Software Pembuat TTS


Melaksanakan evaluasi kepada siswa merupakan kewajiban bagi seorang pendidik, hal ini untuk mengetahui sejauh mana seorang siswa sudah menguasai suatu kompetensi tertentu. Evaluasi dapat dilakukan dengan banyak cara, diantaranya dengan menggunakan tes tertulis, seperti pilihan ganda atau isian singkat.

Soal isian singkat akan lebih menarik bagi siswa bila dibuat dalam bentuk teka teki silang (TTS), dimana siswa akan memberikan jawaban baik mendatar atau menurun sesuai dengan pertanyaannya. Namun masalahnya untuk membuat teka teki silang tidaklah mudah, hal ini memerlukan kejelian dan ketelitian agar kata-kata yang dimasukkan dapat masuk ke dalam kotak.

Sebuah aplikasi desktop bernama EclipseCrossword dapat membantu Anda langkah demi langkah didalam membuat teka-teki silang karya Anda sendiri dengan mudah dan cepat. Yang menarik dari aplikasi ini adalah hasil teka-teki silangnya dapat disimpan dalam berbagai format file seperti RTF, WMF, EPS, dan juga dalam bentuk HTML dengan Javascript sehingga bisa Anda tempatkan di halaman web. Untuk membuat teka-teki silang menggunakan aplikasi ini Anda akan dipandu dengan wisaya (wizard) sehingga prosesnya bisa lebih mudah dan terarah dengan baik, tidak ada hal yang rumit atau yang mesti dipelajari secara mendalam disini, setiap bagian akan diberikan penjelasan ringkas mengenai hal apa saja yang harus dilakukan.

Proses download pada situs tersebut dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu download dan langsung install pada komputer, atau download filenya saja. Untuk pilihan pertama tentunya harus dalam kondisi terkoneksi dengan internet, untuk itu sebaiknya gunakan pilihan kedua saja atau langsung klik disini.

Setelah di-unduh dan di install di PC, kita akan disuguhi tampilan berikut

Dan hasilnya …. bisa disimpan dalam format doc, rtf, html (bisa interaktif), wmf, … pokoke…. lebih fleksibel.

8

Selamat mencoba …!

Sumber : M.Yusuf Wahyudi

Komentar