Welcome to My Physic Web Blog. This Blog contains the evidences of my teaching learning activities. Some parts of The Blog are taken from various resources and some are constructed by me and the science team at my shcool. All materials are free to download for professional reason only. If you have any comment and suggestion, please feels free to email me at: neny.jos@gmail.com

Rabu, Desember 28, 2011

Menyimpan Artikel Web/blog Menjadi PDF dengan JoliPrint


Menyimpan Artikel Web/blog Menjadi PDF dengan JoliPrint
 
Ketika kita membaca sebuah artikel atau tutorial di internet, terkadang kita ingin menyimpan tutorial tersebut sehingga bisa kita baca offline atau sebagai koleksi kita. Ada berbagai cara untuk melakukan hal ini, misalnya menyimpan menjadi gambar, dalam format mhtml, maff dan lainnya. Salah satunya alternatif lain adalah menyimpan dalam bentuk PDF, dan pendatang baru dalam hal ini adalah JoliPrint.
 
Kini ada alternatif yang patut dicoba untuk menyimpan sebuah artikel/tutorial web menjadi PDF, degan JoliPrint. Ketika menyimpan artikel biasanya kita tidak ingin menyertakan berbagai konten yang tidak penting, seperti misalnya iklan, sidebar (menu-menu bagian kiri/kanan), footer (menu/isi bagian bawah), header dan lainnya, kita hanya ingin isi artikelnya saja. Nah, dengan JoliPrint kita bisa mendapatkan hal ini.

JoliPrint akan menyimpan artikel sebuah web/blog dengan hanya memasukkan link artikel tersebut. Tidak seperti konversi ke PDf lainnya yang biasanya menyertakan semua isi website, termasuk iklan, menu-menu atas, kiri dan bawah termasuk gambar yang bukan bagian artikel, JoliPrint hanya akan membuat halaman PDF untuk konten dan apa yang dianggap penting saja.

Tampilan hasil PDF juga terlihat lebih baik dibanding hasil dari PDFmYURL, karena ditampilkan menjadi 2 kolom dan gambar yang ada ukurannya akan otomatis disesuaikan. Selain tampilan yang lebih bagus dan enak dibaca, ukuran file PDF biasanya menjadi lebih kecil.

Contoh tampilan PDF hasil konversi artikel:
Menyimpan Artikel Web/blog Menjadi PDF dengan JoliPrint
 
 Ada 2 cara menggunakan JoliPrint. Yaitu sebagai berikut :
    1. Kita bisa langsung memasukkan URL artikel yang ingin dijadikan PDF. Contoh tampilannya seperti di bawah ini :
    2. Cara yang lebih praktis dari nomor 1 ialah membuat bookmark JoliPrint di browser yang anda pakai. Buka web JoliPrint. Lihat bagian “Add Joliprint to your browser” seperti gambar dibawah ini.
      1. Untuk Internet Explorer(IE):
        1. Klik kanan pada button. Pilih “Add to Favorites“.
        2. Pilih “Yes” pada security alert
        3. Kemudian pilih “Favorites Bar” dan klik “Add”
      2. Untuk Firefox dan Safari
        Drag button langsung ke “Bookmark Toolbar
      3. Untuk Google Chrome
        Install Google Chrome Extension “PDF & Print with JoliPrint
        Atau
        Drag button langsung ke “Bookmark bar
Setelah Itu : Kita tinggal menekan tombol bookmark JoliPrint pada saat kita sedang melihat artikel yang ingin kita konversi.
Tampilan hasil PDF juga terlihat bagus karena ditampilkan menjadi 2 kolom dan gambar yang ada ukurannya akan otomatis disesuaikan. Selain tampilan yang lebih bagus dan enak dibaca, ukuran file PDF biasanya menjadi lebih kecil.
 
 
 
 
Bagi Pemilik Blog/Web

Bagi pemilik web atau blog, kita bisa membuat link yang bisa dipasang di blog kita sehingga pengunjung bisa langsung download artikel versi PDF dengan sekali klik saja. Pengguna WordPress bisa memanfaatkan Plugins yang sudah disediakan ( bisa di dwonload dari halaman JoliPrint plugins ).

Bagi pemilik blog lain, baik bagi yang menggunakan CMS (Content Management System) atau web blog hosting seperti blogger, wordpress.com juga bisa menyertakan link download pdf dengan menambahkan link yang bisa diperoleh dari websitenya. Informasi selengkapnya silahkan kunjungi web JoliPrint.



Sumber :  ebsoft dan kholisabdullah

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar