Menambahkan Web Object pada Articulate Storyline


Menambahkan Web Object pada media pembelajaran adalah salah satu cara untuk mempercantik media pembelajaran dengan menambahkan sumber obyek berbasis web, misalnya aplikasi, game, video youtube, bahan referensi berbasis web (situs atau blog), simulasi praktikum virtual, dan lain-lain. Articulate storyline sebagai salah satu authoring tools memfasilitasi kebutuhan ini. Berikut langkah-langkah untuk menambahkan web object pada Articulate Storyline, simak baik-baik yaa😉

Menambahkan Web Objek
  • Pada slide yang ingin disisipi web objek silahkan klik menu Insert pada ribbon kemudian pilih web object seperti pada gambar !

Jendela windows Web Object akan terbuka seperti gambar berikut ini :


Perhatikan :
  1. Jika konten web objek yang akan ditambahkan adalah online maka ketikan URL dari halaman web pada field Address seperti gambar diatas
  2. Jika konten web objek yang akan ditambahkan ada pada komputer anda maka klik tombol "Browse" dan arahkan ke folder yang berisi konten web Anda yang akan ditambahkan kemudian klik "OK" (Catatan : dalam folder konten web harus berisi file bernama index.htm atau index.html serta semua file yang mendukung agar konten web berfungsi harus berada dalam satu folder yang sama)
  3. Silahkan klik tombol "Test Link" untuk meyakinkan apakah konten web yang ditambahkan sesuai dengan keinginan Anda.
  4. Silahkan pilih mode tampilan web objek anda sebagai berikut pilihlah "Display in slide" bila menghendaki web objek dalam slide atau pilihlah "Display in a new browser" bila tampilan web objek pada jendela browser baru (tab baru)
  5. Silahkan klik "Load web object automatically" untuk memuat web objek secara otomatis atau hapus centang jika Anda menginginkan konten web Anda memuat hanya ketika user/pengguna mengkliknya. Catatan : ketika memuat web objek secara otomatis tidak Anda centang (aktifkan) maka hal ini akan sangat membantu untuk memberika tempat yang bermakna pada web objek Anda, sehingga user/ pengguna tahu apa itu. Untuk melakukannya, silahkan klik kanan placeholder web objek Anda dan pilih "Change Picture", kemudian telusuri (browse) ke gambar yang ingin Anda gunakan dan klik "open". Jika Anda berubah pikiran tentang gambar yang Anda tambahkan silahkan klik kanan lagi dan pilih "Reset Picture"
  6. Jika Anda menampilkan konten web di jendela browser baru (lihat di atas), putuskan bagaimana tampilan jendela baru.
    • Gunakan drop-down Kontrol Browser untuk menentukan kontrol mana yang akan dimiliki jendela baru. Pilih Default jika jendela baru harus memiliki kontrol yang sama dengan jendela browser induk. Pilih Tidak Ada kontrol browser jika Anda lebih suka jendela browser baru tidak memiliki kontrol apa pun.
    • Gunakan drop-down Ukuran Jendela untuk memilih ukuran. Jika Anda memilih Kustom, bidang untuk Lebar dan Tinggi akan muncul, sehingga Anda dapat mengatur dimensi yang tepat dalam piksel.
  7. Akhiri dengan klik "OK"

Tips bekerja dengan Web Objek
  • Jika konten web Anda terletak di Internet atau intranet, user / pengguna akan memerlukan izin keamanan yang tepat untuk mengaksesnya. Jika tidak, objek web tidak akan berfungsi untuk mereka.
  • Objek web tidak dapat dipreview / dipratinjau. Untuk melihat objek web dalam kursus Anda, silahkan publikasikan untuk Web, Articulate Online, atau LMS, kemudian unggah output yang dipublikasikan ke server. Untuk melihat kursus yang diterbitkan tanpa mengunggahnya ke server, publikasikan untuk CD.
Selamat mencoba😊


Sumber :



Komentar