Cara Mudah Print Sertifikat Ketuntasan Belajar Pada Articulate Storyline 3


Articulate Storyline sangat membantu bagi anda yang ingin mengembangkan media pembelajaran berbasis html5, karena kemudahan dan keunikan aplikasi ini untuk menghasilkan media pembelajaran dengan beragam kebutuhan. Salah satu kebutuhan itu adalah dengan articulate storyline anda dapat menambahkan sebuah tombol navigasi untuk "Print Sertifikat Ketuntasan Belajar", dimana tombol navigasi ini menfasilitasi media pembelajaran anda untuk mencetak tampilan yang ada pada sebuah slide. Metode ini jauh lebih mudah untuk mencetak sertifikat ketuntasan belajar setelah siswa tuntas menyelesaikan sebuah tes uji kompetensi/quiz. Berbeda dengan cara sebelumnya yang harus menggunakan webobject yang relatif lebih rumit ๐Ÿ˜Š(baca posting Download Sertifikat Ketuntasan Belajar pada Articulate Storyline 3 disini).
Berikut langkah-langkah untuk membuat tombol navigasi Print Sertifikat Ketuntasan Belajar, simak dengan baik yaa๐Ÿ˜‰

Setidaknya anda membutuhkan sebuah scane yang berisi minimal 4 Slide, yang terdiri dari Slide Intro Quiz, Slide Quiz, Slide Result dan Slide Sertifikat Ketuntasan Belajar, seperti gambar berikut ini :


Membuat Slide Intro Quiz
1. Buat Sebuah Slide yang digunakan sebagai Intro Quiz
2. Disain slide tersebut sesuai kreasi anda dengan menambahkan sebuah kotak teks entry "username" dengan cara sebagai berikut :
  • Klik insert input-data entry -text entry field
  • Ganti teks "type your text here" dengan "Ketik Nama Lengkap Anda"
  • Ganti nama variabel "text entry" dengan "username" dengan mengklik tombol "manage project variables"

3. Buat tombol "Kerjakan Quiz" dengan cara insert botton
4. Tambahkan trigger pada botton "Kerjakan Quiz" sebagai berikut :
  • Klik botton
  • Create a new trigger
  • pilih trigger jump to slide ke slide quiz dengan condition "username!=not equal to" kemudian klik Ok

Seperti pada gambar berikut ini 

Contoh Tampilan Slide Intro Quiz :


Menambahkan Tombol "Sertifikat" pada Slide Result
1. Klik Slide Result
2. Buat sebuah tombol navigasi ke slide sertifikat ketuntasan belajar dengan insert botton
3. Berikan trigger pada botton "Sertifikat" untuk jump to slide ke slide "Sertifikat Ketuntasan Belajar" ketika siswa mengklik tombol navigasi Sertifikat

Menambahkan Tombol Navigasi "Print"
Disain Slide "Sertifikat Ketuntasan Belajar" yang terdapat variabel "username" dan variabel "datevalue" serta sebuah tombol navigasi "Print" (Untuk membuat variabel "datevalue" dan memberikan trigger "datevalue"pada slide ini baca dipostingan "Download Sertifikat Ketuntasan Belajar pada Articulate Storyline 3" disini)  seperti pada gambar berikut ini :


Pada tombol navigasi "Print" berikan trigger sebagai berikut
1. Klik "Create a new trigger"
2. Klik script dan copas code script berikut ini "window.print()" seperti pada gambar berikut ini 

Publish Project Articulate Storyline
Publish project articulate stroyline anda dalam format WEB (html5, html5/flash, flash/html5) atau dalam format EXE (CD), maka ketika siswa anda tuntas dalam menyelesaikan quiz/tes uji kompetnsi maka siswa anda dapat langsung mencetak sertifikat ketuntasan belajar dalam format pdf atau bila device terhubung dengan printer maka siswa anda dapat mencetak sertifikat ketuntasan belajar dalam hardcopy.

Bagaiman, mudahkan๐Ÿ˜‰. Selamat mencoba...

Sumber :










Komentar