Membuat Mind Mapping dengan 6 Langkah Sederhana Untuk Anak Anda

Mengajarkan anak Anda membuat mind map (peta pikiran) bukanlah sesuatu yang sulit. Dalam contoh berikut saya membuat tutorial mind map sederhana yang bisa diikuti oleh anak-anak tentang liburan keluarga.
Untuk tulisan lengkap tentang apa itu mind map dan mengapa mind map lebih unggul dibanding cara mencatat lainnya, silakan simak posting berikut.
Dalam tutorial sederhana ini, kita akan membuat catatan tentang liburan keluarga. Untuk itu persiapkan kertas HVS kosong ukuran A4 dan pensil  atau spidol berwarna. Ajak anak Anda untuk membuatnya bersama-sama.

1. Buat Judul

Langkah pertama buatlah judul di tengah-tengah catatan yang hendak kita buat. Gunakan warna yang disukai anak Anda. Dalam contoh ini saya membuat judul “Liburan Keluarga” berwarna merah kemudian member bingkai di sekeliling judul. Anda juga bisa mengajak anak Anda untuk memberi gambar pada judul.
mind-map-anak-1

2. Buat Cabang-Cabang Utama

Selanjutnya, ajak anak Anda untuk berimajinasi hal apa saja yang terkait dengan liburan keluarga kita?
  • Apa aktivitas yang mau dilakukan?
  • Apa saja perlengkapan yang perlu dipersiapkan?
  • Siapa saja yang akan diajak ikut serta?
  • Ke mana saja tujuan perjalanan liburan kali ini?
Dalam contoh berikut, kita membuat 4 cabang utama yang terdiri dari: aktivitas, perlengkapan, orang, dan jalan-jalan. Setiap cabang sebaiknya menggunakan warna yang berbeda-beda untuk memudahkan asosiasi. Setiap cabang karena merupakan cabang utama juga dibuat tebal.
mind-map-anak-2

3. Mengembangkan Cabang “Aktivitas”

Ketika membahas cabang pertama, apa saja aktivitas yang hendak dilakukan, ajaklah anak Anda untuk berpikir dan berimajinasi. Bisa jadi mereka akan menyampaikan berbagai aktivitas menarik seperti:berkuda, berenang, belanja dan bermain bola.
Jangan lupa untuk setiap aktivitas tambahkan gambar atau ilustrasi untuk memudahkan asosiasi terhadap setiap cabang aktivitas tadi.
mind-map-anak-3

4. Mengembangkan Cabang “Perlengkapan”

Setelah selesai dengan aktivitas, sekarang minta anak Anda untuk menyebutkan perlengkapan apa saja yang perlu dibawa untuk liburan keluarga kita?
Mereka mungkin menyebutkan berbagai perlengkapan seperti sepatu, kaos, pakaian renang, sandal, topi dan perlengkapan lainnya.
Buat cabang-cabang dari perlengkapan menggunakan warna yang sama dengan cabang utamanya. Jangan lupa memberikan gambar untuk membuat catatan ini lebih menarik sekaligus mudah diingat.
mind-map-anak-4

5. Mengembangkan Cabang “Orang”

Setelah itu, kita berpindah ke cabang berikutnya yakni siapa saja orang-orang yang ingin diajak ikut serta dalam liburan?
Minta anak Anda menyebutkan siapa saja yang ingin mereka ajak.
Mereka mungkin menyebut ayah, ibu, paman, sepupu atau teman-temannya. Untuk setiap orang yang diajak ikut serta buat masing-masing cabang dan tuliskan siapa saja mereka. Jangan lupa menambahkan gambar.
mind-map-anak-5

6. Mengembangkan Cabang “Jalan-Jalan”

Pada cabang terakhir, mintalah anak Anda untuk menyebutkan ke mana saja mereka ingin pergi selama liburan. Apakah itu ke pantai, ke mall, taman, atau water park.
Untuk masing-masing tujuan, buat cabang dan tambahkan gambar yang menjadi asosiasi dari masing-masing tujuan tadi.
mind-map-anak-6

Demikianlah catatan mind map sederhana yang bisa Anda buat bersama putra-putri tercinta.
Cukup mudah bukan?
Dengan membuat catatan seperti ini, anak Anda akan berlatih berpikir secara radial sekaligus bisa melihat sebuah persoalan secara keseluruhan.
Semakin sering digunakan maka proses pembuatannya akan menjadi lebih mudah dan natural.
Anda juga bisa melihat demonstrasi langsung membuat sebuah mind map secara lengkap dari awal sampai akhir.
Selamat mencoba bersama putra-putri Anda.


Sumber : MuhammadNoer

Komentar

  1. Nice artikel.
    Ijin buat pakai gambarnya buat soal tebak gambar di website kami, akan kami sertakan alamat blog ini sebagai sumbernya di jawaban.

    Terima kasih

    BalasHapus

Posting Komentar