Welcome to My Physic Web Blog. This Blog contains the evidences of my teaching learning activities. Some parts of The Blog are taken from various resources and some are constructed by me and the science team at my shcool. All materials are free to download for professional reason only. If you have any comment and suggestion, please feels free to email me at: neny.jos@gmail.com

Jumat, Januari 01, 2016

Sparkol Video Scribe, Membuat Video Tangan Menggambar dengan sangat mudah

Berawal dari mendapat tugas sebagai tim verifikasi PPDB di sekolah tahun 2014 silam, barulah saya pertama kali melihat videoscribe seperti ini http://www.youtube.com/watch?v=mvNiHvBu2bM teruuussss yang saya perhatikan bukan contentnya tapi aplikasinya ini apa ya???… terusss berselancar ke dunia maya dan baru taulha nama aplikasinya Sparkol Videoscribe…teruuusss berselancar ke dunia maya lagi untuk mendapatkan software sparkol yang full… dan langsunggg dicobaaa… weehhh hasilnya ok banget, tinggal klak-klik doank... hemm. Nah baru sekarang kesampaian untuk mereview Sparkol VideoScribe sehubungan banyaknya request dari para sahabat... sekalian mengawali Tahun Baru 2016..

APA itu Videoscribe???
Dalam wikipedia disebutkan bahwa:
VideoScribe is software for creating whiteboard animations automatically. It was launched in 2012 by UK company Sparkol. By October 2013 it had more than 100,000 users. 1


Videoscribe adalah software yang bisa kita gunakan dalam membuat design animasi berlatar putih dengan sangat mudah. Software ini dikembangkan pada tahun 2012 oleh sparkol ( Salah satu perusahaan yang ada di Inggris ). Dan tepat setahun setelah dirilis dan dipublikasikan, software ini sudah mempunyai pengguna sebesar 100.000 orang lebih.

Apa saja kegunaan dari software ini?? Beberapa kegunaan Sparkol VideoScribe menurut saya diantaranya adalah :
  1. Videoscribe bisa digunakan untuk keperluan bisnis online. Ide marketing bisa diaplikasikan lewat videoscribe 
  2. Videoscribe bisa digunakan untuk pendidik/Guru atau Dosen sebagai pengantar pembelajaran (apersepsi) atau sebagai penutup pembelajaran.
  3. Videoscribe untuk presentasi keperluan anda, menunjukan kemampuan berpikir dan mengkombinasikannya melalui video animasi.
  4. Dan masih banyak lagi eksperimen-eksperimen yang bisa kita gunakan dengan software ini.
Harus diakui, membuat video animasi bukanlah hal yang mudah kalau kita tidak niat dan fokus belajar. Makanya bagi kita dengan latar belakang bukan web programmer pastilah akan mendapatkan kesulitan dalam hal ini. Menggambar aja tidak bisa, apalagi membuat video pasti akan kesulitan...

Sekilas melihat video scribing itu,yang ada dipikiran saya adalah video tersebut pastilah  dibuat oleh tangan-tangan ahli (dan pada kenyataannya memang bener sih). Tapi untungnya zaman semakin canggih, sehingga selalu ada saja software yang dibuat untuk orang-orang awam  untuk dapat ikut berkreasi. Nah, software itulah yang akan saya review Sparkol VideoScribe, sebuah software yang membantu kita untuk membuat video scribing dengan sangat mudah!

Konsep video scribing adalah sebuah konsep video animasi yang unik. Video scribing adalah video dengan konsep papan tulis yang menggunakan gambar tangan yang seolah-olah sedang menggambar atau menulis. Konsep video scribing atau gambaran tangan tersebut biasa digunakan sebagai video promosi, CV atau profil, presentasi, dan semacamnya.

Videoscribe ini sifatnya trialware. Kita punya waktu 7 hari untuk mencoba aplikasi ini dengan gratis. 7 hari trial pun kita hanya dapat membuat scribe dan mengupload saja, tapi video hasil jerih lelah kita tidak dapat disimpan dengan format video umumnya. Selebihnya kita harus berbayar.. Harganya lumayan agak mahal sih, sekitar €20 per bulan. Kalau mau membayar sekali seumur hidup juga disediakan dengan harga hanya €480 aja (kata google sih sekitar 7 juta rupiah..wow!!).
 
Demikian sedikit review tentang Sparkol VideoScribe.... To be continue..

Next Cara dwonload, install dan cara menggunakan Sparkol VideoScribe...ditunggu yaaaaa...

Sumber :

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar