Welcome to My Physic Web Blog. This Blog contains the evidences of my teaching learning activities. Some parts of The Blog are taken from various resources and some are constructed by me and the science team at my shcool. All materials are free to download for professional reason only. If you have any comment and suggestion, please feels free to email me at: neny.jos@gmail.com

Senin, September 27, 2010

Desktop Capture Gratis Dengan Screen Hunter


Sebagai seorang guru kadang-kadang kita membutuhkan ilustrasi yang berasal dari screenshot dari desktop, window, atau juga full screen untuk membuat media atau modul pembelajaran yang kita ampu, selain itu sebagai guru kita juga sering membuat tutorial tertentu misalnya untuk kebutuhan membuat LKS,yang sering kali kita membutuhkan ilustrasi yang juga berasal dari screenshot dari desktop, window, atau juga full screen. Nah, untuk tujuan tersebut, kita membutuhkan sebuah aplikasi yang dapat melakukan “tugas” tersebut dan salah satu aplikasi tersebut adalah ScreenHunter 5 Free. Aplikasi ini dapat diperoleh secara gratis di internet tanpa perlu membayar se-sen pun kecuali biaya untuk koneksi internetnya sendiri.

Walaupun gratis, freeware keluaran Wisdom-Soft.com ini saya rasa sudah lebih dari cukup untuk urusan capture-men-capture screen. Namun bagi yang berkantong tebal jika dirasa kurang, kita dapat membeli ScreenHunter yang Pro (seharga $29.9) atau yang ScreenHunter Plus (seharga $19.9).

Yang cukup dengan ScreenHunter yang free, kita dapat mendownloadnya di http://www.wisdom-soft.com/downloads/downloadfiles.htm dengan ukuran file sebesar 4,4 Mb. Jika berhasil, kemudian lakukan installasi sebagaimana mestinya. Tampilannya seperti di bawah ini.

Keterangan :


Untuk pengaturan area capture, seperti area desktop, window, atau fullscreen dilakukan melalui menu (opsi) From. Pengaturan opsi mouse pointer dan delay juga diatur melalui menu ini.

Pengaturan format gambar, penamaan file, serta folder tempat penyimpanan dilakukan pada menu (opsi) To. Selain penyimpanan pada folder, kita juga dapat mengatur penyimpanan pada desktop yang pengaturannya juga dilakukan pada menu ini.


Screen Hunter memang software yang cukup bagus untuk menangkap layar (screenshoot) atau screen capture. Screen Hunter dapat langsung memilih bagian layar mana saja yang akan kita tangkap (capture). Hanya dengan menekan tombol f6 (standart screen hunter hotkey) kita dapat menangkap video dalam layar ukuran penuh dengan resolusi yang sama.


Ketika selesai mengambil screenshot secara otomatis akan menyimpanya sesuai dengan ekstensi yang telah kita tentukan. Kita juga dapat mengambil gambar dengan cara mengatur waktu interval yang telah ditentukan untuk mengambil screenshot secara otomatis.

Untuk yang versi yang freeware hanya terbatas pada BMP atau JPEG untuk pengaturan kualitasnya. Tapi jika kita ingin lebih maka pakailah yang versi Plus, yang memiliki dukungan gif berguna dan otomatis e-mail dan opsi pencetakan. Hehehe… Tentunya butuh dana nggangur untuk itu…


Atau kita dapat menggunakan splash untuk yang Versi Pro, di samping fitur yang ditemukan di versi Plus, memungkinkan kita untuk mengambil dalam format tiff dan dari beberapa monitor.


Ada juga versi yang satunya lagi yang memiliki fitur lebih yaitu mampu untuk mengedit gambar. Kita dapat memotong dan mengubah ukuran foto, mengubah warna dan saturasi warna dan dapat juga disisipkan sebuah teks.


Fitur Utama Screen Hunter:

* Rectangle area
* Any window
* Full screen
* Timed capture
* Mouse pointer
* Support Print Screen key
* Zoombox for easy capture
* Automatic naming and save to files.
* Save as good quality JPEG, BMP and GIF
* Clipboard
* Small memory usage
* System tray
* Easy hotkey setup
* No expiration date and free distribution


Fitur ScreenHunter Free 5.1.145 ini antara lain,

  • Men-capture bagian tertentu dari desktop, window, maupun full screen
  • Menyimpan dengan berbagai format gambar, yaitu BMP, JPEG, maupun GIF.
  • Men-capture beserta mouse pointer
  • Penamaan file secara otomatis
  • Support hotkey F1 sd. F12, maupun Print Screen.
  • Pengaturan delay yang dapat diatur sesuai selera masing-masing


Keterangan

  • Nama Aplikasi : ScreenHunter Free 5.1.145
  • License : freeware
  • Ukuran file : 4,4 Mb
  • Kebutuhan system : Windows 98/NT/2000/ME/XP/Vista
  • Alamat website : http://www.wisdom-soft.com


Kesimpulannya nih:
Hanya dengan sekali klik jadilah hasil capture kita menjadi sebuah gambar yang kita inginkan. Sangat mudah dan simpel kan..??

Silahkan mencoba dech...



Tidak ada komentar :

Poskan Komentar