Welcome to My Physic Web Blog. This Blog contains the evidences of my teaching learning activities. Some parts of The Blog are taken from various resources and some are constructed by me and the science team at my shcool. All materials are free to download for professional reason only. If you have any comment and suggestion, please feels free to email me at: neny.jos@gmail.com

Jumat, Desember 17, 2010

Cara Posting File Excel (Tabel) pada Blogger

Bila blog kita dikonsumsikan tuk pembelajaran (bahasa kerennya E-Learning), adakalanya kita perlu posting Excel (Tabel) pada blog kita, misal tuk posting nilai siswa kita. Kesulitan cara postingnya?? setelah mencari di Google saya menemukan dua cara yang saya anggap bagus di Blog Kang Rohman. dan Blog Arie-Aldyno.
Berikut adalah kutipan kedua artikel tersebut, silahkan simak baik-baik artikel nya ya!!

1. Dengan Google Docs ( Blog Kang Rohman ).
Ada yang pernah bertanya seperti ini “bagaimana cara menampilkan file microsoft exel di blog?” duh bisa ngga ya? seharusnya bisa sih, tapi bagaimana caranya ya, saya juga bingung nih Tapi tenang saja, jika anda pernah melihat file exel bisa di tampilkan di web berarti tandanya itu bisa di lakukan.

Bagi anda yang suka dan ingin sharing file dalam bentuk microsoft word (document) dan microsoft excel (spreadsheet) ataupun microsoft power point (presentation) di blog, maka anda bisa menggunakan berbagai layanan di internet. Salah satu di antaranya adalah layanan yang di sediakan oleh google yaitu Google docs.

Dengan google docs anda bisa membuat file microsoft office yang saya sebutkan tadi secara online ataupun anda bisa mengupload file yang sudah jadi alias sudah di kerjakan secara offline dan kemudian ambil kode yang di berikan lalu setelah itu anda bisa menampilkannya di blog anda.

Apa kelebihan dari google docs? dengan google docs anda tidak perlu mempunyai software microsoft office yang lisensi nya sangat mahal terinstall di komputer anda, yang anda perlukan adalah anda bisa online di internet. Sepertinya saya tidak perlu menerangkan bagaimana cara membuat file di google docs karena penggunaannya hampir sama dengan microsoft office. Yang mau saya terangkan adalah bagaimana cara mengupload file yang sudah jadi ke google docs dan kemudian menampilkannya di blog anda. Tertarik? yuk mang kita lanjut!

Salah satu syarat untuk bisa menggunakan google docs adalah anda harus mempunyai alamat email di gmail (google acount). Jika selama ini account blogger anda menggunakan gmail maka bisa secara langsung login ke google docs. Bagi anda yang baru pertama kali masuk ke google docs, maka anda harus setuju dengan peraturan yang di buat oleh google. Sudah punya account google? mari kita serbu google docs.
Langkah 1 : upload file ke google docs.
  1. Silahkan login ke http://docs.google.com dengan account gmail anda.
  2. Klik tab Upload yang berada di sebelah kiri atas layar monitor anda.
  3. Klik tombol browse… di bawah tulisan Browse your computer to select a file to upload:
  4. Masukan file yang ingin anda upload (word, excel, power point).
  5. Klik tombol Upload File yang ada di sebelah bawahnya.
  6. Tunggu beberapa saat sampai file anda terupload semuanya (tergantung dari besarnya file serta kecepatan koneksi anda).
  7. Jika sudah terupload, anda bisa mengeditnya jika mau.
  8. Klik tab Publish yang ada di sebelah kanan atas layar monitor anda, maka akan keluar tulisan This document is not yet published.
  9. klik tombol Publish now yang ada di bawahnya.
  10. Jika sudah selesai, lihat kembali ke bagian bawahnya!
  11. Klik link bertuliskan More publishing options.
  12. Setelah keluar window pop up, klik menu drop down di sebelah tulisan File format kemudian pilih HTML to embed a webpage.
  13. Klik tombol Generate URL.
  14. Copy kode HTMl yang di berikan, lalu paste pada notepad atau text editor lainnya.
  15. Silahkan di close saja window nya.
  16. Silahkan anda sign out dari google docs jika mau.
  17. Selesai.

Langkah 2 : posting kode google docs ke blogger.

  1. Silahkan login ke blogger dengan ID anda.
  2. Klik Posting Baru.
  3. Silahkan anda buat postingan yang anda inginkan.
  4. Ketika anda mau menyisipkan kode yang dari google docs, klik terlebih dahulu tab Edit HTML ( jangan yang compose)
  5. Paste kode google docs yang ada di notepad tadi pada tempat yang anda inginkan.
  6. Klik Tombol MEMPUBLIKASIKAN POSTING.
  7. Silahkan lihat hasilnya.
  8. Selesai.
2. Dengan Tableizer (
Blog Arie-Aldyno)
Mungkin ada diantara teman-teman yang sering membuat tabel saat akan membuat website/blog. Anda bisa memanfaatkan tool berikut untuk membantu anda mengubah tabel excel tersebut ke dalam bentuk html script. Jadi anda cuma meng-copy tabel tersebut selajutnya paste di website converter kemudian anda mendapatkan script htmlnya yang bisa anda sisipkan di halaman web anda.

Untuk memulai konversi:
1. Buka excel anda, copy tabel yang akan di konversi
2. Buka website tableizer
3. masukkan (paste) tabel excel di web tersebut


4. klik tombol tableize it


5. Copy script html ke web /blog anda

Selamat mencoba..



2 komentar :

  1. Terima kasih Mamguru, saya banyak belajar dari blog ibu,.semoga ini memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi anak anak bangsa.

    BalasHapus
  2. terimakasih kembali pak hasto, and terimakasih juga kunjungannya ya.

    BalasHapus