Welcome to My Physic Web Blog. This Blog contains the evidences of my teaching learning activities. Some parts of The Blog are taken from various resources and some are constructed by me and the science team at my shcool. All materials are free to download for professional reason only. If you have any comment and suggestion, please feels free to email me at: neny.jos@gmail.com

Sabtu, Oktober 08, 2011

Layanan Blog Untuk Guru-Dosen dari Edublogs

 

Apa itu blog dan Edublogs?
Blog adalah sebuah website yang ditulis sesuai dengan kronologi waktu, lalu ditampilkan secara terbalik dari kronologi penulisan (maksudnya tulisan yang lebih baru akan muncul di atas tulisan yang lebih lama). Isi blog tidak harus berupa tulisan, tapi juga bisa gambar dan/atau video. Selain itu, di setiap blog biasanya juga terdapat fasilitas komentar yang memungkinkan terjadinya komunikasi, diskusi, atau bahkan debat antara pengunjung blog dengan pemilik blog atau antarpengunjung blog itu sendiri tentang tulisan yang ada di blog tersebut. Nah, Edublogs adalah suatu jaringan blog khusus pendidikan yang menyediakan layanan blog gratis bagi para dosen, mahasiswa, dan pelajar. Edublogs dibangun menggunakan mesin dari WordPress MultiUser (WPMU).
Kapan blog pertama kali dikenal?
Untuk blog modern sekitar tahun 1994. Yang kuno sekali kurang tahu. Edublogs sendiri baru didirikan pada tanggal 31 Juli 2005.
Dimana Edublogs ada?
Hmm … Internet, dimana lagi? Tapi, secara fisik, pemrogramannya dilakukan di Australia.
Siapa blogger pertama dan pendiri Edublogs?
Ada beberapa orang yang dikenal sebagai blogger mula-mula, tapi yang saya tahu hanya satu, namanya Justin Hall. Orang ini mulai membangun blognya sekitar tahun 1994 ketika masih menjadi mahasiswa di Swarthmore College. Sedangkan pendiri Edublogs adalah James Farmer, seorang dosen di Deakin University, Australia.
Kalau begitu kenapa dosen sebaiknya punya blog?
Ada banyak alasan:
  1. Punya blog itu GRATIS
    Edublogs memberikan layanan blog gratis. Nothing to lose! Mungkin cuma korban waktu sekitar 10 menit untuk sebuah pengetahuan baru yang pasti akan sangat berguna buat anda. Jadi, apa salahnya mencoba?
  2. Punya blog itu MUDAH
    Dibalik fungsi dan kemampuannya yang hebat, ternyata pembuatan dan pengoperasian sebuah blog sangat mudah. Contohnya blog milik Bistek ini. Dengan bantuan mesin WordPress, seorang mahasiswa jurusan manajemen, yang belum pernah mendapatkan kuliah tentang pemrograman web, seperti saya bisa membuat situs publikasi yang bisa memuat beragam informasi tentang Bistek dengan tampilan yang cukup apik (paling tidak itu kata beberapa teman di Bistek :razz: ).
  3. Blog COCOK untuk profesi dosen
    Dengan blog, anda bisa membagikan pengetahuan anda (dan juga materi kuliah) kepada mahasiswa anda dan orang-orang di seantero dunia. Banyak yang akan diuntungkan dengan hal ini. Untuk para mahasiswa dan orang-orang, jelas, mereka akan bisa mendapatkan tambahan pengetahuan dari anda tanpa harus bertemu secara langsung secara fisik di ruang kuliah. Untuk anda sendiri? Anda akan mendapatkan feedback dari luar untuk semakin menyempurnakan/mematangkan ilmu yang anda miliki. Dengan demikian, kepakaran anda juga akan bertambah, mudah-mudahan. :grin: Seperti saya ini, saya menulis tutorial ini (selain untuk membagi pengetahuan saya tentang blog dengan anda, para dosen) juga dengan harapan bahwa anda mau memberikan feedback, masukan, atau kritikan yang membangun agar lain kali saya dapat menulis tutorial dengan lebih baik.
  4. Blog memberikan ALTERNATIF dalam publikasi
    Blog dapat membawa misi tertentu. Ketika ide bertemu dengan publikasi, maka dapat menghasilkan pengaruh. Nah, dengan blog, anda dapat menyebarkan pengaruh anda kepada banyak orang secara langsung, tidak perlu harus menunggu waktu beberapa hari untuk melewati seleksi redaktur media konvensional. Make your own media! Semoga pengaruh yang anda tebarkan adalah pengaruh baik yang dapat membawa dunia pendidikan Indonesia menuju ke tingkat yang lebih baik. Semoga! :grin: Oya, sekadar informasi, saat ini kekuatan blog sebagai media publikasi alternatif juga sudah mendapatkan pengakuan dari negara. Pada tanggal 27 Oktober 2007 kemarin, Menkominfo kita, M. Nuh, mendeklarasikan hari tersebut sebagai Hari Blogger Nasional.
  5. Blog melatih kita BERPIKIR
    Berpikir banyak (bukan banyak pikiran) konon dapat membuat kita menjadi lebih pintar 1% dari semenit sebelumnya. Benarkah? Saya hanya bercanda :lol: kok, tapi, paling tidak, membiasakan diri untuk berpikir dan menuangkan pikiran itu ke dalam sebuah media yang dapat dibagi dengan orang lain dapat melatih kita untuk mengomunikasikan ide-ide terpendam kita secara lebih terstruktur dan sistematis.
  6. Blog dapat dipakai untuk PENGELOLAAN pengetahuan
    Dengan blog, anda bisa menyimpan/mendokumentasikan pengetahuan-pengetahuan anda. Tidak asal menyimpan saja, dengan blog kita juga bisa melakukan kategorisasi pengetahuan. Pengetahuan tersebut dapat kita pilah dan arsipkan sesuai dengan kronologi waktu, topik, dan kata kunci-kata kunci yang relevan. Dengan demikian, ketika suatu saat anda maupun orang lain membutuhkan pengetahuan itu kembali, anda dapat mencari dan menemukannya kembali dengan mudah. Itulah secuil sisi knowledge management dari blog.
  7. Adanya KOMUNITAS blogger
    Komunitas blogger bukan hanya sekadar tempat jengjeng para blogger di dunia maya. Di sanalah para blogger biasa bertemu untuk berdiskusi tentang topik-topik tertentu. Edublogs sendiri dengan jaringannya yang berfokus pada dunia pendidikan dapat mempertemukan anda dengan banyak blogger-cum-akademisi yang punya perhatian terhadap dunia pendidikan dan keilmuan.
  8. Memiliki blog dapat dikatakan MODERN
    Anda tidak mau disebut sebagai kerabat Flinstone yang masih tinggal di jaman batu kan? Jadi, ketika sekarang sudah ada banyak sekali dosen dan mahasiswa yang memiliki blog dan secara rutin menulis di blog, apakah anda akan tetap menahan diri untuk tidak ngeblog?
Oke, kalau begitu bagaimana caranya membuat blog?
Tibalah kita pada inti tutorial ini. :grin:
  1. Mendaftarlah di Edublogs
    # Pergi ke alamat edublogs.org.
    # Klik banner “Sign up for FREE” yang ada di sebelah kanan atas situs.
    # Masukkan username yang akan anda pakai setiap kali login ke blog. Username ini hanya dapat berupa huruf dan/atau angka. Panjang minimal empat karakter.
    # Masukkan juga alamat email anda. Alamat email harus valid karena akan digunakan untuk mengonfirmasi pendaftaran anda di Edublogs. Apabila belum punya, anda dapat mendapatkan email gratis di Gmail maupun Yahoo! Mail .
    # Centang kotak “I Agree” untuk menyatakan bahwa anda setuju untuk mengikat perjanjian dengan Edublogs dalam rangka penggunaan layanan blog gratis ini.
    # Masukkan angka verifikasi yang terlihat pada gambar. Ini untuk memastikan bahwa anda adalah orang sungguhan, bukan robot ataupun manusia jadi-jadian.
    # Pilih “Gimme a blog!”
    # Klik “Next »”
    # Di halaman selanjutnya, anda masukkan nama domain blog yang anda inginkan, ketentuan sama dengan username di halaman sebelumnya (berupa huruf dan/atau angka, panjang minimal empat karakter), contoh: latihan.edublogs.org, satria.edublogs.org, terserah. Nama domain ini nantinya akan menjadi alamat blog anda di internet. Oya, domain ini nanti tidak bisa anda ubah lagi, jadi pilihlah nama domain dengan pertimbangan yang matang. Tapi, berhubung ini baru dalam tahap latihan, buat nama domain yang asal-asalan juga tidak masalah. Nanti kalau tidak cocok, bisa bikin blog yang baru lagi, kan gratis … :wink:
    # Selanjutnya masukkan judul blog anda, contoh: Blog Dosen Gaul, Sekadar Latihan Blog, Blog Percobaan, dan lain-lain, terserah. Judul ini biasanya akan muncul di bagian atas blog anda.
    # Centang kotak “Privacy” agar blog anda dapat dikenal oleh mesin pencari, seperti Google dan Technorati, dan dapat tampil di situs Edublogs.
    # Klik “Signup »”
    # Sekarang ceklah email anda untuk melihat email konfirmasi dari Edublogs. Dari sana, klik link aktivasi yang tersedia.
    # Saat ini akun anda di Edublogs telah aktif. Anda menerima username dan kata sandi untuk melakukan login ke blog anda. Catat baik-baik username beserta kata sandi ini.
    # Selanjutnya klik “View your site” untuk melihat tampilan blog anda atau klik “Login” untuk melakukan login ke blog anda. Pilih “Login” terlebih dahulu.
    # Masukkan username dan kata sandi yang tadi sudah anda catat, lalu klik “Login »”
    # Saat ini anda sudah berada pada halaman admin blog anda. Di sinilah nanti anda akan mengoperasikan blog anda dengan sangat mudah. Sebelum itu, terlebih dahulu klik “My Profile” yang ada di sebelah kanan atas untuk melengkapi data-data diri anda, mulai dari avatar (gambar kecil sebagai ikon profil anda), nama depan, nama belakang, nickname, nama yang akan ditampilkan pada halaman blog (publicly), alamat email, alamat website (isikan nama domain blog anda dengan diawali “http://”), identitas anda di messenger, informasi singkat mengenai biografi anda, dan mengubah kata sandi awal anda. Karena kata sandi awal yang diberikan oleh Edublogs tadi mungkin sedikit rumit bagi anda untuk diingat, maka di sini anda dapat menggantinya dengan kata sandi baru yang lebih mudah untuk diingat.
    # Selesai sudah! :grin: Blog anda telah siap untuk digunakan.
  2. Mulai menulis di blog
    # Pada halaman admin, pilih menu “Write.”
    # Ketikkan judul postingan yang ingin anda publikasi.
    # Ketikkan isi postingan. Untuk melakukan formatting text, bisa menggunakan fasilitas formatting yang ada di bar atas. Contoh hasil formatting yang lebih lengkap dapat dilihat di sini.
    # Di sebelah kanan ada kotak “Categories.” Ini berfungsi untuk memberikan kategori pada postingan anda, misalnya, anda dapat memberikan kategori “Tugas” pada postingan yang berisikan materi tugas kuliah, atau kategori “Personal” pada postingan yang memuat cerita seputar kehidupan pribadi anda. Apabila kategori yang anda inginkan belum ada, anda dapat menambahkannya dengan memasukkan nama kategori yang anda inginkan, lalu klik “Add.” Dengan pemberian kategori ini, maka anda maupun pengunjung blog anda akan dengan mudah menemukan postingan berdasarkan kategorinya.
    # Apabila anda telah siap untuk melakukan publikasi, maka klik “Publish” dan postingan anda telah dapat dibaca oleh dunia.
  3. Kustomisasi tampilan blog
    # Anda dapat mengubah tema blog anda dengan memilih menu “Presentation” pada halaman admin, lalu klik tampilan tema mana yang anda suka.
    # Anda dapat menambahkan beberapa item ke dalam sidebar anda melalui menu “Presentation” pada halaman admin, lalu pilih submenu “Widgets.”
    # Anda juga dapat menambahkan link-link favorit anda (mungkin link ke website kampus, blog teman/kolega, atau blog-blog lain yang anda miliki) ke sidebar blog dengan memilih menu “Blogroll” pada halaman admin, lalu klik submenu “Add Link.”

Sumber : Satya Wacana Business Technology Center 



1 komentar :

  1. ngeblog juga bisa bikin kita cerdas lho... mari budayakan nge-blog!
    www.belonomi.com

    BalasHapus