Welcome to My Physic Web Blog. This Blog contains the evidences of my teaching learning activities. Some parts of The Blog are taken from various resources and some are constructed by me and the science team at my shcool. All materials are free to download for professional reason only. If you have any comment and suggestion, please feels free to email me at: neny.jos@gmail.com

Senin, Januari 04, 2016

Presentasi Online Yang Menarik Dengan Microsoft Sway

Mengenal Microsoft Sway pertama kali adalah pada saat mengikuti kompetisi Microsoft Sway 2015 yang diselenggarakan USBI dengan Microsoft Indonesia pada awal tahun 2015 yang lalu. Dari kompetisi tersebut menambah wawasan saya sebagai seorang pendidik untuk dapat berkreasi dalam membuat media presentasi berbasis web. 
Seiring dengan berkembangnya Office 365 akhir-akhir ini membuat Sway juga semakin dikenal. Karena Sway adalah salah satu tool yang menarik yang terdapat pada Office365. Sway adalah digital storytelling tool dari Microsoft, Sway adalah software yang disediakan oleh Microsoft untuk membuat presentasi secara Online.
Mungkin pertanyaan pertama dari anda adalah apa bedanya dengan Powerpoint, bukannya Powerpoint juga terdapat versi Onlinenya? dimana pada Office 365 juga menawarkan Powerpoint Online juga? Nah berikut sedikit review tentang Microsoft Sway, yang saya dapatkan setelah mengikuti

 
Apa itu Sway? 
  • Sway adalah media presentasi berbasis web interaktif yang memungkinkan user untuk membuat presentasi multimedia online. User bisa memilih berbagai jenis tata letak secara manual, atau biarkan Sway yang mendesainnya secara otomatis.
  • Sway merupakan aplikasi berbasis media penyimpanan awan. Jadi, user hanya perlu menyimpan kontennya sehingga terhubung dengan perangkat atau jejaring sosialnya. 
  • Sway juga dapat dikatakan sebagai aplikasi pelengkap untuk memenuhi kebutuhan yang belum bisa tersedia pada PowerPoint. Karena Sway memiliki fungsi untuk menampilkan konten dengan cara yang lebih modern. Dengan pertimbangan What You See Is What You Get (WYSIWYG), Sway memungkinkan setiap orang untuk bisa membuatnya dengan semenarik mungkin dari gambar maupun teks tanpa perlu repot-repot. Sway bekerja dengan cara memformat gambar dan teks sesuai dengan algortima. Dengan menggunakan Sway, semua produk digital yang dihasilkan akan bisa menyesuaikan di semua platform, tempat Sways akan ditampilkan.
Apa perbedaan mendasar antara Powerpoint dengan Sway?
Seperti kita ketahui bahwa Powerpoint juga terdapat versi onlinenya, namun demikan ada perbedaan mendasar antara microsoft powerpoint dengan sway, antara lain :
  • Sway Tersedia di Sway.com dan Windows 10. Artinya sway bisa diakses disembarang browser. 
  • Document Sway secara otomatis akan tersimpan di Sway.com, Powepoint tersimpan di Komputer local atau OneDrive. 
  • Power point hanya bisa mengambil data dari lokal (misal gambar) sedangkan sway bisa mengambil resource dari berbagai sumber, misalkan mengambil video youtube, tweet dan komponen web lain yang berbasis iframe. 
  • Tampilan Sway bersifat Responsive. Artinya tampilannya akan menyesuaikan dnegan ukuran layar pengakses. Jika diakses di Smartphone desainnya juga akan mengikuti smartphone. Ini sangat berberbeda dengan Microsoft Power point.
  • Sejauh ini, document sway tidak bisa didownload berbeda dnegan Power point yang bentuknya file. 
  • Sway didesain untuk presentasi yang bersifat interaktif dari sisi kontentnya, sedangkan Powerpoiint interaktif dari sisi transisi slidenya. 
  • Sway bisa mengimport PDF, Powerpoint atau doc. Artinya jika anda ingin mengkonversi powerpoint anda kesway, anda cukup upload dan powerpoint anda langsung jadi sway. 
  • Sway bersifat Gratis (sejauh ini) sedangkan Powerpoint berbayar. 
  • Dokumen sway bisa dishare ke jejarign sosial atau di sematkan di Blog. 
  • Sway memungkinkan dibuat dengan cara kolaborasi. Artinya 2 orang atau lebih mengedit dokumen yang sama secara bersamaan.
Bagaimana mendapatkan Sway? 
  • Bagi anda pengguna Windows 10, anda sudah bisa mendownload Sway di Windows Store.   Sway tersedia sebagai aplikasi untuk Windows 10 bagi siapa pun yang memiliki akun Microsoft.
  • Sway juga tersedia di platform Office 365 baik untuk bisnis maupun untuk edukasi.

Apa keistimewaan Sway?
Jika beberapa waktu lalu Sway masih terbatas di Trial version, sekarang Sway sudah bisa digunakan dengan maksimal. Antara lain:
  • Anda bisa memasukkan teks, gambar, video, tweet, grafik, slideshow, dan masih banyak lagi. 
  • Anda juga bisa memasukkan elemen langsung dari OneNote, Facebook, Flickr, Bing, Youtube, Twitter, dan lainnya. 
  • User bisa berbagi Sway dengan orang lain melalui tautan dan di berbagai jejaring sosial yang didukung, seperti Facebook, Twitter, dan Youtube, bahkan dengan mereka yang belum memasang aplikasinya sekalipun. 

Memang fungsi Sway masih terlalu abstrak untuk dijelaskan secara jelas, apakah ini menyerupai PowerPoint, atau menyerupai Video tutorial dari kumpulan gambar? Jika anda belum mencoba menggunakannya pasti akan merasa asing dan tidak familiar dengan fungsinya. Tetapi jika anda sudah menggunakannya, anda akan merasakan banyak kemudahan dan keindahan yang berhasil anda ciptakan dengan bantuan Sway.



Demikian sedikit review tentang Microsoft Sway... Selamat mencoba...

 #sway #MIEExpert #MIEExpert15 #msftedu

Berikut ini adalah My First Sway yang saya gunakan sebagai media pembelajaran.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar