Edmodo, sosial networking untuk guru dan siswa



edmodo

Pembelajaran virtual bisa juga dilaksanakan secara asynchronous dan gratis (di luar biaya koneksi internet. Salah satu website yang cukup banyak memiliki fitur untuk mendukung pembelajaran adalah Edmodo.   (www.edmodo.com)
Edmodo biasanya digambarkan sebagai Twitter untuk siswa dan guru. Dalam kenyataannya karena pada dasarnya Edmodo memberikan  sebuah layanan micro-blogging untuk sekolah dengan built-in fitur keamanan yang memberikan kontrol atas privasi guru di kelas virtual mereka.
Salah satu fitur bagus adalah bahwa siswa bahkan tidak perlu alamat email untuk bergabung dengan kelas. Hal yang mereka butuhkan adalah kode sign up khusus yangdibuat oleh guru ketika mereka membuat lingkungan belajar virtual. Jika seorang siswa sudah bergabung di kelas lain dalam Edmodo maka mereka dapat log in seperti biasa dengan kelas baru mereka yang ditugaskan untuk mereka. Edmodo juga menyediakan beberapa fitur untuk mendukung e-learning seperti penugasan, kuis dan penilaian.
Edmodo menyediakan alat-alat media sosial untuk guru dan siswa, memungkinkan mereka untuk berbagi catatan, link, dan file dalam cara modern. Guru jugamemiliki kemampuan untuk mengirimkan peringatan kepada siswa tentang kegiatan dan tugas. Mereka juga akan memiliki pilihan untuk mengirim item ke timeline publik . Hal yang berguna juga adalah kalender yang bisa membuat semua orang mengetahui tentang ujian yang akan datang dan acara lainnya dan kegiatan khusus.

Berikut sekrincut edmodo :
 
Interface untuk Guru
Interface untuk Siswa
Interface untuk Orang Tua Siwa

Silahkan dicoba, its free. Why not.
Sumber :  Bianbiun dan Syamsul Hadi 

Komentar