Welcome to My Physic Web Blog. This Blog contains the evidences of my teaching learning activities. Some parts of The Blog are taken from various resources and some are constructed by me and the science team at my shcool. All materials are free to download for professional reason only. If you have any comment and suggestion, please feels free to email me at: neny.jos@gmail.com

Sabtu, Februari 01, 2014

Cara Mudah Membuat Digibook dengan Flip Book Maker #2

Masih seputar Digibook sebagai lanjutan posting sebelumnya ( baca Cara Mudah Membuat Digibook dengan Flip Book Maker #1 ), kali ini kita akan menggunakan aplikasi Flip Book Maker yang ga kalah handalnya untuk membuat Digibook yaitu Kvsoft Flip Book Maker. Kelebihan utama software ini dibanding dengan software Ncesoft Flip Book Maker pada posting #1 adalah tersedianya Table Of Contents yang bisa kita gunakan untuk membuat Daftar Isi dari Digibook kita sehingga memudahkan kita untuk merujuk pada halaman yang dikehendaki. Namun sayangnya file output nya tidak bisa dalam format swf flash... yang notabene relatif lebih aman dari antivirus. Maklum oleh Avast file output berkestensi EXE dari Kvsoft ini dianggap sebagai virus. Tapi jangan kawatir, pada saat publish anti virus tidak mendeteksi bahaya, hanya saja untuk menjalankannya sebaiknya anti virusnya didisable dulu. Atau kita bisa mempublish dalam format yang lain seperi misalnya format web (html) yang relatif lebih aman dari dugaan virus oelh Avast dan teman-temannya hehehe...

Untuk membuat digital book dengan Kvsoft Flip Book Maker pertama-tama kita download terlebih dahulu softwarenya lalu kita install di komputer. Jika belum memiliki software Kvsoft Flipbook Maker, silahkan download dengan mengklik DISINI.
Kemudian Import dokumen yang diijinkan untuk dimasukkan ke dalam Flipbook maker ini adalah format PDF, Video, Image, dan SWF. Jika kita memiliki dokumen bentuk “Doc” maka harus diubah atau dikonversi terlebih dahulu menjadi format “PDF”.

Langsung saja yaa, langkah-langkah membuat Digibook yang dapat kita lakukan adalah sebagai berikut :
1) Install dan buka software “Kvsoft Flipbook Maker” dengan cara klik kanan dan open.
Di bawah ini adalah tampilan dari Software “Kvsoft Flipbook Maker” :

3

2) Buka (open) dokumen format PDF untuk diimport ke dalam Kvsoft Flipbook maker. Lihat gambar di bawah ini!

4

3) Pilih “Auto” lalu klik OK.
5

4) Dokumen PDF terlihat sudah diimport ke dalam Flipbook melalui “Add File”. Urutkan halaman dokumen secara benar sesuai dengan apa yang diinginkan. Geser Page (halaman) PDF jika ingin memindahkannya dengan mendrag file tersebut dan tempatkan di posisi halaman yang diinginkan.

6

5) Klik “Page Edit”. Di dalam “Page Edit” terdapat 3 fasilitas yaitu element, clipart, dan effect.

7

6) Untuk fasilitas element terdiri dari add hyperlink, add text, add image, add hotspot, add swf, add video, add youtube dan add sound. Pilih sesuai dengan keinginan. Perhatikan “pointer” harus dipilih pada halaman berapa element ini akan disisipkan.

8

7) Fasilitas Page edit “Clipart” terdiri dari beberapa kategori yang berisi gambar animasi maupun gambar biasa. Adapun pilihan kategori tersebut adalah funny, animals, environments, festival, dan others. Lihat gambar di bawah ini!

9

8) Fasilitas Page Edit “Effect” terdiri dari beberapa effect yang dapat kita gunakan untuk memberikan effect seperti gelembung-gelembung udara, hujan air, hujan es, nada melodi dan lain-lain.

10

9) Klik “Design” untuk melakukan desain digital book yang akan dibuat. Kvsoft Flipbook maker memiliki berbagai macam pilihan design yang dapat kita pilih dengan tampilan yang luar biasa.

11

10) Klik “Advanced Setting” untuk melakukan settingan pada digital book yang akan dibuat. Perhatikan gambar di bawah ini!

12

11) Dalam “Advanced Setting” terdapat 2 fasilitas yaitu “Style dan Language”. “Style” memiliki beberapa macam pilihan settingan yang dapat digunakan agar digital book yang dibuat memiliki tampilan yang luar biasa.

13

12) Pilihan “Style” dapat dilihat dalam gambar di bawah ini, dimana terdiri dari : main settings, magazine, navigatorbar settings, botton setting, botton style, botton layout, preloader settings, table of contens, bookmarks, sound dan other settings. “Main setting” untuk menyetting judul (title), URL, Background dan lain-lain, “Sound” untuk memasukkan “suara atau lagu” dan seterusnya.

14

13) Klik “Language” untuk mensetting bahasa yang akan digunakan dalam digital book sesuai dengan apa yang diinginkan.

15

14) Mempublish digital book yang telah dibuat dengan mengklik “publish”. Ada 5 pilihan output publish yaitu format HTML, EXE, ZIP, APP dan ScreenSaver. Pilih output publish yang diinginkan lalu klik “Start”. Perhatikan gambar di bawah ini!

16

15) Publish berhasil jika muncul gambar seperti di bawah ini.

17

16) Simpan project pembuatan digital book yang telah dibuat di komputer sehingga sewaktu-waktu dapat di buka kembali. Perhatikan Menu “File” pada sisi kanan atas, terdapat pilihan new, open, save, save as, save as theme dan exit. Pilih “Save As” untuk menyimpan project, lalu berikan nama project  dan simpan di tempat yang diinginkan.

18


Bagaimana, mudah bukan? selamat mencoba dech...


Sumber : Pak Sukani



Tidak ada komentar :

Poskan Komentar