Welcome to My Physic Web Blog. This Blog contains the evidences of my teaching learning activities. Some parts of The Blog are taken from various resources and some are constructed by me and the science team at my shcool. All materials are free to download for professional reason only. If you have any comment and suggestion, please feels free to email me at: neny.jos@gmail.com

Sabtu, Agustus 22, 2015

Memilih Layanan Cloud Storage Terbaik



Era cloud computing alias komputasi awan sudah menjadi gaya hidup saat ini. Hal tersebut tampak dari banyaknya layanan cloud storage alias penyimpanan data digital berbasis komputasi awan (cloud) yang tersedia sekarang ini sebagai pengganti penyimpanan konvensional.
Beberapa layanan cloud storage yang cukup populer diantaranya adalah OneDrive, Dropbox, Google Drive dan Box. Manakah yang menyediakan layanan terbaik?

Cloud Storage bukan sekadar tentang menyimpan file di “luar” perangkat yang digunakan, tapi juga tentang keamanan, efesiensi dan kepraktisan. Dengan cloud storage kita tak perlu khawatir data hilang lantaran harddisk atau flashdisk rusak. Kita juga tak perlu repot memindah file saat harus ganti perangkat. Lebih dari itu, kita bisa mengaksesnya dari mana saja dan menyimpan file dengan kapasitas jauh lebih besar dari memori smartphone yang kita punya.

Terkait “penyimpanan awan”, setidaknya ada empat penyedia layanan cloud storage untuk perangkat mobile yang beberapa diantaranya sudah di-embed ke dalam smartphone. Cloud storage mana yang bagus untuk kita? Berikut adalah Tips memilih layanan penyimpanan Cloud Terbaik.



  1. Onedrive


Penyimpanan awan yang telah di makeover karena diduga telah menyalahi hak paten ini, telah resmi diperkenalkan Microsoft secara sempurna mulai awal tahun 2014 yang lalu. Berganti nama, dari SkyDrive menjadi OneDrive, Microsoft meng-klaim layanan ini datang dengan beberapa fitur baru yang lebih berguna.
Seperti namanya, OneDrive, aplikasi ini dapat juga digabungkan untuk menjadi bagian dari drive partisi diperangkat komputasi kita. Sehingga, memungkinkan pengguna untuk melengkapi drive-drive dalam file explore menjadi satu dan lebih terperinci.
OneDrive hadir untuk perangkat berbasis Windows 8, 8.1 dan Windows Phone, Android, serta sistem operasi iOS. Aplikasi ini bekerja secara otomatis untuk langsung menyimpan file yang ada dalam sistemnya di “awan”. OneDrive juga mampu bekerja dengan aplikasi Microsoft Office. Sehingga file Word, Excel, PowerPoint dapat langsung disimpan ke dalamnya. Bahkan, jika kita menggunakan Office 365, selain otomatis dan bisa digunakan kapan saja, file yang tersimpan tersebut juga bisa di edit secara bersamaan.
Microsoft menyediakan penyimpanan gratis dengan kapasitas sebesar 15GB, dan sebesar 1TB (Terabyte) bagi pengguna aplikasi kantoran Office 365.

– Keunggulan
OneDrive bekerja baik dengan perangkat berbasis Windows, baik saat berjalan pada PC, tablet maupun Windows Phone. Sangat mudah untuk mengorganisir, maupun melakukan perubahan file saat bersamaan, baik dimanapun atau kapanpun. Bahkan, aplikasi ini juga akan tetap menemani kita sebagai drive tambahan, pada file sistem di perangkat komputasi kita.
– Kelemahan
Microsoft memiliki kode etik yang begitu erat, kita tidak akan bisa menyimpan file foto dengan adegan-adegan dewasa (pose tanpa busana). Dan sayangnya, untuk perangkat diluar basis Windows, kita tidak bisa menikmati beberapa fitur terbaru lainnya.

  1. Dropbox





Aplikasi satu ini menjadi yang paling favorit di dunia penyimpanan awan,karena kemudahan dan dalam pengaturan dan penggunaan sistemnya. Kita bisa mendapatkannya langsung dari situsnya, aplikasi dekstop untuk perangkat multiplatform. Bahkan, proses penyimpanan dalam versi dekstop pun sama mudahnya dengan memindahkan file yang ada dalam sistem komputasi. Kita cukup menyeretnya ke dalam aplikasi Dropbox, maka file akan langsung terkopi dan disimpan dengan baik di “awan”.

Menurut situs Cnet , Dropbox banyak disenangi penggunanya. Memiliki desain yang bersih dan ikon yang cukup bagus. Kita juga tidak dibatasi berapa besar file yang akan ditaruh dalam sistem penyimpanan ini.
Dropbox memberikan besaran kapasitas sebesar 2GB, sedangkan jika kita mengaktifkan fitur upload otomatis saat dipasang pada smartphone, maka akan ada penambahan menjadi 3GB. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan tambahan sebesar 250MB jika merekomendasikan teman teman untuk bergabung di dalamnya. Namun, jika kita membeli smartphone HTC maupun Samsung yang sudah ditawarkan secara pre-install ini, maka tentunya kita mendapatkan file tambahan seluas 48GB selama dua tahun.
– Keunggulan
Selain penggunaan dan pengaturan yang mudah, Dropbox juga bisa dikaitkan langsung ke dalam email. Kita juga bebas meng-upload dengan besaran file sebesar apapun, hanya yang dibutuhkan adalah koneksi internet yang cukup kencang saja untuk mempercepatnya. Mudah untuk diakses, karena tersedia dalam bentuk aplikasi maupun ada dalam situsnya langsung.
– Kelemahan
Kapasitas penyimpanannya sangat terbatas, kita hanya disediakan sebesar 2GB. Meskipun hal itu bisa disiasati, tetapi butuh cara yang rumit. Kita harus mengundang dan merekomendasikan/ mengajak orang lain untuk memiliki Dropbox juga.

  1. Google Drive


Sebelumnya nama Google Drive, perusahaan Internet raksaksa ini menamainya dengan Google Docs. Fitur yang tidak dimiliki para kompetitornya, adalah sebuah fitur untuk editing file kantoran, baik untuk mengolah kata dalam dokumen, membuat spreadsheet dalam excel maupun sedikit merombak file presentasi powerpoint yang ada.

Jika kita sudah memiliki akun Google, kita sudah bisa mengakses Google Drive dengan besaran kapasitas penyimpanan 15GB. Seperti layanan penyimpanan lainnya, Google Drive juga bisa dimanfaatkan untuk penyimpanan file dokumen, foto, video, file photoshop, musik atau apapun.
Seperti halnya Dropbox, kita tidak hanya bisa menggunakan Google Drive dalam bentuk aplikasi saja. Kita juga bisa memanfaatkannya lewat situsnya langsung. Aplikasi juga akan dapat melakukan sinkronisasi dengan otomatis, dan membuat sistem penyimpanan otomatis langsung ke sistem awannya dimana saja.
Untuk sistem penyimpanan dalam Google Drive, pengguna cukup melakukan drag and drop ke dalam sistem atau aplikasi yang terpasang. Atau melakukan pengaturan untuk menyimpan file secara otomatis, bahkan otomatis disini bisa langsung juga di sesuaikan dengan koneksi yang tersedia. Sehingga bisa lebih menjaga dan memanajemen kuota data internet pengguna.
– Keunggulan
Selain dapat melakukan penyimpanan, kita juga bisa melakukan editing file kantoran yang disertakan dalam fitur di dalamnya. Ada juga fitur auto-backup dalam aplikasi, sedangkan lainnya adalah sinkronisasi yang mudah dan kapasitas penyimpanan gratis yang besar.
– Kelemahan
Suatu hal yang wajib, bagi para penggunanya sebelum memperoleh Google Drive harus juga memiliki akun dalam Google. Sehingga, cukup merepotkan harus terlebih dahulu memiliki akun Gmail, sebelum memiliki pennyimpanan ini.
  1. Box


Box adalah file-sharing dan penyimpanan aplikasi ‘cloud’ gratis mirip dengan Dropbox, menawarkan beberapa fitur yang berguna dan antarmuka yang bersih yang sangat mudah dinavigasi. Bagi pengguna iOS, akan disediakan ruang penyimpanan sebesar 50GB gratis langsung saat mendaftar ke dalamnya.
Selain dapat menyimpan dokumen, kita juga bisa melakukan sharing file dengan memberikan komentar atau sedikit pemberitahuan kepada pengakses lainnya. Sedikit lebih canggih dari Google, oleh karena itu aplikasi ini banyak diminati oleh para pekerja IT dan pebisnis. Memiliki antarmuka yang sederhana dan pengaturan yang mudah.
Beberapa perintahnya menggunakan ikonik dalam bentuk tombol-tombol virtual dalam layar. Selain itu, Oprekers juga bisa untuk menggunakannya dalam modus offline, untuk sekedar melihat nama file atau menghapusnya. Layanan ini juga memberikan beberapa privasi penggunaan, seperti izin sharing file dengan menggunakan sandi atau menetapkan wkatu kadaluwarsa file atau folder yang ada.

Keunggulan
Memiliki tingkat keamanan yang baik dan berlapis. Dapat melakukan sharing file dengan menyertakan komentar sebelumnya. Dapat digunakan dalam modus offline, untuk sekedar melihat maupun menghapus file dalam folder. Memiliki kapasitas penyimpanan yang besar.

Kelemahan
Satu-satunya kelemahan adalah bahwa kita tidak dapat membuat grup kolaborasi di dalam aplikasi. Sehingga, pengaturannya harus dilakukan dalam situs BOX sebelumnya.

Selain empat layanan diatas masih terdapat layanan cloud storage yang lainnya seperti Copy, Amazon Cloud Drive, SugarSync dan Space Monkey namun layanan cloud storage tersebut kurang begitu populer.  Ingin menggunakan layanan cloud storage yang mana?? Semuanya kembali pada pilihan anda untuk memilih dan menentukan layanan Cloud Storage yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Selamat mencoba...

Sumber : Oprekandroid dan Carisinyal  

1 komentar :