Welcome to My Physic Web Blog. This Blog contains the evidences of my teaching learning activities. Some parts of The Blog are taken from various resources and some are constructed by me and the science team at my shcool. All materials are free to download for professional reason only. If you have any comment and suggestion, please feels free to email me at: neny.jos@gmail.com

Rabu, Desember 01, 2010

Membuat "KARTUN" Media Pembelajaran


Dunia gambar adalah dunia yang hampir buat semua orang akan menarik dan mudah untuk dicerna. Pesan-pesan melalui gambar dan berbagai percakapan akan mudah diikuti. Hanya “sense” untuk pembuat kartun-lah yg menentukan. Siapapun bisa membuatnya. Menuangkan ide melalui gambar2 unik untuk dijadikan alternatif media belajar siswa. Boleh guru yang membuatnya atau bahkan untuk membangkitkan kreativitas anak, untuk membuat kreasi diri.

Saat ini membuat sebuah gambar kartun tidaklah terlalu sulit. Fasilitas yang tersedia melalui dunia maya (internet) sudah cukup banyak. Berbagai karakter dan dukungan bahasa untuk percakapan pun tersedia. Namun sayang hanya beberapa saja dari kita yang dapat memanfaatkannya.


Salah satu yang memberikan kemudahan untuk kreatifitas guru dan siswa bisa di coba di website www.toondoo.com. Silahkan register (gratis) kemudian silahkan jelejah berbagai tool yg ada. Jangan ragu untuk mencoba klik semua tool, tak lama kita akan dengan mudah membuat suatu tema kartun yang akan menarik buat siswa, mulai dari tingkatan sekolah dasar hingga sekolah menengah. Bisa diaplikasikan untuk pelajaran matematika, sain, sosial, agama, atau pelajaran lainnya. Motivasinya adalah membuat pelajar tertarik dengan tema yg kita suguhkan. Bila perlu siswa diminta membuat sendiri dengan tema yg telah guru tentukan. Bahkan hasil kreasi itu bisa dicetak dalam format buku, atau di share (dipamerkan) untuk saling memberi masukan.

Selamat mencoba bagi yg pertama kali kenal. Ini adalah alternatif media pembelajaran dengan perlu usaha hanya klik dan klik saja. So pasti perlu akses internet. Kalau di sekolah belum ada akses internet… lapor sama pak menteri pendidikan, karena itu program 100 harinya dia menjalankan tugasnya. Tagih deh.

Sumber : Log Guru Kimia Borneo

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar