Mengenal Lebih Dekat CMS UcoZ


Tahun Pelajaran 2010-2011 ini, saya mengembangkan pembelajaran Fisika berbasis web yang lagi ngetrend yaitu E-Learning untuk siswa kelas XII IPA. Banyak CMS yang digunakan sebagai software untuk membuat E-Learning, yang paling populer dan sudah banyak digunakan oleh perguruan tinggi adalah Moodle. Namun untuk menggunakan Moodle syarat utamanya sekolah harus memilik server yang selalu dapat diakses, selain itu instalasi Moodle terbilang lumayan rumit dan ribet.

CMS UcoZ adalah salah satu solusi untuk mengatasi kesulitan penggunaan moodle tersebut, maka pada kesempatan ini saya postingkan artikel sekilas CMS UcoZ. Sebagai artikel lanjutan.

Apa sih CMS UcoZ itu?? Selengkapnya simak baik-baik penjelasan lanjutan tentang CMS UcoZ di bawah ini !! (lanjutan?? saya dah pernah postingkan artikel tentang CMS Ucoz)

Mengenal Content Management System ( CMS ) UcoZ

Berbagai CMS(content management system) yang telah memberikan kemudahan dalam membangun sebuah website banyak digemari saat ini. Dari mulai Mambo yang sekarang beralih nama menjadi Joomla, PHPNuke, PostNuke, AuraCMS dan CMS lainnya. Namun, dari semua CMS tersebut, ada satu hal yang membuat kesulitan, yaitu dimana kita tetap harus hosting dan mengupload situs yang kita buat dengan CMS tadi.

CMS UcoZ memberikan kemudahan dan kecepatan dalam membangun sebuah website, dimana kita langsung menginstall CMS sekaligus seting website di Internet, sehingga tidak perlu lagi harus hosting/upload file website yang kita bangun. Dengan kata lain anda dapat membangun website semudah dan secepat anda membuat blog. Anda dapat menggunakan subdomain UcoZ ataupun domain sendiri. Dan yang pasti CMS ini free alias gratis.

Domain yang disediakan UcoZ adalah sebagai berikut :
ucoz.com
ucoz.net
ucoz.org
ucoz.re
ucoz.de
ucoz.ua
ucoz.co.uk
ucoz.kz
ucoz.lv
at.ua
3dn.ru
my1.ru
clan.su
moy.su
do.am
ucoz.es
ucoz.hu
ucoz.ae

nah, tinggal pilih deh
- all its free -

CMS UcoZ memberikan fasilitas yang sangat lengkap, dan template cantik mencapai 250 buah, dimana semuanya itu bisa anda atur pada control panel nya. Dan yang lebih fantastik lagi adalah karena CMS UcoZ ini bekerja menggunakan prinsip teknologi Web 2.0. Inilah inovasi terbaru CMS modern yang perlu anda ketahui dan rasakan kemudahannya.

Bagi anda yang tidak faham bahasa pemrograman web, tidak perlu khawatir karena sebagaimana CMS biasanya, anda dapat membangun website tanpa pemrograman sedikitpun. Namun, bagi anda yang faham pemrograman web, UcoZ memberikan kebebasan kepada anda untuk membongkar dan mengubah coding yang mereka berikan sesuai dengan yang anda inginkan.

Jika Anda seorang webmaster yang mengelola sebuah situs maka sudah mengenal apa yang dinamakan dengan CMS. Bagaimana dengan Anda yang lain? CMS merupakan singkatan dari Content Management System, suatu software yang berguna untuk memanipulasi content atau isi dari suatu situs web.


Silahkan klik disini untuk melihat E-Learnig Fisika yang dah saya buat dengan CMS Ucoz.( Masih gress gitu lho...)

Gimana, masih bingung?? Ditunggu ya artikel Tutorialnya...
Terimakasih.

Sumber : Carpetmerah

Komentar

  1. Siippp...infonya menarik. Tapi isi materi langsung bisa dilihat dari luar ya (tanpa harus login dahulu)?

    BalasHapus

Posting Komentar