Welcome to My Physic Web Blog. This Blog contains the evidences of my teaching learning activities. Some parts of The Blog are taken from various resources and some are constructed by me and the science team at my shcool. All materials are free to download for professional reason only. If you have any comment and suggestion, please feels free to email me at: neny.jos@gmail.com

Jumat, Maret 12, 2010

Cara mudah download video online dengan Savevid



Situs Web dengan konten utama berupa video seperti Dailymotion, YouTube, Veoh, Google Video dll bahkan blog pribadi yang berisi content video, saat ini sangat banyak bertebaran di internet. Video-video tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sumber materi pembelajaran berbasis ICT.

Kadang sering kita menemukan video yang menarik untuk ditonton yang mungkin ingin kita tonton berulang-ulang bahkan dijadikan koleksi pribadi sebagai sumber materi pembelajaran berbasis ICT.

Masalahnya proses men-download video tidak semudah melakukan download file lainnya. Situs yang menyediakan layanan video ini biasanya membuat agar hanya bisa ditonton secara online dan tidak dapat/sulit di download atau istilah lazimnya disebut content streaming, pengunjung tidak diberikan menu atau tombol untuk melakukan download file video.

Ada beberapa cara untuk melakukan download file video, yang pertama dengan menggunakan add-ons browser misalnya add-ons mozilla firefox, seperti embedded objects, download helper,dll. Cara yang kedua dengan menggunakan software, sedangkan cara yang ketiga dilakukan tanpa menggunakan software.

Cara yang pertama agak mudah dilakukan, kita tinggal menginstall add-ons browser yang kita gunakan, hanya saja tidak semua format video online dapat didownload. Cara yang kedua mengharuskan kita mencari software kemudian men-download-nya kedalam komputer, lalu meng-instal-nya. Tentu saja cara kedua ini agak sedikit ribet. Nah cara ketiga yang lebih praktis, karena kita tidak menggunakan software tetapi menggunakan bantuan website secara online.

Salah satu website yang dapat membantu kita melakukan download file video adalah www.savevid.com. Savevid ini dapat digunakan untuk melakukan download video yang disediakan oleh website-website : YouTube, Dailymotion, Metacafe, Break, Google video, Veoh, MySpace, Revver, Blip.tv, WeGame, Tangle, 5min, Game Trailers, LiveVideo.com, RuTube, FaceBook, Vimeo, current, Funny Or Die, dan eHow.

Caranya sangat mudah : kita bisa langsung mencari file video melalui Savevid ini dengan mengetikan kata kunci atau judul video nya, atau kita melakukan pencarian video pada website penyedianya terlebih dahulu.

Jika kita sudah melakukan pencarian video melalu Savevid maka kita tinggal meng-klik tombol Download (Download flv – jika kita menghendaki kualitas video yang rendah, atau Download mp4 – untuk download video berkualitas tinggi). Atau jika kita melakukan pencarian terlebih dahulu ke website penyedia videonya, maka kita tinggal meng-copy paste URL video ke dalam kolom URL-Download Savevid, lalu klik Download.

Selamat mencoba.

Disarikan dari Isparmo Blog'in Corner

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar