Welcome to My Physic Web Blog. This Blog contains the evidences of my teaching learning activities. Some parts of The Blog are taken from various resources and some are constructed by me and the science team at my shcool. All materials are free to download for professional reason only. If you have any comment and suggestion, please feels free to email me at: neny.jos@gmail.com

Sabtu, Agustus 14, 2010

Bypass Proteksi Copy-Paste pada Website dan Blog

Pernah mengunjungi suatu web site atau blog yang diproteksi terhadap copy paste ? Ciri-cirinya adalah ketika kita mencoba mengeblok tulisan yang hendak di copy lalu kita coba klik kanan maka tidak akan keluar menu copy paste. Misalnya jika Anda mengunjungi blog saya ini pada bagian artikel lengkap terdapat proteksi terhadap copy paste, coba saja anda blog artikel yang sedang anda baca ini,gimana?? Bisa ga?? Yup,kita tidak akan bisa melakukan copy paste karena blog saya ini saya proteksi,bukan apa-apa sih hanya untuk menghindari meng copy paste tulisan pada blog saya ini dengan tujuan menjiplak tanpa mencatumkan penulis atau sumber resminya saja koq.... Lalu bagaimana caranya agar kita bisa melakukan copy paste halaman yang terproteksi ini ?

Caranya adalah dengan melakukan pencetakan (print) pada halaman yang terproteksi tadi. Tentu saja pencetakan bukan ditujukan ke printer yang menggunakan kertas sebagai media output tapi menggunakan printer yang outputnya ke file pdf (Acrobat Reader). Darimana kita dapatkan printer yang outputnya file pdf ? Ada dua jalan untuk mendapatkan printer jenis ini :

1. Dengan menginstal software Adobe Acrobat Profesional

Dengan menginstal software ini secara otomatis akan terdapat pilihan print to Adobe PDF di menu PRINT semua software yang kita instal, termasuk menu Print internet browser yang kita pakai. Sayangnya software Adobe Acrobat Profesional ini tidak gratis, Anda harus membelinya dengan harga yang lumayan. Sebab tidak hanya untuk melakukan pencetakan ke file PDF software ini juga bisa melakukan editing file PDF. Jadi wajar kalau tidak gratis.

2. Dengan menginstal software PDFCreator

Hampir sama prinsipnya dengan cara pertama, hanya saja software PDFCreator ini lebih mudah menggunakannya. Kita hanya menginstal driver printer PDFCreator ke komputer sehingga akan muncul printer PDFCreator di menu PRINT dan menu Print internet browser yang kita pakai , kemudian kita tinggal klik menu PDFCreator pada toolbar browser kita, maka artikel yang kita kehendaki sudah tersimpan pada harddisk komputer kita. Perbedaan yang lain dan istimewa adalah software PDFCreator ini merupakan Freeware / GRATIS. Jadi kita tidak usah dipusingkan dengan masalah pembajakan software. Setelah file dalam bentuk pdf maka kita bisa melakukan copy paste menggunakan software Adobe Acrobat Reader yang gratis.( maunya sih, memang cari yang gratissss... )

Ingin mencoba?? silahkan klik disini untuk download software PDFCreator. Selamat mencoba dech... and jangan lupa komentarnya ya...


Disarikan dari Isparmo



1 komentar :

  1. Maaf...utk artikel di atas masih bisa di copy paste

    BalasHapus