Welcome to My Physic Web Blog. This Blog contains the evidences of my teaching learning activities. Some parts of The Blog are taken from various resources and some are constructed by me and the science team at my shcool. All materials are free to download for professional reason only. If you have any comment and suggestion, please feels free to email me at: neny.jos@gmail.com

Selasa, April 06, 2010

Membuat WebSite Gratis Dengan UcoZ Untuk Pembelajaran Berbasis Web


Keterbatasan ruang dan waktu pembelajaran di kelas mungkin menjadi salah satu faktor yang dominan bagi guru untuk mengembangkan pembelajaran berbasis web dalam bentuk web blog atau web site. Tentu saja hal ini dapat terwujud bila guru memiliki Kemampuan/Skill untuk membuat dan mengelola blog atau website. Bingung?! Ga bisa?! Jangan panik terlebih dahulu,membuat dan mengelola Web Blog atau Web Site bukan lagi hal yang rumit, terlebih di dunia maya ini semua kebutuhan untuk itu dah ada solusinya. Apa sih solusi terbaiknya?! Manfaatkanlah berbagai CMS (content management system), yang menyediakan layanan berbagai kemudahan dalam membangun sebuah web blog atau web site. Contohnya Mambo yang sekarang beralih nama menjadi Joomla, PHPNuke, PostNuke, AuraCMS dan CMS lainnya. Namun, dari semua CMS tersebut, ada satu hal yang membuat kesulitan, yaitu dimana kita tetap harus HOSTING dan mengUPLOAD SITUS yang kita buat dengan CMS tadi.

Dari pengembaraan di dunia maya, akhirnya saya menemukan layanan web gratis yang menyediakan layanan web hosting yang komplit seperti di wordpress serta blogspot. Layanan web tersebut di alamat http://www.ucoz.com.



UcoZ (http://ucoz.com) adalah sistem manajemen website modern yang gratis alias free, bekerja berdasarkan prinsip Web 2.0, yang memungkinkan kita membuat proyek paling rumit sekalipun dengan kemudahan dan kesederhanaan yang luar biasa.

Control Panel yang baik memungkinkan kita untuk menambah/mengubah/menghapus informasi pada website dengan cepat. Dukungan sistem yang fleksibel pada beberapa pilihan dan akses manajemen, membuatnya mungkin untuk menerapkan dan menyediakan desain apapun sesuai kebutuhan. Selain itu, sistem modul dapat dioptimalkan dan disesuaikan dengan proyek kita.
Sistem UcoZ tidak perlu didownload dan diinstall, kita cukup mendaftar dan setelah itu, sistem secara lengkap berada dalam genggaman kita. (samakan dengan blogging?!)

Apa yang beda Ucoz. com dengan layanan web lainnya seperti Wordpress ataupun blogspot ?

Kelebihan dari CMS UcoZ, antara lain :

* Memungkinkan membuat website dengan beragam tingkat kompleksitas
* Hosting gratis dengan disk space yang tidak terbatas (UNLIMITED)
* Tidak ada biaya pembuatan website dan dukungan.
* Dapat menggunakan domain sendiri, misalnya mysite.com. Dan jika tidak punya domain, kita dapat menggunakan domain yang diberikan oleh UcoZ
* Ketersediaan banyak template profesional (± 202 template) yang Ok Banget
* Dapat membuat email pada domain website kita, misalnya mail@mysite.com
* Kemampuan untuk mengupload file melalui FTP atau interface web
* Ada management file yang komplit, disediakan ruang upload file untuk di donlod sepuasnya.
* Server yang stabil dan pengamanan web hosting yang terjamin (uptime 99,8%).
* Handy menambahkan video (youtube.com, dll.)
* Handy menambahkan file flash (ciri media interaktif)
* Backup proyek
* Bantuan sistem tersedia melalui Forum dan FAQ
* Dukungan teknis dan dokumentasi.
* Besar masyarakat pengguna.
* Lebih dari 500,000 orang telah dipilih uCoz dalam tiga tahun terakhir.
* Stelah mendaftar, kita bisa membuat web lebih dari satu (waaaa.....bisa buat banyak donk!! asyik punya nih!!)

Selain dari kelebihan-kelebihan di atas, UcoZ juga menyediakan program afiliasi yang memungkinkan kita mendapatkan keuntungan finansial dari sana. Diantara programnya, UcoZ akan membayar $0.50 untuk setiap referall yang aktif. (Asyikkkkk !! )

Modul-modul yang tersedia pada CMS Ucoz, yaitu :

* Site Users
* Forum
* Blog
* Photo Albums
* Guestbook
* Publisher
* Tag Board
* Designing Tools
* Site News
* Statistics
* File Catalogue
* Link Catalogue
* Ad Board
* Site FAQ
* Web Polls
* E-mail Forms

Semua modul di atas dapat kita atur active/inactive sesuai kebutuhan proyek kita.

Bagi kita khususnya bapak-ibu guru yang tidak faham bahasa pemrograman web, jangan khawatir karena sebagaimana CMS biasanya, kita dapat membangun website tanpa pemrograman sedikitpun. Namun, bagi kita yang faham pemrograman web, UcoZ memberikan kebebasan kepada kita untuk membongkar dan mengubah coding yang mereka berikan sesuai dengan yang apa yang kita inginkan. (siipp..)

Gimana?! Tertarik ga?! Jangan ragu lagi karena uCoz memakai sistem open source free sehingga kita sama sekali tidak mengeluarkan dana dalam membuat ataupun memilih hostingan, semua di sediakan, yang perlu kita lakukan ialah men-design atau mengganti tampilan template yang sudah di sediakan semau kita. (weleh-weleh kok ya enak tenan nih ga jauh beda dengan blogging gitu hehehe...) uCoz hanya berbentuk sebuah web html yang di jalankan di browser, yang dapat membuat web SEMAU KITA. Jadi tunggu apalagi klik di sini untuk mendaftar!!

Bingung cara mendaftarnya?! Simak baik-baik ya penjelasan saya di bawah ini !!

1. Pertama tama marilah kita arahkan browser kita ke www.ucoz.com
2. Setelah kebuka pilih CREATE A WEBSITE di sebelah kanan atas di bawah form log in
3. Nah maka kita diminta melengkapi form isian selengkap-lengkapnya!!
4. Langsung di isi yah, setelah selesai klik Registration.
5. Setelah itu akan ada ucapan selamat dari Ucoz bahwa web kita dah jadi.
6. Dan Langsung buka email ya… karena Ucoz mengirimi kita email.
7. Di email yang dikirim UcoZ itu terdapat link dari ucoz maka klik aja link itu!!
8. Setelah kita klik maka kita akan dibawa ke ucoz itu lagi dan akan mengisi passwordnya dan klik sign in… mungkin pada tahap ini kita akan menghadapi kendala sedikit. Apa ya?!
9. Stelah berhasil Sign In maka saya sarakan langsung klik Create a Website
10. Maka keluar lah perintah untuk mengisi alamat web yang kita inginkan.
11. Setelah kita isi maka.. lanjutkan lagi .. lagi .. dan lagi…
12. Sampai pada akhirnya kita di bawa pada sebuah halaman yang namanya itu halaman Control panel dari web site kita.
13. Sekarang tinggal kita isi web site tersebut dengan konten konten yang kita inginkan.
14. Teng terentengggg.... Selamat!! Web Site nya selesai deh..

Gimana nih?! Ternyata ga sulitkan membangun sebuah Web Site untuk pembelajaran berbasis web?! Terlebih bagi kita yang hoby blogging, wah gampang polll.... xixixixi...

Catatan Tambahan:
Selain untuk mengembangkan pembelajaran berbasis web, Website dengan Ucoz dapat kita gunakan untuk share pembelajaran interaktif berbasis ICT dengan teman-teman guru di dunia, seperti yang saya buat disini!! ( Tapi masih jauh dari sempurna lho, maklum bari newbi lima hari ) Mengapa sih?! karena Ucoz menyediakan layanan add file flash ( file animasi interaktif, yang menjadi ciri utama pembelajaran interaktif berbasis web) jadi kita ga perlu upload file flash yang akan kita tampilkan ke free hosting lain, seperti yang saya buat pada Blog Pembelajaran Fisika saya disini, yang kedepannya pembelajaran dengan web blog saya ini akan saya alihkan ke pembelajaran berbasis web dengan Ucoz. (Sabar ya, kalo dah kelar so pasti akan saya uploadkan!!)

Ga terasa dah pagi nih, ngantuk berat...Ok dech, selamat mencoba... and jangan lupa komentarnya ya... met pagi.

Disarikan dari Maszguru, Newbiedika dan Bang Idris

2 komentar :

  1. Jeng neny, ternyata uangel.....he he, padahal udah dapat doaminnya, cuman mau ngisi, ganti, lain-lain....belum bisa yah...???, tapi ga patah semangat....jeng Neny bisa bantu aku yah....Makasih

    BalasHapus
  2. selalu always siap bantu doank teteh chayank... ini lagi buat tutorial editing and posting di ucoz ntar kalo dah kelar, so pasti gue share gitu...

    BalasHapus