Welcome to My Physic Web Blog. This Blog contains the evidences of my teaching learning activities. Some parts of The Blog are taken from various resources and some are constructed by me and the science team at my shcool. All materials are free to download for professional reason only. If you have any comment and suggestion, please feels free to email me at: neny.jos@gmail.com

Sabtu, Oktober 08, 2011

Edublogs Sebagai CMS Pendidikan




Edublogs















Seperti kita ketahui, banyak CMS (Content Management System) yang dapat digunakan untuk membangun sebuah blog dengan beragam fitur untuk mempermudah pengguna.

Setiap CMS memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Wordpress.com misalnya yang tidak menyediakan fitur peng-editan kode-kode HTML dan CSS kecuali versi berbayar, tetapi beberapa narablog berpendapat bahwa Wordpress.com lebih SEO friendly.

Blogger (Blogspot) memberikan keleluasaan kepada pengguna untuk melakukan pengeditan kode-kode HTML dan CSS tanpa harus berbayar, bahkan pengguna dapat mendesain template sendiri yang dapat di-upload langsung. Keunggulan lain platform Blogspot jika dibandingkan dengan platform Wordpress versi gratis adalah memiliki kapasitas penyimpanan dan bandwidth yang cukup besar. Salah satu kekurangan Blogger adalah sulitnya membuat valid CSS agar sesuai dengan standar W3C (World Wide Web Consortium).

Itulah sebabnya sebelum membangun sebuah blog, sangat penting untuk membuat keputusan tepat ketika memilih CMS, apakah untuk sekolah, universitas, instansi, atau untuk bisnis.

Edublogs hadir sebagai solusi bagi pengguna untuk membuat blog pendidikan dengan fitur-fitur menarik untuk mempermudah pengguna saat blogging. Tampilan dan cara penggunaan Edublogs sangat mirip dengan Wordpress yang didukung lebih dari 135 premium template.


Berikut adalah perbandingan mendasar antara Edublogs, Wordpress, dan Blogger:

  1. Edublogs : Merupakan paltform blogging pendidikan terbesar di dunia yang didukung berbagai fitur pendidikan yang terfokus pada guru dan siswa.
  2. Blogger : Merupakan platform Blogging asli milik perusahaan Google yang ditawarkan kepada setiap orang dan setiap kalangan.
  3. Wordpress : Merupakan platform blogging yang difokuskan sebagai media untuk mengekspresikan diri yang kemudian dapat dipublikasikan.
Lebih lengkap mengenai perbandingan antara Edublogs, Wordpress, dan Blogger, dapat dilihat di Edublogs. Sedangkan 10 cara untuk menggunakan Edublog dapat dilihat di sini.

Anda berpendapat lain? Atau mempunyai pengalaman menarik mengenai Edublog sebagai platform blogging pendidikan? Silahkan sharing di sini!
Semoga bermanfaat.

Sumber : Links Sukses


Tidak ada komentar :

Poskan Komentar