Welcome to My Physic Web Blog. This Blog contains the evidences of my teaching learning activities. Some parts of The Blog are taken from various resources and some are constructed by me and the science team at my shcool. All materials are free to download for professional reason only. If you have any comment and suggestion, please feels free to email me at: neny.jos@gmail.com

Jumat, Januari 01, 2016

Sparkol Video Scribe, Membuat Video Tangan Menggambar dengan sangat mudah #2

Posting kali ini sebagai lanjutan posting sebelumnya tentang Sparkol VideoScrobe (kalo belum baca disini), sudah kenal dengan Sparkol VideoScribe kan?? berikut panduan cara download, install dan menggunakan Sparkol VideoScribe. Simak dengan baik yaa..

Download File dan Installasi  
Pertama-tama, kita download software Sparkol VideoScribe di website resminya di http://videoscribe.co. Ingat Sparkol Videoscribe ini sifatnya trialware. Kita hanya punya waktu 7 hari untuk mencoba aplikasi ini dengan gratis, untuk itu manfaatkan waktu yang hanya 7 hari itu sebaik mungkin. Jika anda tetarik silahkan beli yang full versi namun harganya lumayan mahal sih... kalo ingin mendapatkan yang full versi tapi murah silahkan browsing yaa...!!    
Setelah mendownload maka aplikasi siap diinstall. Cara menginstall aplikasinya pun sangatlha mudah. Tinggal Next, next, next, next, next, selesai. Setiap kita ingin menggunakan aplikasi ini, kita diharuskan login dengan username dan password yang sudah terdaftar dalam website resminya.

1. Buat akun email terserah mau pake gmail atau ymail. Tapi kalau saya pakai gmail 2. Buka website sparkol.com/ 3.Daftarkan diri anda 4. masuk gmail dan konfirmasi email dari sparkol 5. download aplikasinya
Copy the BEST Traders and Make Money : http://bit.ly/fxzulu
1. Buat akun email terserah mau pake gmail atau ymail. Tapi kalau saya pakai gmail 2. Buka website sparkol.com/ 3.Daftarkan diri anda 4. masuk gmail dan konfirmasi email dari sparkol 5. download aplikasinya
Copy the BEST Traders and Make Money : http://bit.ly/fxzulu
1. Buat akun email terserah mau pake gmail atau ymail. Tapi kalau saya pakai gmail 2. Buka website sparkol.com/ 3.Daftarkan diri anda 4. masuk gmail dan konfirmasi email dari sparkol 5. download aplikasinya
Copy the BEST Traders and Make Money : http://bit.ly/fxzul
Tampilan dan Cara Menggunakan VideoScribe
Tampilan setelah kita login ke halaman awalnya adalah seperti dibawah ini.. silahkan login dengan username dan password yang sudah terdaftar dalam website resminya.

Tampilan Login Sparkol VideoScribe 

Setelah kita login maka tampilannya seperti gambar dibawah ini, sparkol videoscribe siap digunakan!

Tampilan Home Screen Sparkol VideoScribe
 
Untuk membuat video scribe baru, klik kotak dengan tombol + dulu, setelah itu akan kita akan dibawa masuk ke halaman dibawah ini.

Tampilan Layar Kerja Sparkol Videoscribe
 
Satu hal yang saya rasa cukup membingungkan adalah tidak adanya kotak dialog yang membantu pengguna mengetahui makna icon yang diarahkan kursor. Biasanya kalau kita suka mengarahkan kursor ke suatu obyek di aplikasi pada umumnya akan muncul kotak dialog yang menjelaskan makna obyek yang kita arahin, nah di software ini tidak ada sama sekali.. Jadi ya main feeling aja gitu..
 
Untuk menggunakan aplikasi ini, setidaknya ada 2 obyek yang akan kita mainkan. Obyek gambar, dan obyek teks, dan animasi selebihnya udah otomatis.
Untuk obyek gambar, Videoscribe menyediakan gambar librarynya sendiri yang tinggal kita cari berdasarkan kata kunci. Cuma untuk gambarnya sendiri sih rata-rata gambar standar lah ya.. Namanya juga gambar-gambar gratisan..

Tampilan Pilihan Gambar Sparkol Videoscribe
 
Tapi kita juga tetap bisa memasukkan gambar kita sendiri. Format file gambar yang didukung adalah SVG, JPG, dan PNG, tapi yang paling disarankan adalah format vector SVG untuk hasil yang lebih maksimal.
Untuk format teks, Videoscribe mengikuti library font yang sudah ada di komputer kita, sehingga kalau kita punya font-font unik ya pasti bisa dipakai.
Memasukkan gambar dan teks itu mudah sekali. Tinggal kita pilih, terus diatur mau ditaruh dimana. Setelah itu, kita bisa mengatur timing durasi animasi gambaran tangannya hanya dengan menentukan durasinya dalam satuan detik di obyek yang diinginkan.

Tampilan Layar Kerja Gambar Sparkol Videoscribe
 
Kalau mau lebih advance lagi, kita bisa atur dengan mengklik tombol Option disamping obyek yang kita ingin atur. Disana kita bisa mengatur durasi lebih detail lagi, mode animasi gambar atau gerakan tangan, model warna gambar, dan sebagainya. Kalau sudah fix, tinggal klik tombol Play di bagian paling atas kanan, langsung keliatan deh hasilnya.. Seolah-olah profesional gitu ya..

Advance Menu Animasi Sparkol Videoscribe
 
Fitur yang disediakan sebenarnya cukup lengkap. Videoscribe juga menyediakan fitur framing (mengatur sudut pandang animasi), mengisi backsound, rekaman microfon, dan semacamnya. Cuma sayangnya seperti yang saya bilang sebelumnya, karena di masing-masing icon nggak ada kotak dialog yang membantu, jadi kita harus cukup sering nyoba-nyoba aja..

Ini contoh video yang saya buat dengan Sparkol VideoScribe https://youtu.be/P2kF47fwaf0

Selamat mencoba...

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar