Welcome to My Physic Web Blog. This Blog contains the evidences of my teaching learning activities. Some parts of The Blog are taken from various resources and some are constructed by me and the science team at my shcool. All materials are free to download for professional reason only. If you have any comment and suggestion, please feels free to email me at: neny.jos@gmail.com

Selasa, Agustus 09, 2011

E-Learning Moodle dengan Hosting Gratis dari www.gnomio.com



Mungkin kita sudah pernah mendengar nama moodle. Moodle tidak asing lagi bagi dunia pendidikan. Karena moodle merupakan CMS yang mengkhususkan tentang LMS (Learning Management System), yaitu sebuah aplikasi yang dibuat untuk membantu pelaksanaan belajar secara virtual. Untuk pengertian lengkapnya bisa anda baca pada artikel Sekilas tentang Moodle.
Masalah yang dihadapi guru dan pengajar dalam membangun moodle ini kebanyakan berasal dari masih kurang pahamnya proses instalasi moodle dan juga kepemilikan hosting. Karena space hosting yang dibutuhkan oleh moodle cukup besar, yaitu sekitar 110 mb.
Untuk membantu rekan guru dan tenaga kependidikan lainnya dalam Membangun Situs E-Learning Gratis, saya menemukan situs penyedia Hosting E-Learning yang gratis. Situs tersebut adalah www.gnomio.com.

Gnomio merupakan situs yang menyediakan space untuk para guru dan pengajar yang ingin mengembangkan sistem pembelajaran jarak jauh (distance learning), electronic learning (e-learning). Tidak ada persyaratan khusus yang dibutuhkan untuk ini, cukup melakukan proses pendaftaran, dalam beberapa menit, moodle siap untuk digunakan.

Bagaimana Proses Pendaftaran di Gnomio.com ?

1. Kunjungi situs www.gnomio.com.
2. Isilah data-data yang diminta, seperti terlihat pada gambar dibawah ini :


a. Pada bagian “Site Name”, isikan dengan nama url untuk situs e-learning anda, contoh : saya menggunakan nama belajarpc, maka nantinya alamat situs e-learning yang diberikan adalah : http://belajarpc.mdl.gnomio.com/.
b. Pada bagian “E-mail” : isikan nama email anda yang valid untuk menerima informasi nama user dan password admin anda.
c. Masukkan security code, lalu tekan tombol Active your site.
d. Anda akan mendapatkan pesan “Your site wil be created in a few minutes.
You will receive an email with login info. Thank you.
Nah silahkan login email anda, dan baca informasi yang dikirimkan oleh Gnomio.com.
Selamat Mencoba.

Sumber : PC Guru

2 komentar :