaian cek dan test, mungkin beberapa kali akan mengalami kegagalan seperti dibawah ini.
Jika gagal silahkan tutup mobizen pada pc atau laptop kemudian ulangi login lagi. Jika anda sukses menghubungkan mobizen pada android dan PC maka akan ada notifikasi pada smartphone anda seperti gambar berikut silahkan klik Start Now
Jika sukses maka smartphone android terkadang akan terasa bergetar dan tampilan pada smartphone android akan muncul pada layar pc atau laptop.




Jika tampilan layar pada smartphone android sukses tampil pada layar pc atau laptop, maka anda boleh mematikan sambungan internet dan selamat menikmati menggunakan android pada layar pc atau laptop yang mana anda dapat menjalankan aplikasi android di pc atau laptop. Hati-hati karena yang digunakan sebagai perantara sambungan adalah kabel usb, maka usahakan kabel usb jangan terlalu banyak bergoyang karena dapat menyebabkan sambungan putus dan anda harus mengulangi login lagi.

Sebenarnya selain kabel usb, mobizen juga dapat smartphone mirroring (menampilkan layar android di laptop atau pc) menggunakan Wifi atau 3G/LTE, tunggu posting berikutnya yaaa.... bersambung..




Tidak ada komentar :

Poskan Komentar