Merancang Mind Mapping Untuk Pembelajaran

Membuat Mind Mapping dalam pembelajaran dapat kita lakukan dengan bantuan program yang sudah MamGuru review dalam posting sebelumnya, namun ada baiknya kita membuat draft Mind Mapping tersebut sebelum kita tuangkan dengan kreasi dengan menggunakan program Mind Mapping yang paling populer seperti ImindMap. Berikut review cara membuat Draf Mind Mapping dari Bunda Yati :
Mind Mapping ( Pemetaan Pikiran ) merupakan suatu metode pembelajaran untuk memaksimalkan potensi pikiran manusia dengan menggunakan otak kanan dan otak kiri secara simultan . Metode ini diperkenalkan oleh Tony Buzan pada tahun 1974, seorang ahli pengembangan potensi manusia dari Inggris.

Mind Mapping ( Pemetaan Pikiran ) digambarkan dengan diagram yang menggunakan kata kunci bebas, simbol, gambar, yang dilukiskan secara kesatuan di sekitar tema/ judul, seperti pohon dengan ranting, dan daun- daunnya.

Langkah- langkah pembuatan :
1. Pusat        :
Mulai dari tengah- tengah yang merupakan Topik/ Tema/ Bab/ Judul dari materi pelajaran dengan menggunakan gambar
2. Kategori   :
Merupakan pengelompokan dari “ Pusat “ yang dapat berupa Sub Judul/ Sub Bab dari materi pelajaran. Untuk setiap kategori/ sub judul/ sub bab gunakan gambar, symbol dan warna yang berbeda. Hal ini bertujuan/ menunjukkan bahwa kategori tersebut masih dalam satu konsep. 
               
3. Hirarki     :  
Merupakan urutan informasi yang ada di dalam setiap kategori dalam bentuk kata kunci bukan berbentuk kalimat.
4. Korelasi    :  
Merupakan hubungan antar kategori dan atau hirarki yang menunjukkan keterkaitan antar informasi.

Tiap kata/gambar harus sendiri dan mempunyai garis sendiri. Garis-garis itu saling dikaitkan, mulai dari tengah yaitu gambar Tema Utama/ Judul sampai hirarki- hirarki. Garis bagian tengah tebal, organis, dan mengalir dari pusat keluar, menjulur seperti akar, atau pancaran cahaya. Buat garis sama panjangnya dengan gambar/kata.
Kembangkan gaya penuturan, penekanan tertentu, dan penampilan khas di Mind Mapping yang dibuat. Jadi Mind mapping setiap orang tidak harus sama, meskipun tema yang dibahas sama. Biarkan peta pikiran itu jelas, menggunakan hirarki yang runtun, urutan yang jelas dengan jangkauan sampai ke cabang-cabang paling ujung dengan cara yang lebih bebas, dengan warna-warni, dan gambar.
Contoh mind mapping hasil karya siswa :



Komentar