Welcome to My Physic Web Blog. This Blog contains the evidences of my teaching learning activities. Some parts of The Blog are taken from various resources and some are constructed by me and the science team at my shcool. All materials are free to download for professional reason only. If you have any comment and suggestion, please feels free to email me at: neny.jos@gmail.com

Senin, Juli 12, 2010

Fitur - Fitur Untuk Media Pembelajaran Online


Dalam dunia pendidikan, media pembelajaran merupakan unsur yang terpenting. Penting karena sebagai alat atau sarana komunikasi antara pengajar dengan pelajar. Sejalan dengan perkembangan zaman dan teknologi informasi komunikasi menuntut pembelajaran tidak hanya berlangsung secara formal dalam kelas akan tetapi bisa berlangsung diluar “kebiasaan” tersebut, begitupun dengan pemanfaatan media pembelajaran.

Pembelajaran berbasis WEB dengan pemanfaatan media pembelajaran online merupakan salah satu solusi agar pembelajaran tidak hanya berlangsung secara formal dalam kelas akan tetapi bisa berlangsung diluar “kebiasaan” tersebut.

Apalagi kegandrungan pelajar terhadap teknologi jaringan internet melalui situs jejaring sosial semakin besar, hal ini menjadi peluang bagi guru tentang bagaimana menjadikan belajar tidak hanya berlangsung di dalam kelas tetapi tidak dibatasi oleh ruang dan waktu, seorang pelajar saat akses FB pada saat itu pula bisa mengakses website atau blog sang guru, akhirnya belajar.

Untuk itu, pada tulisan kali ini saya hanya ingin tips tentang fitur-fitur apa yang sesuai atau cocok dipasang di website atau blog untuk mendukung website atau blog sebagai media pembelajaran, media informasi, dan media komunikasi. Alhasil, media pembelajaran online tersebut menarik dan membuat pelajar kita betah. Fitur tersebut, sebagai berikut:

  1. Header Blog. Judul blog (header Blog) merupakan fitur yang posisinya bagian atas (header). Fitur ini menggambarkan isi daripada blog, sebelum membaca tulisan kita seorang sudah bisa menebak isi blog kita secara keselurahan, judul blog dapat diisi dengan teks atau menggunakan gambar bahkan animasi untuk lebih menarik.
  2. Menu Tab. Fitur ini posisinya dibawah bagian header. Menu Tab, Menu-menu yang menggambarkan bagian-bagian tertentu isi blog, misalnya “home” yang menunjukkan halaman utama blog, menu “Fisika” yang berarti tulisannya tentang fisika atau “download” yang berisi file-file yang dapat diambil (unggah).
  3. Fitur Search. Fitur ini adalah salah satu fitur yang memudahkan pengguna yaitu siswa kita untuk mencari artikel postingan dalam website/blog kita. Fitur ini sama dengan sistem mesin pencari seperti google atau yahoo. Fitur search posisinya Anda tempatkan pada bagian-bagian atas.
  4. Fitur Pengirim Tulisan Terbaru ke Email. Fitur ini digunakan untuk memudahkan seorang (pelajar) mengetahui tulisan terbaru dari blog Anda, artinya seorang pelajar menerima email yang isinya tentang tulisan terbaru Anda (bisa artikel, nilai, atau tugas) syarat kerja fitur ini adalah pelajar mendaftarkan alamat emailnya lalu akan menerima email setiap ada tulusan terbaru. Posisi fitur ini relatif atau sesuai kehendak Anda namun tetap mempertimbangkan segi desain atau kemudahannya di lihat dan dimanfaatkan.
  5. Informasi. Fitur yang digunakan untuk lokasi papan pengumuman atau berisi informasi yang terbaru, misalnya daftar nilai, daftar tugas, dll. Fitur ini merupakan rancangan Anda sendiri, karena sesuai dengan jenis isi informasi tersebut. Fitur ini posisinya Anda tempatkan pada bagian tertentu atau bisa di bagian footer (bawah), posisinya harus tetap agar lebih cepat ditemukan oleh pelajar dalam mencari informasi terbaru.
  6. Buku Tamu. Fitur yang memungkinkan pengunjung menyampaikan pesan kepada yang punya blog atau kepada orang lain yang bersifat terbuka dapat diketahui semu pengunjung website/blog kita. Kebanyakan website/blog, menempatkan fitur ini pada bagian tengah (gadget).
  7. Kontak kami. Fitur ini dapat digunakan sebagai fasilitas kirim pertanyaan atau lokasi penyetoran tugas siswa yang akan terhubung dengan alamat e-mail yang punya website/blog dan serta melampirkan file atau gambar sebagai bagian yang tak terpisahkan dari tugas yang dikumpulkan. Posisi fitur ini, bisa pada bagian bawah (footer) karena jarang digunakan tetapi tetap penting.
  8. Link. Link diartikan menghubungkan suatu alamat e-learning (website/blog pendidikan) dari alamat website/blog kita, link dapat diisi dengan alamat-alamat (media e-learning) yang memiliki hubungan dengan isi website/blog kita, misalnya website/blog kita berbasis fisika dapat memasukkan link yang juga berbasis fisika atau link-link website/blog yang dianggap penting.
  9. Blogroll. Blogroll atau di sebut juga Link Exchange atau kata kerennya sih tukeran link antar blog atau website adalah menyimpan link address milik orang lain dalam hal ini adalah link address siswa/kelompok siswa kita pada blog/website milik kita. Yang fungsi utamanya adalah sebagai sarana komunikasi antara guru dan siswa.
  10. Kotak Komentar. Kotak komentar adalah media untuk memberikan komentar pengunjung website/blog dari suatu artikel/posting. Sebaiknya kotak komentar berada langsung di bawah postingan artikel dengan tujuan untuk memudahkan pengunjung website/blog dapat dengan mudah menuliskan komentarnya tanpa harus membuka kotak komentar di halaman baru (new page). Bagi guru, Kotak Komentar ini fungsi utamanya adalah untuk memberikan penilaian dari tugas-tugas siswa pada website/blog siswa. Sedangkan bagi siswa, Kotak Komentar ini fungsi utamanya adalah untuk menuliskan komentar (pertanyaan/pernyataan seputar materi yang dipostingkan guru) artikel postingan guru pada website/blog guru.
  11. Facebook. Jika Anda memiliki facebook, maka Anda menjadikan salah satu link. Pemasangan link facebook Anda akan membantu siswa Anda untuk saling berkomunikasi online maupun offline dengan syarat antara Facebook Anda sudah “berteman” dengan facebook pelajar. Posisinya bisa ditempatkan pada bagian bawah (footer)

Posisi-posisi fitur tersebut di atas sangat relatif atau sesuai dengan format website/blog Anda atau dengan pertimbangan-pertimbangan Anda sendiri, namun tetap harus mempertimbangkan cara penggunaan oleh pelajar/siswa Anda, ingat! penggunaan media website/blog masih terbatas sehingga ada kemungkinan penggunanya bingung. Selain itu, setiap fitur website/blog harus memiliki nama agar mudah diketahui fungsinya oleh pelajar/siswa, misalnya: fitur pengiriman tugas atau pertanyaan bisa menggunakan nama Kontak Kami atau Kirim Tugas atau menggabungkan namanya sesuai fungsinya yaitu Kontak Kami / Tugas.

Fitur-fitur di atas belumlah lengkap, namun untuk sementara fitur-fitur tersebut selain karena sering dimanfaatkan juga karena pertimbangan loading yang berat jika memanfaatkan fitur-fitur tambahan, seperti trafik online, sponsor, dll. yang banyak menggunakan bahasa HTML.

Bagaimana cara pasang fitur-fitur di atas?, kita ketemu pada tulisan saya selanjutnya. ditunggu ya... Thanks, semoga bermanfaat dan jangan lupa komentarnya.
Bravo Pembelajaran Berbasis WEB....

Disarikan dari buqishg blog. Silahkan klik disini untuk contoh media pembelajaran online dengan menggunakan blog.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar