1. Pengertian
Modul
a. Suatu unit bahan yang dirancang secara
khusus sehingga dipelajarai oleh pelajar secara mandiri.
b. Merupakan program pembelajaran yang utuh,
disusun secara sistematis, mengacu pada tujuan pembelajaran yang jelas dan
terukur.
c. Memuat tujuan pembelajaran, bahan dan kegiatan
untuk mencapai tujuan serta evaluasi terhadap pencapaian tujuan pembelajaran.
d. Biasanya digunakan sebagai bahan belajar mandiri
.
2. Komponen Modul
a.
Modul untuk siswa, berisi kegiatan belajar yang
dilakukan siswa.
b.
Modul Untuk Guru, berisi petunjuk guru, tes akhir modul, dan
kunci jawaban tes akhir modul.
3. Karakteristik
Modul
a. Dirancang untuk sistem pembelajaran mandiri.
b. Program pembelajaran yang utuh dan sistematis.
c. Mengandung tujuan, bahan/kegiatan dan evaluasi.
d. Disajikan secara komunikatif, dua arah.
e. Diupayakan agar dapat mengganti beberapa peran
pengajar.
f.
Cakupan bahasan
terfokus dan terukur.
g. Mementingkan aktifitas belajar pemakai.
4. Struktur Modul
a. Pendahuluan
Pendahuluan
setidaknya memuat lima elemen, yaitu
1) Tujuan
2) Pengenalan
terhadap topik yang akan dipelajari
3) Informasi
tentang pelajaran
4) Hasil
Belajar
5) Orientasi
b.
Kegiatan Belajar
Struktur Kegiatan Belajar meliputi
Kegiatan Belajar
I: Judul
1) Tujuan
2) Materi Pokok
3) Uraian materi, berisi penjelasan, contoh, ilustrasi,
aktivitas, tugas/latihan, rangkuman
4) Tes Mandiri 1
Kegiatan Belajar 2 : Judul, struktur seperti
Kegiatan Belajar I.
Bentuk Aktivitas
Belajar, antara lain:
1) Aktivitas Mental/Pikiran (aktivitas yang
bersifat memotivasi untuk berfikir)
Contoh:
Penyaringan
digunakan untuk memisahkan campuran heterogen yang terdiri dari zat padat
dengan zat cair pelarutnya. Misalnya jika ingin membersihkan air keruh. Di
laboratorium ada kertas saring … (dan seterusnya). Coba Anda pikirkan apakah
larutan gula dalam air dapat dipisahkan dengan cara penyaringan? Berikan alasan
Anda.
2) Aktivitas Membaca/Menulis (aktivitas yang
bersifat memotivasi untuk mau membaca dan menjawab pertanyaan secara tertulis).
Contoh:
…………..…………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………… (uraian materi)
Dari
beberapa definisi yang telah dipelajari, cobalah Anda rumuskan definisi gerak
dalam fisika! Tulislah
jawaban Anda pada titik-titik di bawah ini !
………………………………………………………………………………………………….
3) Aktivitas Melakukan Tindakan Lain (aktivitas
yang bersifat memotivasi untuk melakukan kegiatan, penelitian, praktikum,
observasi, demonstrasi, tugas pekerjaan rumah). Contoh aktivitas ini berupa
tugas melakukan pekerjaan dan praktikum.
c.
Penutup
1)
Salam, Rangkuman, aplikasi, tindak lanjut, kaitan dengan modul
berikutnya
2)
Daftar Kata Penting
3)
Daftar Pustaka
4)
Kunci Tes Mandiri
Modul yang baik
baik ditentukan berdasarkan:
a) kecermatannya (accuracy);
b) ketepatannya (matching);
c) kecukupannya (sufficiency);
d) keterbacaannya (readability);
e) bahasanya (fluency);
f)
illustrasinya (attractiveness);
g) perwajahannya (impression).
5. Bahasa
dalam modul
1)
Gunakan bahasa percakapan, bersahabat, komunikatif
2)
Buat bahasa lisan dalam bentuk tulisan
3)
Gunakan sapaan akrab yang menyentuh secara pribadi ( Kata ganti )
4)
Pilih kalimat sederhana, pendek, tidak beranak cucu
5)
Hindari istilah yang sangat asing dan terlalu teknis
6) Hindari kalimat pasif dan negatif ganda
7) Gunakan pertanyaan retorik
8) Sesekali bisa digunakan kalimat santai, humor,
ngetrend
9) Gunakan bantuan ilustrasi untuk informasi yang
abstrak
10) Berikan ungkapan pujian, memotivasi
11) Ciptakan kesan modul sebagai bahan belajar yang
hidup
6. Penyajian Materi dalam Modul
Materi disajikan secara naratif,
deskriptif, argumentatif, dan Illustratif. Beberapa kiat lain terkait penyajian
materi ini adalah sebagai berikut.
a. Gunakan Pertanyaan Retorik
Contoh:
Apakah Anda pernah
mendengar penyakit diabetes? Atau barangkali keluarga Anda ada yang menderita
diabetes? Apa sebenarnya diabetes itu? Ya, diabetes sebenarnya bukan penyakit,
diabetes adalah … .
Apakah Anda pernah
mendengar istilah gerak? Apakah pengertian gerak dalam fisika berbeda dengan
pengertian fisika dalam kehidupan sehari-hari? Apa yang terjadi jika di dunia
ini tidak ada gerak? Apa sebenarnya gerak dalam fisika itu? Ya, pengertian
gerak dalam fisika berbeda dengan gerak dalam kehidupan sehari-hari. Dalam
fisika benda dikatakan bergerak jika ...
b. Hindari ancaman
ü Jika nilai tes akhir modul Anda masih kurang dari 60 jangan berkecil
hati, cobalah membaca sekali lagi
ü Jika Anda telah memahami modul ini, silakan melanjutkan mempelajari
modul berikutnya….
ü Usahakan tidak melihat kunci jawaban sebelum selesai mengerjakan soal
….
c. Berbicara dengan pembaca
ü Melalui modul ini Anda akan mempelajari tentang ... .
ü Setelah selesai mempelajari modul ini Anda diharapkan dapat … .
ü Untuk lebih jelasnya, perhatikan beberapa contoh berikut … .
ü Sebagai seorang siswa, kita seharusnya selalu siap mengerjakan tugas
yang diberikan guru … .
d. Gunakan kata ganti orang
Pada bagian
sebelumnya, Anda telah mempelajari pengertian gaya. Selanjutnya, pada
bagian ini kita akan membahas tentang….
e. Hindari Kalimat Negatif Ganda
Contoh kalimat
negatif ganda:
Jika kamu sudah
memahami tentang konsep gaya, tak mungkin kamu tidak bisa mengerjakan soal
tentang konsep gaya.
Kalimat di atas
bisa diperbaiki menjadi:
Jika kamu sudah memahami tentang konsep gaya, kamu pasti bisa
mengerjakan soal tentang konsep gaya.
f. Kalimat Aktif Lebih Dianjurkan
Contoh:
Daripada menggunaan kalimat: Materi gaya ini pernah dibahas
pada waktu kelas VIII. Apakah materi ini masih diingat? dianjurkan: Kita pernah membahas materi gaya ini pada waktu
kelas VIII. Kamu masih ingat, bukan ?
g. Lihatlah Perasaan Pembaca
Contoh:
Sebenarnya IPA itu
mudah. Tapi, mengapa banyak siswa yang mengatakan IPA itu sukar ? Mungkin
Anda termasuk siswa yang ingin belajar
IPA terasa mudah. Jika demikian, Anda perlu mencoba tips belajar IPA menjadi
mudah berikut ini !
Sumber : Forum Guru Nusantara
Komentar
Posting Komentar