Welcome to My Physic Web Blog. This Blog contains the evidences of my teaching learning activities. Some parts of The Blog are taken from various resources and some are constructed by me and the science team at my shcool. All materials are free to download for professional reason only. If you have any comment and suggestion, please feels free to email me at: neny.jos@gmail.com

Minggu, Juni 23, 2013

PEMBELAJARAN MULTIMEDIA BERBASIS ARTICULATE

A.    Sekilas tentang Ariculate
Dari sekian banyak program authoring tools, articulate merupakan software Mix Programming Tools yang dapat membantu para designer pembelajaran dari tingkat pemula hingga tingkat expert. Program articulate memiliki kelebihan yaitu smart brainware yang sederhana dengan prosedur tutorial interaktif melalui template yang dapat dipublish secara offline maupun online sehingga memudahkan user memformatnya dalam bentuk web personal, CD, word processing, dan learning Management System (LMS).
Program articule terdiri atas articulate engage, articulate quizmaker, articulate presenter, dan articulate movemaker. Keempat articulate ini memiliki fungsi yang berbeda satu sama lain, tetapi ditujukan untuk membangun sebuah program interaktif secara terintegrasi, ketika keempat product articulate masing-masing telah dipublish oleh programer. Programer dalam hal ini bisa siapa saja yaitu dosen, guru, maupun profesional, dapat melakukan hosting sendiri produk articulatenya ke alamat https://articulate.online.com. File dalam bentuk program articulate yang telah dipublish dapat diakses semua dengan syarat ia harus memiliki login dan pasword sesuai denganyang diminta oleh admin dari pengelola articulate onling.
Program articulate yang telah dinstal dalam komputer Anda, jika instalasi mengikuti prosedur yang benar, keberadaan articulate dalam komputer anda akan terintegrasi dengan kelompok aplikasi microsoft office, yaitu microsoft power point. Pada menu fulldown akan terlihat aplikasi articulate.Sehingga memudahkan dalam membangun program pembelajaran multmedia, khususnya bagi pemula.

B.     Mengenal Fitur-Fitur Program Articulate
Berdasarkan penejelasan diatas articulate memiliki program yang berbeda satu dengan yang lainnya dalam proses pemanfaatanya, keempat program itu antaranya:
ARTICULATE ENGAGE


 Program ini merupakan program articulate yang paling mudah dipelajari. Program pembelajaran yang dibangun dengan articulate engage ini bersifat tutorial, artinya bahwa pembelajaran bisa secara lengkap menyajikan prosedur pembelajaran yang cukup menarik, sederhana, dam menantang interaktif peserta didik dengan program yang anda bangun. Berikut adalah contoh window tampilan articulate engage.
Program ini digunakan untuk membuat program presentasi materi pembelajaran berupa model tutorial. Program ini dapat digunakan untuk mengembankan beberapa logika atau alur pembelajaran mulai dari yangbertipe linear hinga branching. Program ini juga terintegrasi dengan program articulate lainnya lainnya ketika proses penginstalan dilakukan dengan benar dan bisa dibuka melalui program aplikasi power point.
Berikut salah satu tahapan dalam mengembangkan program pembelajaran berbasis articulate engage.

Pada tahap selanjutnya akan tampil pilihan model interaksi sebagai mana terlihat pada gambar berikut:

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar