Welcome to My Physic Web Blog. This Blog contains the evidences of my teaching learning activities. Some parts of The Blog are taken from various resources and some are constructed by me and the science team at my shcool. All materials are free to download for professional reason only. If you have any comment and suggestion, please feels free to email me at: neny.jos@gmail.com

Rabu, Maret 21, 2012

Membuat Konten Blog dengan Teknik Mind Mapping

Membuat blog memang gampang, anak SD sekalipun bisa membuat blog hanya dalam hitungan menit. Cuma, tidak semua orang yang memiliki blog itu bisa dikatakan Blogger. Blogger adalah mereka yang aktif dan konsisten ngeblog serta menelurkan tulisan-tulisannya. Ngeblog bukan berarti hanya membuat sebuah blog tanpa postingan lalu menelantarkannya begitu saja. Hal inilah yang sangat susah dimulai oleh semua orang karena kadang seseorang menguasai teknik blogging tetapi bingung menentukan arah blog mereka.

Suatu blog yang baik harus memiliki sebuah topik tertentu. Semakin mengerucut topiknya maka blog akan semakin bagus tentunya juga disertai dengan beberapa usaha lain agar mendatangkan traffic dan kenalan blogger. Cuma ternyata menentukan topik bukanlah solusi dari kebingungan posting. Ketika sudah memiliki topik blog maka tetap saja banyak yang bingung dalam menuliskan sesuatu di blognya. Terutama saat memilih topik yang agak luas, seperti topik internet. Ada sebuah cara yang sangat membantu teman sekalian untuk menuntaskan masalah susahnya mengembangkan tulisan dari topik tertentu di blog. Teknik ini sudah dikenal luas dan sudah umum digunakan dalam berbagai bidang, namanya mind mapping. Beberapa waktu lalu di Kaskus sudah dijelaskan apa itu mind mapping dan gue disini cuma menjelaskan bagaimana menerapkan mind mapping untuk membuat tulisan di blog sehingga ide tulisan cepat tertangkap dan tulisan di blog menjadi semakin terarah tidak melenceng dari topik yang dipilih.

Sebelum menerapkannya, mari kita mengenal mindmapping. Berikut semuanya gue ambil dari Topik beberapa hari lalu di Kaskus jadi jika sudah pernah membacanya mungkin teman-teman akan paham dengan mudah.

Apa itu Mind Mapping?

- Mindmap adalah cara mengembangkan kegiatan berpikir ke segala arah, menangkap berbagai pikiran dalam berbagai sudut.
- Mind Map mengembangkan cara pikir divergen, berpikir kreatif.
- Mind Map adalah alat berpikir organisasional yang sangat hebat. Mind Map dapat diistilahkan sebagai “Pisau Tentara Swiss Otak.”
- Mind Map adalah cara termudah untuk menempatkan informasi ke dalam otak dan mengambil informasi itu ketika dibutuhkan.

Kapan Mind Mapping digunakan?

* Saat ingin menemukan ide yang inovatif dan jalan keluar yang kreatif.
* Saat memahami suatu hal seperti : membaca buku, materi, ataupun yang lain.
* Saat ingin mengingat informasi secara efektif dan efisien.
* Saat ingin menetapkan sebuah tujuan, dan langkah-langkah untuk mencapainya.
* Saat sedang berpikir untuk mengubah dan meningkatkan prestasi atau karir.

Apa yang diperlukan membuat Mind Mapping?

- Kertas kosong tak bergaris
- Pena dan pensil warna
- Otak
- Imaginasi

Apa saja langkah membuat Mind Mapping?

- Mulailah dari tengah kertas kosong.
- Gunakan gambar (simbol) untuk ide utama.
- Gunakan berbagai warna.
- Hubungkan cabang-cabang utama ke gambar pusat. Buatlah ranting-ranting yang berhubungan ke cabang dan seterusnya.
- Buatlah garis hubung yang melengkung.
- Gunakan satu kata kunci untuk setiap garis
- Gunakan gambar.







Bagaimana Mind Mapping diterapkan dalam membuat blog?

- Pertama, tentukan sebuah topik.
- Tempatkan topik di tengah-tengah dan buat sub-sub topiknya lalu tarik garis.
- Lakukan berulang-ulang sehingga satu subtopik memiliki sub-sub topik lagi.
- Ketika sepertinya subtopik habis maka hentikanlah.
- Sekarang tulislah sesuatu dari subtopik (akar terakhir).

Dengan cara seperti ini maka teman-teman akan lebih gampang dalam membuat sebuah tulisan di blog dan tidak bingung memulai darimana karena semakin rendah level maka subtopik semakin banyak dan ini akan memudahkan teman-teman membuat sebuah tulisan dari subtopik yang dipilih. Hal ini juga membuktikan justru kita harus mengambil langkah dari hal nyang kecil-kecil dulu sebelum membuat hal yang besar. Jika masih bingung coba deh lihat Mind Mapping Blog ini yang akan gue pakai juga untuk rebranding blog. Jika teman-teman perhatikan, gue udah menghapus label-label di postingan yang berada di luar subtopik akar terakhir agar blog ini menjadi semakin fokus dan rebranding blog ini berlangsung lancar.






Nah, kabar baiknya untuk membuat Mind Mapping, teman-teman gak perlu pake spidol warna-warni dan kertas gambar karena sudah ada Mind Mapping online tools yang bisa dikunjungi di link ini. Atau jika teman-teman menginginkan tool gratis maka bisa googling dengan kata kunci "Free Mind Mapping Tools". Jadi? masih bingung bikin tulisan?



Sumber : Lookj Blog dan Edutraco.com

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar