Welcome to My Physic Web Blog. This Blog contains the evidences of my teaching learning activities. Some parts of The Blog are taken from various resources and some are constructed by me and the science team at my shcool. All materials are free to download for professional reason only. If you have any comment and suggestion, please feels free to email me at: neny.jos@gmail.com

Rabu, Januari 13, 2016

Cara Mudah Menuliskan Rumus Fisika/Kimia/Matematika pada Ms.Office Word dengan Math Input Panel

Bagi sebagian besar guru MIPA khususnya guru Fisika-Kimia-Matematika ketika sedang membuat Modul, Media Pembelajaran atau khususnya Bank Soal yang mengharuskan menyajikan Rumus atau Persamaan Matematis pada document yang dibuat dengan MS Office Word, pastilah akan dibuat pusing dan membingungkan.

Bagi para Mahasiswa dan Pelajar SMA pasti sempat merasa kesulitan apabila akan mengetikan sebuah Rumus dalam office Word. Perlu sebuah waktu yang lama dan kecermatan apabila kita menggunakan Tools yang Standar.

Untuk mengatasi kesulitan tersebut kita dapat menggunakan tool bawaan operating sistem Windows yaitu Math Input Panel untuk membuat berbagai macam ekspresi rumus dan persamaan matematika dengan mudah. 

Math Input Panel merupakan program aplikasi kecil yang mulai diperkenalkan di Windows 7 yang pengoperasiannya ditujukan untuk menggunakan alat input seperti touchscreen, external digitizer atau mouse. Penulisan ekspresi rumus dan persamaan matematika menggunakan alat input tersebut akan dikenali oleh aplikasi ini dan kemudian dapat disisipkan (insert) ke program aplikasi perkantoran ( office applications) seperti Microsoft Office, LibreOffice atau OpenOffice. Hebatnya lagi, ekspresi rumus dan persamaan matematika yang telah disisipkan ke program aplikasi perkantoran masih bisa diperbaiki (edit) untuk dirubah sesuai keinginan. Ini dapat meningkatkan produktivitas anda ketika harus membuat dokumen atau presentasi yang memiliki banyak ekspresi rumus dan persamaan matematika. Khususnya bagi Guru (Fisika, Kimia, Matematika), pelajar atau mahasiswa.

Bagaimana cara menemukan aplikasi ini dalam windows?

JIKA KOMPUTER ANDA MENGGUNAKAN WINDOWS 7
Klik Start > All Programs > cari dan klik folder Accessories >Math Input Panel

JIKA KOMPUTER ANDA MENGGUNAKAN WINDOWS 8.1
Cara pertama : tekan tombol windows di keyboard (sebelah kiri bawah, pertengahan antara tombol Fn, Alt, dan Z) > klik ikon tanda arah panah bawah untuk lihat All programs > geser kursor ke kanan dan cari ikon “Math Input Panel”

Cara kedua : tekan tombol kombinasi (Windows+C) > pilih ikon “search” > ketik “Math Input Panel”

JIKA KOMPUTER ANDA MENGGUNAKAN WINDOWS 10 
Klik search kemudian ketikan "Math Input Panel" pada kotak search.
Bagaimana cara menggunakan aplikasi ini ?

Langkah 1
 
Jalankan  Program "Math input panel"


langkah 2
   Buka Ms. Office Word 


Langkah 3
   Coba Test dengan menggambar sebuah angka atau simbol pada ruang kerja aplikasi ini


Langkah 4
   Ini contoh dari Rumus sederhara yang di tulis pada ruang kerja aplikasi tersebut

Penulisan Rumus tersebut, menggunakan cara dengan di gambar layaknya kita menggunakan aplikasi Paint. Metode yang di gunakan Aplikasi Tersebut sangat lah mudah dan simpel jadi siapapun bisa dengan mudah menggunakan nya.

Langkah 5
Apabila sudah selesai menggambar sebuah rumus, lalu Apabila kita ingin memasukan Rumus tersebut pada Office Word yang kita lakukan adalah klik tombol Insert


Setelah Klik insert, maka akan seperti ini :

Langkah 6
Lalu besar kan ukuran Font nya


Langkah 7
Ini adalah contoh Rumus Yang sedikit Rumit lainnya




cara memasukan nya sama seperti langkah di atas

Apabila Mengalami masalah salah pembacaan, maka gunakan lah tools "Select and Correct"

Bagi yang Kesulitan dengan Tombol-tombol tools yang ada dalam aplikasi "Math Input Panel" Perhatikan gambar berikut ini :

Math Input Panel juga dapat digunakan untuk menulis Rumus Kimia, seperti contoh berikut ini :






Selamat Mencoba...

Sumber : Termasmedia dan Lughot 






Tidak ada komentar :

Poskan Komentar