Welcome to My Physic Web Blog. This Blog contains the evidences of my teaching learning activities. Some parts of The Blog are taken from various resources and some are constructed by me and the science team at my shcool. All materials are free to download for professional reason only. If you have any comment and suggestion, please feels free to email me at: neny.jos@gmail.com

Sabtu, Maret 17, 2012

Mind Map Untuk Pembelajaran

Peranan Pendidik dan guru termasuk semua yang terlibat dalam proses belajar mengajar sangatlah penting dan utama. Seorang guru bisa membuat siswa siswa atau anak didiknya bersemangat, demikian pula banyak yang sebaliknya, membuat anak didiknya tidak bersemangat. Itu semua dikarenakan guru/pendidiklah yang memegang kendali atas kelas kelas yang diajarnya.

Sebagai besar pendidik/guru tidak mempunyai cukup waktu untuk mempersiapkan segala sesuatunya dalam rangka pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Disinilah kami akan memperkenalkan kepada para Pendidik dan Pengajar, terhadap suatu alat yang efesien yang bisa dipakai dalam proses pembelajaran, dari mulai persiapan, RPP, proses pembelajaran baik Siswa maupun Pendidik, juga dalam evaluasi serta perbaikan perbaikan yang diperlukan. Alat tersebut adalah Mind Mapping!

Dengan Mind Mapping kita bisa meningkatkan dan mengefesienkan dalam Perencanaan Kelas, RPP, Pelaksanaan Pengajaran dan evaluasi serta perbaikan dengan waktu yang lebih efesien dan hasil yang efektif.

Temukan bagaiman Mind Map sebagai "tool" dapat :
  • Meningkatkan ingatan dan konsentrasi
  • Membantu dalam meraih nilai cemerlang dalam ujian sekolah
  • Membantu dalam mengingat fakta, angka dan rumus dengan mudah
  • Membantu merencanakan jawaban ujian dengan tenang selama ujian berlangsung

Tren belajar yang jelas sekali terlihat di Indonesia adalah :
  • Tuntutan dalam lingkungan belajar yang mengharuskan anak untuk meraih nilai baik tanpa memberikan solusi bagaimana cara meraihnya.
  • Tingkat kelulusan yang tinggi menjadi momok yang menakutkan bagi para pelajar.
    Ini tidak cukup hanya semata mata melakukan tugas pekerjaan sekolah, tetapi juga untuk memajukan daya pikir anak dalam mengembangkan pikiran agar menjadi lebih kreatif, efektif dan produktif
  • Agar efektif dalam peranan sebagai anak/murid ,dan para guru/pengajar perlu meningkatkan pengetahuan tentang bidang terkait dan tren dengan belajar dan mengkonsumsi informasi lebih dari yang biasa untuk dapat dengan mudah mencerna

Hal ini dapat menimbulkan ketimpangan bahkan stres, dan kita memerlukan tool atau alat yang dapat membantu kita mengatasi dan memperlancar target diatas. Mind Map adalah salah satu tool yang sangat efektif dan efesien untuk menaingkatkan prestasi siswa di sekolah, membantu para guru untuk memberikan pengajaran yang mudah dicerna serta membantu para orang tua dalam memberikan pengarahan kepada anak.

Inilah Mind Map sebuah solusi untuk membantu pengajar dan siswa melakukan hal-hal lebih cepat dan lebih mudah, menyalakan kemampuan berpikir dan meningkatkan mutu akademis.

Mind Map ini ditujukan untuk pelajar, guru/pengajar, orang tua, profesional, eksekutif muda dan siapapun yang ingin meningkatkan kemampuan kreatifitas dan kinerja mereka, dan yang ingin berhasil dalam belajar maupun mengajar.

Manfaat dari Mind Map ini :
  • Persiapan kelas
Dengan menggunakan Mind Mapping atau iMindMap, kita bisa membuat perencanaan (RPP) kelas dengan lebih baik dan terorganisir serta lebih mudah. Kita bisa menampilkan berbagai hal hanya dalam satu lembar. Dan dengan iMindMap bahkan kita bisa menampilkan link ataupun gambar, file serta kaitan lain hanya dengan 1 x klik!
  • Proses pengajaran
Mind Map memicu berpikir asosiatif dan membantu Anda mengembangkan ide-ide yang mungkin belum jelas awalnya.
Mind Map bila digunakan dalam kelompok-kelompok, dengan mudah mendapatkan ide-ide semua orang, terutama mereka yang mungkin enggan untuk menyuarakan pendapat mereka didepan umum.
  • Perencanaan kurikulum/kegiatan
Pada saat ini kurikulum/kegiatan dalam pengajar sangatlah penting. Dengan Mind Mapping kita bisa menggorganisasikan perencanaan Kurikulum maupun Kegiatan belajar kita lebih mudah dan terorganisir. Bahkan kita bisa melihatnya hanya dalam 1 lembar saja. Dengan iMindmap kita bisa menyimpan dan menampilkan kapan saja kita perlu. Ini akan membawa kemudahan dan fokus pada apa apa yang telah kita rencanakan bahkan untuk 1 tahun kedepan.
  • Pembuatan rangkuman modul/buku
Mind Mapping sangat bagus sekali untuk membuat Rangkuman Buku atau Modul belajar. Berbeda dengan Peta Konsep, yang hanya memuat Pokok atau Sub Pokok secara global saja, Mind Mapping bisa membuat Rangkuman sangat detil dan mendalam dengan pemahaman yang terbaik. Kita bisa menampilkan ilustrasi, symbol, rumus dan lain sebagainya dengan lebih mudah dan efesien.
  • Diskusi dan menggali ide
Sebagai contoh di sekolah SD Cambridge Primary telah menerapkan Mind Mapping sebagai alat untuk berdiskusi dan menggali ide baik untuk Pendidik itu sendiri maupun siswa. Dengan Mind Map ataupun iMindmap, diskusi dan menggali Ide sangatlah mudah dan menarik. Disini akan sangat terlihat Mindmap merupakan alat yang berdaya guna untuk mengumpulkan hasil diskusi dan ide, yang gampang dan luar biasa.
  • Penilaian siswa
Sangatlah penting bagi Pendidik untuk melakukan penilaian/asesmen terhadap anak didiknya. Dengan mind map atau iMindmap, guru akan dengan mudah membuat penilaian terhadap prestasi siswanya hanya dengan 1 lembar kertas, bahkan bisa tanpa kehilangan informasi sebelumnya. Ini sangat efektif dan akurat.
  • Sebagai alat siswa untuk belajar
Kita bisa meminta anak untuk memakai Mindmapping atau iMindmap sebagai alat yang berdaya guna untuk belajar. Mulai dari :
1. Membuat ringkasan
2. Mengulang pelajaran
3. Membuat tulisan/karangan/karya ilmiah
4. Mempersiapkan presentasi atau pidato
5. Mengumpulkan ide
6. Mempersiapkan ulangan/ujian
7. dan lain sebagainya

Dengan siswa mempergunakan Mindmap, maka kita bisa menselaraskan semua pembelajaran siswa, terutama untuk anak/siswa yang dominan Otak Kiri maupun yang dominan Otak Kanan. Siswa suka, pendidik suka, inilah yang kita harapkan. Pembelajaran menjadi lebih mudah dan meyenangkan bagi pendidik itu sendiri dan juga bagi siswa/anak didik.


Tidak ada komentar :

Poskan Komentar