Welcome to My Physic Web Blog. This Blog contains the evidences of my teaching learning activities. Some parts of The Blog are taken from various resources and some are constructed by me and the science team at my shcool. All materials are free to download for professional reason only. If you have any comment and suggestion, please feels free to email me at: neny.jos@gmail.com

Kamis, Desember 09, 2010

Terjemahkan Halaman Web Dengan Cepat dan Mudah






Sekarang ini, fasilitas penerjemah sangatlah penting mengingat banyaknya informasi-informasi yang penting dan menarik yang bisa kita temukan pada artikel-artikel berbahasa asing. Namun, bahasa asing bukanlah suatu hambatan dalam menelusuri informasi tersebut. Kita bisa menggunakan fasilitas penerjemah untuk dapat mengerti isi informasi tersebut. Biasanya untuk menerjemahkan sesuatu, khususnya halaman web, kebanyakan orang memilih Google Translate. Namun cara tersebut terlalu merepotkan. Di sini saya akan membahas aplikasi yang bisa digunakan untuk menerjemahkan suatu teks dengan cepat dan mudah.

Nama aplikasi penerjemah yang bisa kita gunakan adalah Client for Google Translate. Mungkin juga sudah banyak yang tahu akan keberadaan software ini. Namun tak ada salahnya bila saya membahasnya kali ini.

Sesuai dengan namanya, aplikasi yang berukuran 2 MB ini bekerja sebagai klien yang terhubung ke Google Translate dalam aktivitas penerjemahannya. Jadi, jelas sudah bahwa komputer harus terhubung ke internet bila ingin menerjemahkan suatu teks.

Bukankah sama saja bila kita menggunakan Google Translate melalui web?

Ya, itu benar. Tetapi dengan menggunakan Client for Google Translate, pekerjaan kita menjadi lebih cepat dan mudah karena kita tak perlu melakukan copy dan paste teks yang ingin diterjemahkan ke Google Translate melalui web. Cukup blok teks yang ingin diterjemahkan kemudian klik icon huruf G yang muncul. Lalu setelah beberapa saat, hasil terjemahan pun muncul. Agar lebih jelas, download dan lakukan instalasi pada komputer Anda kemudian ikuti petunjuk penggunaan di bawah ini.

  1. Setelah dilakukan proses instalasi, ada kemungkinan Anda akan diminta memasukkan pilihan bahasa yang akan digunakan. Bila Anda awam akan hal ini, saya sarankan untuk mengikuti pengaturan yang saya buat pada gambar di bawah ini.select-language-option-in-client-for-google-translate
  2. Pastikan icon huruf G pada system-tray icon sudah muncul. client-for-google-translate-icon-in-system-tray-iconBila belum muncul, buka translateclient.exe langsung dari folder instalasi.
  3. Blok teks yang ingin diterjemahkan, lalu klik icon huruf G yang muncul setelah Anda selesai mengeblok. Sebagai latihan, coba terjemahkan teks berbahasa Jepang di bawah ini.

    このブログは十二月の中に始まりました。このブログにコンピューターや携帯電話のためのいろいろな便利なアプリケーション があります。例はこの記事です。この記事は早く言語を翻訳する方法についてです。面白いですね?また、ブルートゥースで他の人をテロする方法もあります。 それに、偽のメッセージを送る方法もありますよ。だから、他の記事を読みましょう!

Bagaimana? Apakah sudah berhasil menerjemahkan teks di atas? Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari pembuat aplikasi ini, aplikasi ini tidak hanya berfungsi pada browser saja, tetapi dapat juga digunakan pada aplikasi Windows lainnya seperti Microsoft Outlook, Microsoft Word, dll. Tetapi apabila setelah teksnya di blok, icon huruf G tidak muncul, artinya kita harus menerjemahkan teks tersebut secara manual. Caranya tekan tombol Ctrl 2 kali dan jendela penerjemahan pun terbuka.

translation-box-in-client-for-google-translate

Copy dan paste teks yang ingin diterjemahkan, kemudian klik Translate. Anda pun juga bisa mengganti pilihan bahasa dengan menekan Ctrl + L. (infini3.co.cc)

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar