Membuat Media Pembelajaran dengan Articulate Storyline

Saat ini banyak tersedia pilihan aplikasi pembuat media pembelajaran dari yang berbayar sampai gratisan, antara lain powerpoint (aplikasi ini tentunya sudah familiar bagi siapapun untuk membuat media pembelajaran baik peserta didik ataupun pendidiknya😀), ispring, autoplay media studio, eXeLearning, adobe animate cc, lectora, articulate storyline, dan masih banyak lagi yang lainnya....
Tergantung kreativitas dari kita maka dengan menggunakan aplikasi apapun pasti akan menghasilkan media pembelajaran yang menarik. 

Seturut dengan perkembangan jaman dalam dunia pendidikan khususnya di era revolusi industri 4.0, maka dalam membuat media pembelajaran saat ini sebaiknya dalam format html5 (menurut saya sih😉), agar dapat diakses dalam berbagai device utamanya dapat diakses via smartphone, bahkan apabila media pembelajaran kita berbasis HTML5 maka media kita dapat dijadikan dalam format apk untuk diinstall pada smartphone android kita (keren kan😉). Untuk itu kita harus pandai-pandai dalam memilih aplikasi pembuat media pembelajaran.

Articulate Storyline adalah salah satu aplikasi pembuat media pembelajaran yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran berbasis html5, khususnya bagi kita yang tidak mahir dalam bahasa pemrograman html5 (seperti saya pastinya😋). 

Articulate storyline merupakan salah satu multimedia authoring tools yang bisa digunakan untuk membuat media pembelajaran interaktif dengan konten yang berupa gabungan dari teks, gambar, grafik, suara, animasi, dan video. Hasil publikasi articulate storyline berupa media berbasis web (html5) atau berupa application file yang bisa dijalankan pada berbagai perangkat seperti laptop, tablet, smartphone maupun handphone.
Tampilan Pembuka Articulate Storyline 3
Berbagai macam template yang menarik sudah tersedia dengan lengkap di dalam program Articulate ini. Bahkan dengan program ini kita dapat membuat sebuah template baru yang sesuai dengan apa yang kita inginkan. Tampilan antarmuka yang sederhana dari aplikasi ini membuat kita sebagai pengguna pemula dapat mengerti dengan cukup mudah.
Articulate storyline ini cukup mudah dipelajari bagi para pemula yang telah memiliki dasar membuat media menggunakan Ms PowerPoint, karena fitur AS ini sangat mirip dengan fitur yang ada pada Ms PowerPoint. Sedangkan bagi pengguna yang sudah expert, bisa berkreasi menciptakan media yang lebih interaktif dan powerful
Untuk membuat media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Articulate Storyline maka silahkan berselancar di blognya bu guru cantik dari SMKN 3 Jombang Bu Amiroh Adnan  di http://amiroh.web.id/category/articulate-storyline/
  1. Belajar Articulate Storyline 3
  2. Multimedia Interaktif dengan Articulate Storyline 3
  3. Membuat Project Baru
  4. Bekerja dengan Timeline
  5. Bekerja dengan Layer
  6. Mengenal Trigger
  7. Bekerja dengan Panel Trigger
  8. Bekerja dengan Player
  9. Menambahkan Video pada Project
  10. Menambahkan Audio pada Project
  11. Membuat Quiz
  12. Menampilkan Hasil Quiz
  13. Membuat Bank Soal
  14. Mengenal State
  15. Membuat Soal FreeForm Drag and Drop
  16. Bekerja dengan Variabel
  17. Menambahkan Teks Variabel
  18. Membuat Sertifikat Ketuntasan Belajar
  19. Menampilkan Pilihan Avatar pada Articulate Storyline
Nah cukup lengkapkan tulisan Bu Amiroh Adnan ini, dengan berbekal tulisan tersebut saya sudah dapat membuat media pembelajaran berbasis HTML 5 (horeee😆) seperti pada link berikut ini Mata dan KacaMata Terimakasih ya Bu Amiroh Adnan🙏 dan media saya tersebut juga sudah dapat dijadikan media pembelajaran dalam format apk dengan bantuan phonegap seperti pada link berikut ini Mata dan KacaMata ( dalam format apk), silahkan didownload dan diinstall pada smartphone anda😀.

Bagaimana tertarik untuk membuat media pembelajaran berbasis html5 dengan Articulate Storyline??
Selamat mencoba...


Sumber :


Komentar