Welcome to My Physic Web Blog. This Blog contains the evidences of my teaching learning activities. Some parts of The Blog are taken from various resources and some are constructed by me and the science team at my shcool. All materials are free to download for professional reason only. If you have any comment and suggestion, please feels free to email me at: neny.jos@gmail.com

Selasa, Desember 22, 2015

Transfer Data Tanpa Kabel dengan AirDroid

Beberapa dari kita mungkin pernah mengalami hal ini, dimana pada saat kita ingin memindahkan file penting dari perangkat Android ke perangkat Notebook atau sebaiknya, tapi kita lupa membawa kabel data.

Kini ada aplikasi bernama Airdroid, yang memungkinkan kita untuk memindahkan data dari perangkat Android ke perangkat Notebook, dan sebaliknya melalui jaringan Wi-Fi. Anda bisa menggunakan Airdroid ditempat yang terdapat hotspot.

Berikut ini adalah cara untuk menggunakan AirDroid :

1. Pastikan perangkat Android dan notebook anda berada dalam satu jaringan Wi-Fi.
2. Install aplikasi AirDroid dari PlayStore
3. Setelah terinstall, buka aplikasi PlayStore, dan pilih Start.
4. Akan muncul panduan dari AirDroid.
5. Ikutin step 1 seperti yang tertera, buka browser (Firefox, Chrome, dll) pada laptop anda, kemudian masukan alamat http://web.airdroid.com/.
AirDroid

6. Masukan passcode seperti yang tertera pada step 2 ditampilan AirDroid, kemudia klik login.
7. Jika berhasil, pada browser di laptop anda akan memiliki tampilan seperti ini :
AirDroid

8. Untuk memulai memindahkan data pilih Files (icon berwarna biru).
9. Lalu akan muncul jendela seperti Windows Explorer, anda bisa menghapus, mengedit nama, memindahkan file antar folder.
10. Untuk memindahkan data anda bisa memilih "Download", untuk memindahkan data dari memori smartphone anda ke laptop. Dan pilih "Upload" untuk memindahkan data dari laptop ke Android.
11. Untuk memindahkan data dari perangkat Android ke laptop, yang pertama adalah cari file yang anda inginkan, setelah ketemu tandai file-file yang ingin anda pindah, kemudian klik tombol 'Download' yang ada dikiri atas tampilan explorer. Maka akan muncul jendela download pada browser anda, pilih dimana anda ingin menaruh file tersebut, dan download.
AirDroid

12. Untuk memindahkan data dari perangkat laptop ke Android, yang pertama adalah cari folder dimana anda akan menempatkan file tersebut, kemudian klik tombol "Upload" dikiri atas tampilan explorer. Anda bisa langsung men-drag&drop file, dan bisa juga memilih file dan folder melalui explorer. Setelah memilih file, klik lagi tombol "Upload."
AirDroid


Dengan AirDroid ini anda juga bisa mengirim sms dan menghapus sms dari menu Messages, melihat daftar panggilan dari menu Call Logs, menghapus, mengisntall, dan mendowload aplikasi, melihat buku telepon, melihat photo, dan bahkan mengambil screenshot tampilan Android anda.

Selamat mencoba.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar