Cara mudah download file di scribd

Di era E-Learning saat ini, bagi seorang guru dituntut untuk terampil tidak hanya terampil membuat media pembelajaran tetapi juga terampil dalam membuat modul pembelajaran, untuk kepentingan tersebut maka dibutuhkan literatur atau referensi materi pembelajaran yang dapat ditemukan bahkan didownload di internet yang berfungsi dalam hal ini sebagai perpustakaan digital yang menyediakan materi pembelajaran tanpa batas.

Sebagian besar file materi pembelajaran tersebut tersedia di internet dalam format pdf, mengingat format pdf relatif jauh lebih kecil memorinya sehingga memudahkan file tersebut untuk diupload atau didownload. Scribd.com salah satu situs terpopuler penyedia file berformat pdf. Namun beberapa file pdf yang disediakan situs tersebut tidak dapat diunduh/didownload karena bersifat private, meskipun kita sudah daftar sebagai mamber scribd.com.

Akan tetapi jangan khawatir dech, kita dapat tetap menikmatinya dengan membacanya atau mencetaknya. Lalu apakah ada cara mudah mengunduh file-file tersebut? Jawabannya ada. Mempergunakan software pembuat PDF, seperti Primo PDF, nitro PDF [kedua software tersebut membutuhkan .NET Framework] dan PDFCreator. Penulis pribadi mempergunakan PDFCreator, selain gratis dan filenya kecil juga mudah menginstallnya dan menggunakannya.

Yang perlu kita lakukan adalah :
  1. Mengunduh pembuat PDF tersebut lalu menginstallnya.
  2. Kemudian pada file scribd yang ingin kita simpan, klik pilihan Print l
  3. Pilih PDFCreator pada opsi Printer yang tersedia.
  4. Tunggu beberapa saat..... teng terereng maka kita akan mendapatkan file scribd yang ingin kita simpan di harddisk kita.

Tips trik ini berguna untuk para sahabat :

  1. Belum terdaftar sebagai pengguna scribd, atau
  2. Yang ingin mudah menyimpan file scribd, atau
  3. Yang ingin menyimpan file scribd yang tidak ada opsi download-nya alias file tersebut hanya bisa dilihat dan dicetak tapi tidak dapat diunduh.

Semoga bermanfaat.


Disarikan dari Islam Download

Komentar

  1. tiap kali mau ngeprint disuruh bayar melulu,piye iki

    BalasHapus
  2. Kalo menggunakan PDF Creator ga perlu bayar alias gratis tapi kalo mau menggunakan nitro PDF emang harus bayar. Kalo ada yang gratis mengapa harus bayar??? gitu... thanks ya komentarnya.

    BalasHapus
  3. klo mw gratis coba di www.scribd.com/mobile

    BalasHapus
  4. CARA MUDAH DOWNLOAD FILE DI SCRIBD DOT COM MELALUI PC

    BUKA FILE YG ANDA INGINKAN DI WEB TSB, LALU AMBIL ALAMATNYA

    CONTOHNYA SPERTI INI
    ===> www.scribd.com/doc/32556905/08-bab7
    LALU DIRUBAH MENJADI
    ===> www.scribd.com/mobile/doc/32556905/

    SELAMAT MENCOBA :]

    BalasHapus

Posting Komentar