Oleh: Prof. Dr. Mohamad Nur
A. Daftar Isi
- Tidak dilengkapi daftar isi
- Urutan daftar isi adalah: Sampul (Kaver), Kata penganatr, Daftar Isi, Silabus, RPP, LKS dan Kuci LKS, Media, Bahan ajar yang lain, Tabel Spesifikasi LP, LP dan Kunci LP
- Tidak ada daftar isi. Daftar isi harus diletakkan setelah kaver depan.
- Daftar isi tidak urut. Urutan daftar isi adalah: Kaver, Daftar Isi, Silabus, RPP, Buku Siswa( atau lembar bacaan, modul, bila ada), LKS dan Kunci LKS, Media (bila ada), Tabel Spesifikasi, LP dan Kunci LP.
B. Silabus
- Tidak dilengkapi silabus
- Pada kolom Evaluasi tertulis tiga instrumen, tetapi yang dibuat hanya satu. Semua Sumber Belajar yang ditulis di Silabus dan di RPP harus dibuat dan dilampirkan.
C. Indikator
- Indikator di RPP tidak sama dengan di Silabus, seharusnya keduanya sama.
- Salah menyebut domain: Domain (Ranah) pengetahuan/produk dimasukkan ranah psikomotor, ranah produk dimasukkan ranah proses.
- Indikator tidak diklasifikasikan menurut domainnya.
- Indikator untuk ranah yang sesuai di LKS harus persis sama dengan indikator untuk ranah yang sesuai di RPP (copy paste).
- Bila materi pembelajaran sesuai, harus ada tiga ranah di RPP (kognitif: produk dan proses, psikomotor, dan afektif: keterampilan sosial atau karakter).
- Indikator cukup B (behavior) saja.
- B (behavior) di Indikator harus sama dengan B di Tujuan Pembelajaran.
D. Tujuan pembelajaran/Indikator
- Tidak dibedakan atas produk, proses, psikomotor, dan afektif.
- Degree hanya ditulis dengan benar, contoh yang benar misalnya sesuai dengan Kunci LKS atau sesuai dengan Kunci LP, atau yang pernyataan operasional lain.
- Belum menggunakan format ABCD.
- Degree salah atau belum ada.
- Degree di tulis sesuai kunci jawaban atau Kunci LKS, seharusnya sesuai Kunci LP.
- Isi tujuan tidak sama dengan indikator.
- Ada di tujuan tetapi tak ada di indikator.
- Gunakan sistem penomoran indikator dan tujuan pembelajaran yang mudah dimengerti.
- MPK harus ada tujuan pembelajaran keterampilan sosial dan/atau karakter.
- Tujuan pembelajaran tidak sesuai indikator.
- Proses dimasukkan ke psikomotor.
- Kognitif/produk/psikomotor dimasukkan afektif
E. RPP
- Nama satuan pendidkan tidak lengkap
- Nomor fase model tidak ditulis atau salah.
- Materi ajar disebut di skenario tetapi tidak dilampirkan atau tidak dibuat.
- Materi ajar dibuat (misal Buku Siswa, Hand Out, Bahan Ajar) tetapi tidak diskenariokan di RPP.
- Banyak salah ketik.
- Ada dan dilampirkan LKS 1 tetapi tidak diskenariokan.
- Skenario tidak sesuai inditator.
- Menyampaikan informasi atau mendemonstrasikan pengetahuan prosedural tanpa mengacu LKS/bahan ajar.
- Tidak dilengkapi kolom Terlaksana/Tidak.
- Memotivasi siswa tidak boleh hanya verbal (Salah fatal).
- Buat satu RPP saja untuk tiap model, satu RPP dapat terdiri dari beberapa pertemuan. Bila lebih dari satu pertemuan, Indikator dan Tujuan Pembelajaran jangan disatukan tetapi ditulis untuk masing-masing pertemuan.
- Ranah produk dimasukkan proses atau sebaliknya ranah proses dimasukkan produk.
- Belum dilengkapi kolom penilaian keterlaksanaan RPP.
- Materi di RPP tidak perlu diuraikan rinci. Cukup disebut topik atau judul saja. Uraian rinci ada di LKS atau buku Siswa yang dilampirkan.
- Belum dilengkapi daftar pustaka
- Menyebut modul di RPP tetapi modul itu tidak ada.
F. Sumber pembelajaran
- Diketik Kunci LKS 1 dan LKS 2 tetapi tidak diketik LKS 1 dan LKS 2.
- Sejumlah sumber belajar ditulis, tetapi sumber belajar itu tidak ada.
G. LKS
- Cukup dicantumkan iindikator atau tujuan pembelajaran saja, tidak dua-duanya, tidak usah ada SK dan KD di LKS.
- Ukuran benda tidak realistis.
- Percobaan tanpa rumusan masalah, hipotesis, variabel, dsbnya.
- Tidak ada tabel data padahal seharusnya ada.
- LKS tidak boleh langsung dijadikan LP tanpa modifikasi.
- Di LKS percobaan, rumusan masalah dan hipotesis satu saja.
- Variabel manipulasi satu saja.
- Variabel kontrol tidak hanya satu, minimal tiga.
- Hambatan bukan variabel, yang benar adalah besar hambatan; atau besar arus listrik.
- Menulis percobaan padahal hanya pengamatan (Salah fatal).
- Langkah-langkah/prosedur percobaan dibuat sesuai definisi operasional variabel.
- Seharusnya LKS Pengamatan tetapi ditulis LKS Eksperimen (Salah fatal).
- Aspek yang diamati pada Lembar Pengamatan Aktivitas, isinya tidak sesuai dengan aspek yang ditulis di indikator RPP/Silabus.
- Kunci LKS/Mini Lab tidak dibuat (Salah fatal).
- LKS disebut tanpa identitas yang jelas.
- LKS tidak dilengkapi daftar pustaka.
- Salah dalam mengidentifikasi variabel
- Pengamatan dikatakan percobaan.
- Melakukan percobaan dimasukkan ranah psikomotor, harusnya ranah proses.
H. Modul/Handout/Bahan ajar
- Format modul tidak standar.
- Tidak dilengkapi daftar pustaka
I. Kisi-kisi Lembar Penilaian
- Pada kolom LP dan Butir Soal hanya ditulis Nama LP tanpa butir soal. Cara menulis dibuat jelas, jelas setiap indikator diukur oleh butir yang mana.
- Tidak membuat Kisi-kisi Lembar Penilaian (Salah fatal)
- Indikator di tabel spesifikasi tidak sesuai dengan indicator di RPP.
- Di tabel spesifikasi harusnya cukup kolom tujuan pembelajaran tidak perlu ada kolom indikator.
J. LP/Tes
- Tes produk diberi nama tes kinerja.
- Tes proses diberi nama tes psikomotor
- LP Percobaan untuk SMA tidak menanyakan rumusan masalah, hipotesis, variabel, dll.
- Kunci tidak sesuai soalnya.
- Tidak ada Tabel Spesifikasi LP (Salah fatal).
- Soal tidak valid. Indikator kinerja diukur dengan tes paper and pencil/teori/pengetahuan (Salah fatal).
- Pada LP Kinerja harus ada Petunjuk untuk guru: a.l. Ditulis bunyi perintah apa yang harus diketrjakan siswa.
- Tidak membuat Kunci LP.
- LKS langsung dijadikan LP.
- Tidak dilengkapi daftar pustaka
- Menguji sejumlah komponen keterampilan proses di LP tetapi tidak ada LKS/bahan ajar lain untuk melatihkan keterampilan prose situ.
K. Kelengkapan Perangkat RPP
- Tidak ada daftar isi.
- Tidak ada silabus (Salah fatal).
- Perangkat RPP untuk MPL dan MPK harus dijilid terpisah.
- Silabus diletakkan di depan setelah daftar isi.
- Perangkat RPP tidak diberi halaman.
L. Daftar Pustaka
- Tidak ada daftar pustaka pada setiap komponen RPP (Silabus, RPP, LKS dan Kunci, LP dan Kunci, Modul, Buku Siswa, Media, dll.).
Komentar
Posting Komentar