7 Aplikasi Mind Map Gratis

Mind Mapping adalah metode mencatat, mengumpulkan gagasan, mengeksplorasi konsep dan menjabarkan informasi ke dalam bentuk yang lebih bisa dimengerti. Mindmap adalah tempat di mana representasi visual dan tulisan digabung jadi satu untuk menghasilkan informasi yang lebih mudah dicerna oleh pikiran. Gambar di atas adalah aktivitas yang biasa dilakukan dalam mindmapping (credits)
Anda bisa menggunakan mindmap untuk mencatat kuliah, menyiapkan bahan belajar untuk ujian, mengeksplorasi ide untuk pekerjaan, dan juga untuk mendiskusikan gagasan. Anda bisa menggunakan mindmap untuk menulis artikel atau draft tugas akhir, atau mengeksplorasi alternatif ide untuk bisnis Anda.
Esensi dari MindMapping adalah pada aktivitasnya. Apakah kemudian Anda memilih menggunakan software atau cara manual dengan pensil dan kertas, itu terserah Anda. Menggunakan software tidak lantas lebih baik. Namun bila Anda membutuhkan perangkat yang bisa dengan mudah Anda edit dan modifikasi, maka software adalah pilihan yang tepat.
Berikut adalah beberapa aplikasi mindmap GRATIS yang bisa Anda coba:
Aplikasi Mind Map Berbasis Web
Bubbl us
1. bubble.us
bubbl.us adalah aplikasi mindmap berbasis web. Anda tak harus mendaftar untuk bisa menggunakannya. bubbl.us tidak menyediakan fitur yang kompleks, namun justru dari kesederhanaan dan kecepatan aksesnya inilah bubbl.us jadi pilihan yang perlu dipertimbangkan.
Mindmeister
2. MindMeister
Di MindMeister ada beberapa pilihan akun, dan tentunya ada versi gratis yang bisa Anda gunakan. Desain dan tampilan antar mukanya cukup menarik dibanding beberapa yang lain. Jika Anda memiliki iPhone, iPad, atau Android, Anda juga bisa operasikan mindmeister di kesemua perangkat itu.
Mindomo
3. Mindomo
Dengan Mindomo, Anda bisa Anda bagikan mindmap buatan Anda ke orang lain dan juga bisa Anda letakkan di laman web Anda.
Mind42
4. Mind42
Dengan Mind42, Anda bisa berkolaborasi dengan orang lain untuk membuat mindmap secara bersama-sama. Anda bisa dengan mudah mendisrtribusikan mindmap Anda.
Aplikasi MindMap Desktop
Jika Anda menginginkan aplikasi yang bisa diakses secara offline tanpa koneksi internet, Anda bisa menggunakan dua aplikasi berikut:
Freemind
5. Freemind
Freemind adalah salah satu program terpopuler untuk mindmapping. Karena dibuat dengan bahasa pemograman Java, aplikasi ini bisa dijalankan di sistem operasi apapun. Dengan Freemind, Anda bisa membuat cabang ide dan membuat tautan antar cabang tersebut untuk membuat koneksi ide.
Personal brain
6. Personal Brain
Personal Brain adalah aplikasi mindmap dengan tampilan yang cukup menarik. Terdapat versi Windows, Linux, Macintosh dan bahkan iOS.
Imindmap
7. iMindMap
iMindMap adalah aplikasi mindmap milik Tony Buzan, sang penemu konsep mindmap. Ini adalah aplikasi berbayar yang menyediakan versi gratis. Jika Anda memiliki iPhone atau iPad, Anda juga bisa mengakses iMindMap.


Sumber : AkhmadGuntur

Komentar