Mengunduh Simulasi Sains (Kimia & Fisika) via NatSim


Software Simulasi 3DMolSym, 3DNormalModes, dan juniorLAB

Software Simulasi 3DMolSym, 3DNormalModes, dan juniorLAB



Untuk pengembangan lab virtual yang lagi ngetrend saat ini, maka kita sebagai guru khususnya guru fisika dan kimia pasti membutuhkan file simulasi interaktif java applet. File-file ini banyak tersebar di dunia maya, namun untuk mendownloadnya tidaklah mudah. Dari pengembaraan di dunia maya ini, mamguru mendapatkan solusinya yaitu dari Mr. Urip-Blog Guru Kimia Borneo. Berikut ini tulisan Mr. Urip, simak baik-baik ya!!

Baru saja saya penasaran untuk bisa mengunduh sebuah file shockwave yang berupa applet dari situs Molwave Educational Chemistry Software. Awalnya saya kesulitan, bagaimana caranya agar software yang memang gratis itu bisa saya unduh untuk bisa digunakan untuk media pembelajaran di kelas. Kesulitan itu dikarenakan memang sang empunya tidak menyediakan pranala download. Jadi kalau mau menggunakannya diharuskan secara daring (online)? Ups… Saya baru pertama kali memakai istilah daring untuk menggantikan kata online. Sebelumnya agak kagok juga memakai istilah pranala-tautan sebagai gantinya kata link. Memang harus ya mengalihbahasakan istilah asing?! Oke lah kalau begitu, lanjut!

Nah, tidak habis akal kan mbah google yang selalu setia membantu dalam pencarian segala sesuatu. :)

Secara sengaja proses pencarian itu saya mulai untuk bisa mengunduh salah satu dari 3 software (3DMolSym, 3DNormalModes, dan juniorLAB) dari Molwave itu. Secara tidak sengaja yang diarahkan google saya memasuki situs NatSim-Search. Jarang dengarkan kata itu. Saya baru kali ini ketemu yang namanya NatSim-Search. Itu adalah nama situs yang merupakan singkatan dari – Natural sciences Simulations. Jadi di situlah tempat mencari aplikasi simulasi berupa applet untuk fisika dan kimia. Mulai paham khan?! Ini adalah kejutan buat saya seolah mendapatkan angin segar dalam mencari hal baru. Kalau buat anda itu bukan hal baru kenapa gak bagi-bagi pengetahuan?!

Bagaimana dengan pencarian saya selanjutnya?

Langsung hasilnya. Saya berhasil mendownload software simulasi yang bernama 3DMolSym melalui NatSim. 3DMolSym adalah sebuah program pendidikan yang dirancang untuk memvisualisasikan unsur simetri molekul dan untuk menganimasikan operasi simetri secara 3D dan interaktif.


Ok nampaknya software ini sangat mendukung untuk pokok bahasan kimia organik (senyawa hidrokarbon dan makromolekul).

Berikutnya adalah software 3DNormalModel. sebuah software simulasi untuk pemodelan molekul dengan animasi vibrasi molekul, gugus fungsi, pada beberapa panjang gelombang tertentu, diserta specktrum infra merah dan spektrum Raman.

Selanjutnya adalah juniorLab, berhasil diunduh namun belum berhasil digunakan. Simulasi ini cocok digunakan untuk pokok bahasan larutan asam-basa. Namun kalau ingin coba, silahkan kunjungi situs ini.

Sekian, selamat mencoba, selamat menjelajah. Jika ada kesulitan menggunakan atau mengunduh software tersebut silahkan ajukan pertanyaan di kotak komentar di bagaian bawah tulisan ini. Semoga bermanfaat.


Sumber : Mr. Urip-Blog Guru Kimia

Komentar

Posting Komentar