Welcome to My Physic Web Blog. This Blog contains the evidences of my teaching learning activities. Some parts of The Blog are taken from various resources and some are constructed by me and the science team at my shcool. All materials are free to download for professional reason only. If you have any comment and suggestion, please feels free to email me at: neny.jos@gmail.com

Jumat, Januari 17, 2014

Pembelajaran berbasis Perangkat Mobile "Mobile Leraning"

 Mobile Learning Pembelajaran seperti apakah itu? ada yang sudah tahu belum? bila belum, mari kita simak artikel berikut ini hasil himpunan penulis dari beberapa sumber...

    Pembelajaran mobile (m-learning) mengacu pada penggunaan perangkat mobile dan handheld TI, seperti Personal Digital Assistant (PDA), telepon seluler, laptop dan teknologi tablet PC, dalam pengajaran dan pembelajaran.
     Sebagai komputer dan internet menjadi alat pendidikan penting, teknologi menjadi lebih portable, terjangkau, efektif dan mudah digunakan. Ini menyediakan banyak kesempatan untuk memperluas partisipasi dan akses TIK, terutama internet. Perangkat mobile seperti ponsel dan PDA jauh lebih cukup murah daripada komputer desktop, sehingga merupakan metode yang lebih murah dari mengakses internet (meskipun biaya koneksi dapat lebih tinggi). Pengenalan PC tablet sekarang memungkinkan akses mobile internet dengan sama, jika tidak lebih, fungsi dari komputer desktop.
   Mobile Learning, atau M-Learning, memiliki arti yang berbeda untuk pengguna yang berbeda. Mobile belajar adalah bagian dari e-learning, yang sendiri merupakan bagian dari pendidikan, dan memiliki fokus yang berbeda pada pembelajaran melalui penggunaan perangkat yang dapat mudah dibawa.
   M Istilah-Learning, atau "pembelajaran bergerak", memiliki arti yang berbeda untuk komunitas yang berbeda. Meski terkait dengan e-learning dan pendidikan jarak jauh, itu berbeda dalam fokus pada pembelajaran seluruh konteks dan pembelajaran dengan perangkat mobile. Salah satu definisi pembelajaran mobile: Setiap jenis pembelajaran yang terjadi ketika pelajar tersebut tidak di lokasi, tetap ditentukan, atau pembelajaran yang terjadi ketika pelajar mengambil keuntungan dari kesempatan belajar yang ditawarkan oleh teknologi mobile. Dengan kata lain mobile learning mengurangi keterbatasan lokasi belajar dengan mobilitas perangkat portable umum.
    Istilah ini meliputi: pembelajaran dengan teknologi portabel termasuk tetapi tidak terbatas pada komputer genggam, MP3 player, notebook dan ponsel. M-learning berfokus pada mobilitas pelajar, berinteraksi dengan teknologi portabel, dan pembelajaran yang mencerminkan fokus pada bagaimana masyarakat dan lembaga-lembaga yang dapat menampung dan mendukung populasi semakin mobile.
     M-learning nyaman di yang dapat diakses dari mana saja. M-Learning, seperti bentuk lain dari E-learning, juga kolaboratif; berbagi hampir seketika di antara semua orang menggunakan konten yang sama, yang mengarah ke penerimaan umpan balik instan dan tips. M-Learning juga membawa portabilitas yang kuat dengan mengganti buku dan catatan dengan RAM kecil, penuh dengan isi pembelajaran disesuaikan. Selain itu, sederhana untuk memanfaatkan pembelajaran bergerak untuk pengalaman yang lebih efektif dan menghibur.
Mengapa menggunakan ponsel/Mobile untuk belajar?
   Kebanyakan perangkat mobile berguna dalam bidang pendidikan sebagai administrasi, organisasi dan alat peraga bagi para praktisi, serta sebagai pembelajaran alat dukungan untuk pelajar. Berikut adalah beberapa manfaat utama yang:
  • Pelajar dapat berinteraksi satu sama lain dan dengan praktisi, bukan bersembunyi terus di balik monitor.
  • Ini jauh lebih mudah mengakomodasi beberapa perangkat selular di dalam kelas daripada beberapa komputer desktop.
  • PDA atau tablet PC mengadakan catatan dan e-book lebih ringan dan kurang besar dibandingkan tas penuh file, makalah dan buku teks, atau bahkan laptop.
  • Tulisan Tangan dengan stylus pen lebih intuitif  daripada menggunakan keyboard dan mouse.
  • Ini mungkin memudahkan untuk berbagi tugas  dan bekerja sama antar pelajar dan para praktisi mengirim e-email, cut, copy dan menyisipkan teks, melewati perangkat sekitar grup, kerja sama lain menggunakan fungsi inframerah dari PDA atau network nirkabel seperti Bluetooth.
  • Perangkat Mobile dapat digunakan di mana saja, kapan saja, termasuk di rumah, pada kereta, di hotel  ini sangat berharga bagi pelatihan kerja berbasis.
  • Perangkat ini melibatkan pembelajar - orang muda yang mungkin telah kehilangan minat pendidikan  seperti ponsel, gadget dan perangkat permainan seperti Nintendo DS atau PlayStation Portable.
  • Teknologi ini dapat berkontribusi untuk memerangi kesenjangan digital, sebagai peralatan ini (untuk PDA misalnya) umumnya lebih murah daripada komputer desktop. 
Mobile Learning Individu
  • Original kerja kursus: biasanya dalam beberapa kombinasi teks, audio, dan komponen visual. Mungkin termasuk membaca e-buku atau mendengarkan buku audio, mendengarkan ceramah, menonton demonstrasi, meninjau tugas.
  • Skill praktek: menulis draft kertas, pencatatan berlatih oral segala sesuatu dari praktek kosa kata untuk pidato.
  • Riset: menggunakan akses internet untuk menemukan konten sumber.
  • Isi capture: membuat catatan, rekaman audio / visual.
Peer-to-Peer atau Peer-to-Instruktur Mobile Learning
  • Posting pertanyaan atau produk kerja di situs web bersama, mengirim file ke rekan-rekan atau instruktur.
  • Mengirim email, IM, teks untuk rekan-rekan atau instruktur untuk mendapatkan jawaban cepat untuk pertanyaan, memeriksa tugas, mengatur pertemuan.
Group Sharing Mobile Learning
  • Dengan menggunakan situs jaringan sosial / bersama website untuk berkolaborasi dengan orang lain dimanapun.
Namun, Anda juga mungkin perlu mempertimbangkan potensi kerugian berikut:
  • Layar ponsel dan PDA Kecil membatasi jumlah dan tipe informasi yang dapat ditampilkan.
  • Ada Kapasitas penyimpanan terbatas untuk ponsel dan PDA.
  • Baterai harus dibebankan secara teratur, serta data dapat hilang jika ini dilakukan dengan benar tidak.
  • Mereka dapat jauh lebih kokoh dari desktop (walaupun PC tablet mulai mengatasi masalah ini).
  • Sulit untuk menggunakan grafis bergerak, terutama dengan telepon seluler, meskipun akhirnya 3G dan 4G akan memungkinkan ini.
  • Ponsel/Mobile pasar yang bergerak cepat, terutama untuk ponsel, sehingga perangkat dapat menjadi usang sangat cepat.
  • Bandwidth dapat menurunkan dengan sejumlah besar pengguna ketika menggunakan jaringan selular.
   Mobile Learning mungkin akan sangat berguna sebagai suplemen dengan TIK, pembelajaran online dan banyak lagi metode belajar tradisional dan bisa berbuat banyak untuk memperkaya pengalaman belajar. Hal ini secara luas diyakini bahwa pembelajaran mobile dapat menjadi faktor besar dalam mendapatkan puas orang dewasa muda untuk melakukan pembelajaran, di mana metode yang lebih tradisional telah gagal. Sebagai ponsel menggabungkan fungsi PDA dengan kamera, video dan MP3 player, tablet dan menggabungkan portabilitas PDA dengan fungsi desktop, dunia belajar menjadi lebih mobile, lebih fleksibel dan lebih menarik.
Nah gimana? berminat mencoba atau mengembangkan?
Postingan ini dari dua sumber lengkap berbeda untuk versi aslinya silahkan akses :
Sumber Lengkap 1
Sumber Lengkap 2
Sumber en.Wikipedia
dan untuk referensi tambahkan silahkan klik link ini untuk ke mengakses artikel Enabling Mobile Learning 


Sumber : Gapura Pangarti

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar